NVL Or R15


Sedang hot-hot-nya nih, produk Yamaha ngeluarin produk baru yakni motor fairing yang kabarnya laris manis dan ngga lama lagi produk 250cc-nya juga akan brojol. Nah, sebagai perbandingan, mana nih yang agan-agan pilih NVL atau R15 yang harganya terpaut tidak banyak.

Beda dari pabrikan-pabrikan lain yang memasang harga agak jauh antara versi naked dan versi fairing. Yamaha menawarkan harga yang boleh dibilang banting harga. Dengan perbedaan 4 juta saja, manakah yang agan-agan pilih.

Sebenarnya secara spesifikasi tidak ada perbedaan yang mencolok. Mesin 4 tak SOHC berpendingin cairan dengan komparasi 10,4:1. Meskipun sama, secara power R15 lebih unggul yakni 17 ps dibanding NVL 16,59 ps. Torsi pun mengalami sedikit perbedaan dimana R15 mampu menghasilkan 15 Nm sedangkan NVL 14,5 Nm.

Hal lainnya yang ada pada R15 adalah sistem percepatan 6 transmisi dan juga starter elektrik, tanpa menggunakan model kick lagi. Selain itu, spit seat atau jok terpisah dan swing arm model banana membuat R15 terkesan modern.


Nah, ini merupakan kelebihan dari R15. Sekarang yuk kita bahas kelebihan NVL. Meskipun dijual dengan harga yang lebih murah, tetapi NVL memiliki beberapa kelebihan seperti jok yang lebih bersahabat, 790mm, dibanding R15 dengan beda 10mm, jarak as yang lebih kecil dan beban yang lebih ringan membuat power-to-weight ratio NVL lebih besar daripada R15 yakni 0,125 pada R15 dan 0,1286 pada NVL.

Mungkin ini bisa dijadikan referensi agan-agan sekalian dalam memilih, tetapi ingat, motor fairing 150cc berkualitas dengan harga di bawah 30 jutaan masih jarang dan tidak ada salahnya mempertimbangkan motor satu ini. Sekian dari saya. Semoga bermanfaat!

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram