Isle Of Man TT, Ajang Balap Motor Mematikan


Isle of Man TT adalah sebuah kompetisi balap motor expert yang sarat akan bahaya dan kecelakaan, bagaimana tidak, jika pada MotoGP, arena yang digunakan luas sehingga bila sewaktu-waktu terjadi crash atau kecelakaan, motor akan keluar jalur berisi pasir atau rumput dan dalam jarak 15-20 meter disediakan penghalang berupa ban bekas yang ditumpuk sehingga cukup aman, meskipun kecelakaan dalam balapan motor satu ini terbilang fatal.


Bagaimana tidak, pada Isle of Man TT (Tourist Trophy) Race, pembalap tidak disuguhkan jarak pandang yang luas akan trek karena sebagian jalanan tertutup oleh daun, pepohonan, tembok, rumah dan sebagainya sehingga diperlukan latihan keras dan insting untuk mengenali jalur yang berliku dan bergelombang, tidak seperti MotoGP yang treknya lebih halus. Di sini kita disuguhkan pemandangan motor melaju dalam kecepatan tinggi dari dekat layaknya roket jalanan.. Para penontonnya pun seperti penghuni rumah, wartawan karena tempat mereka balapan adalah kawasan rumah mereka..

Bayangkan saja agan-agan ngebut di daerah perumahan.. Kira-kira ketegangan seperti itulah yang akan agan-agan rasakan.. Salah perhitungan, agan-agan langsung dihadapkan dengan tembok dan pepohonan, tidak heran ajang balap ini termasuk salah satu olahraga yang berbahaya..


Motor-motor ini sanggup melaju hingaa 180 mil per jam atau sekitar 288 km per jam. Balapan ini pertama kalui diadakan pada 1907 hingga kini berbagai jenis motor digunakan untuk race. Untuk superbike, dapat menggunakan 3 spesifikasi mesin
  • Di atas 750 cc hingga 1000 cc 4 cylinders 4-stroke
  • Di atas 750 cc hingga 1000 cc 3 cylinders 4-stroke
  • Di atas 850 cc hingga 1200 cc 2 cylinders 4-stroke


Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram