Mobil-mobil Mungil nan Lincah..!

B.A.C. Mono

Jika motor-motor jaman sekarang dengan kubikasi kecil mampu selap-selip di jalanan dan mengalahkan mobil dalam urusan keefisiensian di dalam kota. Berikut ini saya beberkan beberapa model mobil kompak dan mungil yang 'diharapkan' mampu mengalahkan kelincahan motor di jalan raya. Sayangnya mobil-mobil ini masih masuk dalam kategori langka, terutama di Indonesia.
  • B.A.C. Mono
Mobil seharga $130,000 ini memiliki kapasitas mesin 2300cc empat silinder yang mampu menyemburkan 285bhp. Dengan bobot yang ringan, maka 0-100km/j mampu ditempuh hanya dalam 2,8 detik dengan kecepatan maksimal mencapai 274km/j.

Bisa sih selap-selip di jalan, sayangnya kemampuan sebesar ini hanya akan pas di sirkuit. B.A.C. sendiri merupakan singkatan dari Briggs Automotive Company. Keputusan B.A.C merilis versi Mono ini disebabkan tekanan dari rival mereka yakni Ariel Atom.


  • Ariel Atom 3.5



Ini nih salah satu model mobil mungil yang menjadi salah satu alasan B.A.C. mengeluarkan versi Mono. Berikut merupakan versi 2013 yang dinamai 3.5 dan merupakan update-an dari versi 3.0. Dengan mesin kubikasi 2 liter konfigurasi 'V' 8 mampu menyemburkan 315 hp dan kecepatan maksimal mencapai 155 mph atau sekitar 248 km/j.

Menurut sumber yang saya baca (http://www.topspeed.com/cars/ariel/2013-ariel-atom-3-5-ar136115.html#main) Ariel Atom ini menggunakan mesin iVTEC dari Honda yang mampu menyemburkan 245 hp ditambah modifikasi intake, full system dan mapping (versi supercharged), maka didapatkan tambahan tenaga sebesar 70 hp. Ariel Atom ini dirilis dengan dua versi standard dan Mugen dan sudah dilengkapi layar LCD dan lampu LED untuk penerangan.

  • KTM X-Bow GT



Nah, jika B.A.C. Mono hanya single seater sedangkan Atom Ariel sudah double seater, namun masih belum memiliki windshield, mungkin KTM X-Bow GT ini bisa menjadi solusinya. Double seater disertai windshield (versi 2014 dengan tambahan nama GT) membuat mobil satu ini terasa lebih lengkap dibanding kedua mobil sebelumnya.

Sama dengan dua mobil sebelumnya, berkapasitas 2 liter dengan update-an mampu menyemburkan 435 hp pada 6400 rpm yang mampu melesatkan mobil ini hanya dalam 3,3 detik dari 0-100km/j dan 11,7 detik dari 0-198 km/j. Dengan spesifikasi tersebut mampu membenamkan tubuh pengemudinya saat berakselarasi.. imho.. hehe..

  • Caterham R500 Superlight


Jika tadi kita sudah puas dengan mobil-mobil berdesain aerodinamis, yuk sekarang bahas satu-satunya mobil mungil dengan desain klasik. Yup, Caterham R500 dengan sebutan super ringan dan super cepat ini merupakan versi ketiga setelah R300 dan R400 dengan mesin 2 liter Ford Duratec.

Mulai dari versi 300 hingga 500, Caterham mendapatkan update power mulai dari 175 bhp pada R300 menjadi 210 bhp pada R400 dan yang terakhir untuk mengimbangi rival-rivalnya Caterham mengalami kenaikan menjadi 263 bhp dan juga torsi dari 139 lb-ft menjadi 150 lb-ft dan yang terakhir 177 lb-ft.

Yang membuatnya ganas bukanlah power-nya, melainkan bobotnya yang sekitar 506 kg dan membuat power-to-weight ratio-nya menjadi sangat besar. 0-160km/j ditempuh dalam waktu 7 detik atau lebih cepat dari Ferrari 599.

  • Lotus Elise


Jika agan-agan sekalian penggemar game ber-genre racing pasti udah ngga asing dengan mobil satu ini. Yup, merupakan salah satu mobil yang dikenal lincah dan agresif di jalanan. Bobotnya yang ringan serta ketinggiannya yang cukup rendah membuat mobil ini tidak hanya kencang, tetapi juga pandai melahap tikungan dengan mesin 1.8 liter supercharged mampu menghasilkan power sebesar 163 kW dan torsi 250 Nm. Bagi pecinta mobil mungil dengan kelengkapan layaknya mobil sport tulen. Lotus ini bisa menjadi salah satu jawabannya. Sekian dari saya. Semoga bermanfaat!

    Unknown

    No comments:

    Post a Comment

    Instagram