Salah Satu Teknologi Keren pada Mobil yang Belum ada pada Motor


Disebut 'retractable spoiler' yang di dalam bahasa Indonesia berarti sayap yang dapat ditarik kembali. Mulai populer belakangan ini pada mobil-mobil supersport Eropa dan Jepang. Spoiler pada mobil sendiri bertujuan untuk menambah aerodinamika mobil itu sendiri. Dengan benda pipih di belakang diharapkan aliran angin dari bagian depan mobil dapat tersalurkan dengan baik hingga belakang.


Selain memperbaiki aerodinamika bagian belakang mobil, rear spoiler, begitu sebutannya, juga memberikan tambahan downforce pada kendaraan, yakni tekanan ke bawah akibat spoiler yang menahan laju angin. Downforce ini akan memperbaiki sistem pengendalian mobil saat kendaraan melaju pada kecepatan tinggi. Intinya, tekanan ke bawah akan menambah grip atau cengkeraman pada roda saat kecepatan tinggi. Maka, tidak heran kendaraan akan semakin rendah saat melaju pada kecepatan tinggi untuk mengimbangi grip pada mobil.

Nah, retractable spoiler ini memiliki tugas yang sama hanya dengan teknologi ini, bagian belakang mobil akan terlihat biasa saat tidak berjalan, tetapi akan mengeluarkan spoiler-nya pada kecepatan tertentu. Beberapa kendaraan tertentu bahkan mengubah ketinggian spoiler-nya tergantung seberapa cepat agan-agan sekalian membawa mobil tersebut hingga mengubah posisi spoiler menjadi vertikal saat pengereman untuk menghambat laju angin saat pengereman.

Di bawah saya tunjukkan sebuah video mobil Bugatti Veyron dengan retractable spoiler-nya dan beberapa snapshot cara kerja spoiler canggih ini.





Sejauh ini, hanya mobil-mobil sport mahal yang menggunakan sistem ini. Bayangkan jika motor-motor fairing seperti Ducati dan Aprilia atau motor Jepang sekelas R1 dan CBR1000R menggunakan sistem ini pada bagian fairing atau buntut motor. Pasti akan terlihat sangat keren.. hehehe..

Last, sistem ini bukanlah sebuah ide sekali jadi. Butuh perhitungan detail dari pabrikan untuk mengukur tingkat pengaturan disandingkan dengan perangkat lain seperti suspensi, roda dan tingkat aerodinamika sebuah kendaraan sehingga menciptakan teknologi yang benar-benar klop dengan kebutuhan kendaraan. Diharapkan teknologi ini dapat terus berkembang untuk membuat sebuah kendaraan yang cepat, keren sekaligus aman bagi pengendaranya. Sekian dari saya, semoga bermanfaat!

Unknown

1 comment:

  1. Sebelum memasang spoiler di mobil, ada baiknya untuk mengetahui manfaatnya nih gaes. Bagi anda yang masih belum tahu manfaat dari pemasangan spoiler untuk mobil, silahkan baca artikel ini.

    ReplyDelete

Instagram