2014 KTM Super Duke 1290R.. Killer Machine..!


KTM adalah salah satu motor produksi Austria yang identik dengan warna oranye. Motornya terkenal dengan desain yang agresif dan kokoh. Seperti contohnya 1190 RC8 dibawah ini. Garis-garis tajam terlihat sekali pada motor satu ini.


Jika 1190 RC8 adalah versi fairing-nya, maka Super Duke 1290R adalah versi naked-nya. Basis desain streetfighter-nya begitu kental dengan sasis teralis yang kokoh membuat motor satu ini tidak boleh diragukan kualitasnya.

Diperkenalkan di EICMA tahun lalu, mereka memanggilnya 'The Beast'. Seperti yang dikutip dari asphaltandrubber.com (KTM Super Duke 'The Beast'), mesin 1.300cc berkonfigurasi V-nya mampu memuntahkan tenaga sebesar 177 hp. Dengan berat 189 kg, dibekali ride-by-wire throttle system, piranti keselamatan ABS dan torsi maksimum 106 lb-ft, tidak heran mereka memanggilnya 'monster'. Klaim pabrikan, KTM 1290R ini dapat memuntahkan torsi 74 lb-ft pada 2.500 rpm.

Bayangkan dengan tarikan sebesar itu pada rpm yang boleh dikatakan rendah. Tidak heran motor-motor KTM adalah motor-motor berorientasi torquey atau handal pada tarikannya.

Pada bagian mesin, motor ini juga mengalami pembesaran pipa bore dan pipa stroke. cmiiw.. menjadi 108mm pada pipa bore (+3mm) dan 71mm pada pipa stroke (+2mm). Hal ini ditujukan untuk menaikkan jumlah horsepower.

Well, sepertinya hanya itu yang bisa saya sampaikan untuk motor satu ini. Cheers!



Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram