2017 Ducati Hypermotard 939 SP, Dirt Bike Legal Jalanan


Seiring berkembangnya waktu, power menjadi hal yang mutlak diperlukan terutama untuk kendaraan yang ditujukan untuk performance, seperti mulai munculnya superbike di atas 1000cc.. Begitu pula, salah satu motor produksi Ducati yang dijuluki dirt-bike legal jalanan.. Pada umumnya, dirt-bike tidak dapat digunakan di jalan dan hanya dapat digunakan untuk off-road.. Dengan tidak adanya perlengkapan standar seperti lampu dan spion yang wajib digunakan pada motor standar, muncullah motor-motor enduro, trail dan juga motard..

Seperti pada model Hypermotard yang mengalami pembesaran kubikasi mesin menjadi 937cc Testastretta 11 derajat L-Twin, dari yang sebelumnya 821cc.. Yang menjadi masalah disini, pada 2014 lalu, motorcycle.com menjajal Hypermotard SP dan MV Agusta Rivale untuk dites dan hasilnya, mesin Tre Pistone dari Rivale mengungguli Hypermotard.. Bisa saja Hypermotard unggul dengan pengendara yang memiliki skill, tetapi sedikit saja lengah, Rivale akan menghilang..


Dengan meningkatnya kubikasi mesin, maka Ducati mematok harga $600 sekitar 8 juta lebih mahal dari versi 2015 yang membuatnya mendekati harga $16.000 sekitar 214 jutaan dengan tiga tenaga kuda tambahan menjadi 101,2 HP pada 8.700 rpm dan 6,4 lb-ft (8,7 Nm) torsi menjadi 67,3 lb-ft (91,2 Nm) dengan bobot meningkat sebesar 6,8kg, secara power-to-weight ratio-nya tidak berubah tetapi mendapatkan torsi yang lebih baik.. Tambahan harga tersebut sudah termasuk suspensi Ohlins.. Ketinggian jok berkurang menjadi 868,7mm dari 889mm dan wheelbase 7,28mm lebih pendek..

Menggunakan piranti pengereman dari Brembo Monobloc, pelek juga menggunakan forged wheels untuk versi SP saja.. Dilengkapi juga elektronik yang dapat diatur dalam tiga mode berkendara, Wet, Sport dan Race, dengan setting-an ABS, Traction Control, serta output dari mesin sesuai dengan kebutuhan pengendara..


Terdapat tiga pilihan output mesin dari Low, Medium dan High.. Pilihan terakhir memberikan pengeluaran tenaga maksimal dan Medium memberikan efek mesin yang fun, namun lebih kalem juga pilihan Low membuat tenaga dibatasi 75 HP.. Dengan harganya tersebut, Hypermotard 939 SP memberikan sensasi berkendara yang menyenangkan dengan jok lebih rendah dan suspensi dari Ohlins.. Sayangnya, harga yang naik membuat konsumen memiliki pilihan lebih banyak dengan harga $16.000, tetapi dengan bobot yang lebih berat membuat tidak ada peningkatan performa yang berarti..

Model standar, hanya berkisar 171 juta dengan tidak adanya model suspensi dan komponen pelek yang ada pada model SP.. Atau Anda dapat memilih Hyperstrada 939 dengan harga 192 jutaan dengan box, touring windshield dan seat, standar tengah, fender lebih besar dan engine guard..


Itulah setidaknya yang dapat saya sampaikan.. Semoga bermanfaat..

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram