Apakah Motor ber-cc Besar Lebih Boros dari Mobil..?


Tergantung, itulah kira-kira jawaban yang terbesit dari pertanyaan di atas.. Kenapa bisa..? Inilah yang menjadi poin penting dalam memahami mengapa motor ber-cc besar layaknya moge-moge dengan kisaran mesin 1000cc sebagai contohnya.. Saya mengambil contoh motor dengan 1000cc ke atas karena rata-rata mobil sekarang memiliki kubikasi mesin kira-kira di atas 1000cc..

Kali ini lagi-lagi saya membahas topik yang 'nyerempet' ke bahasan roda empat karena mereka sama-sama kendaraan bermotor yang teori dan konsepnya memiliki beberapa kesamaan.. Jawaban paling simpel kenapa motor ber-cc besar lebih boros dibanding mobil biasa karena wajarlah, kalo dibandingkan motor ber-cc besar pasti lawannya juga mobil-mobil ber-cc besar layaknya Ferrari atau Lamborghini.. Tetapi di sini saya ingin mengutarakan sesuatu yang berbeda, kalo mobil ber-cc sama, misalnya 1400cc, dengan beban yang lebih berat kenapa motor bisa lebih boros.. Jawabannya sedikit berhubungan dengan artikel sebelumnya.. Mengapa RPM motor lebih tinggi dari mobil

BMW R1200GS

Motor-motor sport ber-cc besar rata-rata memiliki pipa bore dengan diameter besar, yang membuatnya memiliki rpm yang tinggi.. Untuk mencapai rpm yang tinggi dibutuhkan puntiran gas yang lebih besar sehingga membuat mesin mengucurkan bahan bakar lebih banyak.. Nah, berdasarkan jawaban saya yang pertama, ternyata menurut sedikit research yang saya lakukan, motor besar ternyata bisa setidaknya dikatakan irit, yakni dengan membuat rpm atau putaran mesin yang kecil setiap ganti gigi.. Contohnya, mobil standar umumnya memiliki rev limiter di angka 5000-6000, jadi setidaknya pengemudi mengganti gigi di kisaran rpm 3000 hingga 4000..

Jadi, untuk membuat motor ber-cc besar bekerja lebih irit adalah dengan cara tersebut.. Namun mengganti gigi di rpm tersebut sangatlah rendah karena motor besar memiliki rpm di atas 10.000 dan menjalankan motor dengan beban berat dan pelan selain sedikit sulit dan beberapa asumsi kalo menggunakan kendaraan dengan cc besar, namun terlalu pelan akan menyebabkan mesin cepat panas.. Untuk hal ini, saya pun masih belum mendapatkan bukti yang kuat.. Untuk itu, kira-kira seperti itulah penjelasan yang saya berikan.. Sekian dari saya.. Semoga bermanfaat.. :D

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram