2017 Ducati 1299 Superleggera, Ringan dan Powerful


Seperti pada artikel sebelumnya yang membahas motor pabrikan Jerman, BMW HP4 Race yang masih dalam tahap konsep dan baru-baru ini diperkenalkan, beberapa hari sebelumnya di pameran yang sama, yakni EICMA 2016 yang diselenggarakan di Italia, Ducati juga memperkenalkan motor superbike-nya yang menggunakan bahan-bahan ringan dan berkualitas, yakni carbon fiber pada berbagai komponen seperti pelek, fairing dan sasis yang membuatnya tidak hanya bertenaga, tetapi juga ringan dan berpengaruh dengan power-to-weight ratio-nya..

Ini membuat terjadinya peningkatan persaingan di dunia superbike, dimana Ducati 1299 Superleggera menjadi salah satu motor produksi dengan teknologi tercanggih yang pernah ada.. Berbeda dengan model 1199 Superleggera, model 1299 menggunakan mesin Superquadro 1285cc dengan mesin yang perbandingan bore x stroke-nya lebih tinggi, yakni 116 x 60,8mm, 4mm lebih besar ukuran bore-nya dibanding model 1199..


Tujuan Ducati merilis versi Superleggera adalah menciptakan motor dengan mesin powerful, namun lebih ringan karena material yang digunakannya.. Peningkatan tenaga juga didukung oleh kenaikan kompresi mesin menjadi 13,0:1 dari 12,6:1 karena kepala piston yang dirubah dengan memperbesar katup mesin, memperbaiki bentuk camshafts, pipa intake dan pembuangan.. Dan juga berbagai parts pada mesin yang diganti bahannya dengan titanium dan alumunium.. Dengan begitu, di luar penggantian material dengan karbon pada bagian body, Ducati juga memotong berat sebanyak 2 kg karena perombakan pada bagian mesin..

Yang lebih mencengangkan adalah power-nya yang menembus 215 HP pada 11.000rpm, 10 HP lebih besar dari mesin 1299 standar.. Beberapa updates juga dilakukan pada sistem intake, penyaring udara Superbike, bukaan gas yang dibentuk ulang.. Sasisnya menjadi lebih ringan 1,7kg dan lengan ayun hampir 1kg, serta pelek cabon fiber-nya memangkas 1,4 kg yang juga memberikan ketahanan dari roda agar tidak melenceng dari trek sebanyak 26% lebih besar pada bagian depan dan 44% lebih besar pada bagian belakang..

Pembaharuan suspensi Ohlins juga berkontribusi sebanyak 1,36 kg untuk bagian depan, FL936 dan hampir 0,5kg pada suspensi belakang, TTX36 dengan per titanium sehingga berat basahnya (berat dengan tambahan komponen cair, seperti bahan bakar, oli, pelumas dan sebagainya) hanya 167kg.. Dan juga sebagai pelengkap, Ducati bekerjasama dengan pabrikan Akrapovic yang terkenal dengan sistem pembuangannya yang dipakai pada MotoGP..





Itulah setidaknya yang dapat saya sampaikan.. Sekian dan terima kasih..

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram