Mengapa Harga Motor Sport 125cc Seperti R125 Lebih Mahal Ketimbang R15..?


Jika Anda sekalian melihat harga sebuah motor 125cc layaknya R125 dengan harga terpaut jauh dari motor 150cc (R15), beberapa dari Anda pasti bertanya-tanya.. Mengapa sebuah motor sport 125cc di Indonesia sangat mahal, bahkan lebih mahal dibanding R25.. Yakni sekitar 70 hingga 85 juta rupiah..

Harga ini tentulah sangat mahal dibanding R15 yang dijual hanya 30 juta di Indonesia.. Ini dapat terjadi karena motor ini bukan produksi Indonesia.. Motor-motor sport di luar negeri memang menggunakan mesin 125cc karena peraturan di luar negeri tidak memperbolehkan pengendara yang baru memiliki SIM untuk menggunakan moge..

Jadi akan ada tahapan bagi para pengendara untuk dijajaki hingga nantinya dapat menggunakan moge berkapasitas 600 hingga di atas 1000cc.. Terdapat ujian yang harus dilewati dan untuk mengikuti ujian tahap berikutnya biasanya diberi waktu sampai 1 tahunan.. Maka dibutuhkan bertahun-tahun untuk mendapatkan full license atau lisensi penuh supaya dapat mengendarai kendaraan dengan kubikasi besar..

Ini dilakukan untuk menjaga keselamatan pengendara..


Bisa saja Yamaha memproduksi motor ini dengan harga yang lebih terjangkau seperti di India, tetapi fitur dan kualitasnya tak sebagus buatan Eropa.. Pernyataan di atas, pasti akan semakin bikin penasaran akan jawabannya.. Bukan hanya karena benua Eropa memiliki standar dan kualitas tinggi bila dibanding India atau Indonesia..

Tetapi kembali lagi ke masalah lisensi SIM, karena pemula hanya diperbolehkan menggunakan motor awal yang berkapasitas 125cc, maka pabrikan-pabrikan tidak ingin pengendara merasakan feeling menggunakan motor kubikasi kecil, melainkan bagaimana pengendara merasakan moge dalam sebuah motor 125cc..

Jadi tidak heran, pabrikan berlomba-lomba memasangkan fitur-fitur moge di R125 dengan desain yang nungging, suspensi upside down, desain knalpot keren, mesin gahar meskipun berkubikasi 125cc.. Pokoknya the best lah sehingga nantinya diharapkan setelah mendapat lisensi penuh, para konsumen akan membeli produk pada pabrikan yang sama..

Teknik ini sudah mulai digunakan di Indonesia dengan kehadiran Xabre yang memiliki fitur-fitur moge.. Sepertinya itu saja yang bisa saya sampaikan.. Semoga bermanfaat..

Unknown

3 comments:

  1. wah ini peraturan emg harus digalak kan lagi nih di indonesia mengenai peraturan pengendara motor, karena sekarang ini banyak sekali anak2 dibawah umur sudah menggunakan motor sendiri seperti ke sekolah dll, bahkan anak SMP juga sekarang udah bawa motor loh.

    untuk fitur moge sendiri saya setuju, jadi terasa feel menggunakan moge itu terasa banget, pas saya coba xabre 2018 juga keren banget fitur2nya berasa motor figter yang gagah banget.

    ReplyDelete
  2. 125/150cc kok disebut moge?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dibaca lagi yang teliti, dibagian mana ada nyebut r125 moge? Yang ada Motor sport, bukan motor gede (moge) dan "memiliki fitur-fitur moge"

      Delete

Instagram