Ride-by-wire Throttle, Apa an sih tu..?


Bagi agan-agan di sini yang baru mengenal roda dua, termasuk saya sendiri.. Kali ini saya akan membahas salah satu teknologi yang boleh dibilang advance.. Teknologi ini mayoritas ada di moge2 sekelas CBR dan R series atau BMW dan Ducati dengan kubikasi mesin 600cc ke atas..

Ride by wire sendiri adalah teknologi dimana bukaan gas tidak langsung berhubungan dengan katup bahan bakar.. Melainkan melalui ECU yang akan mengontrol aliran bahan bakar bukan berdasarkan bukaan gas..

Analogi sederhananya adalah gerak refleks dan gerak sadar pada manusia.. Teknologi ride by wire seperti gerak sadar dimana apa yang kita lakukan diproses dulu melalui otak (ECU adalah otaknya) baru di terjemahkan dalam bentuk gerakan.. Sebaliknya, teknologi standar berdasarkan refleks tanpa melalui otak atau ECU (Engine Control Unit) pada motor.. Efeknya refleks memang cepat, namun kurang efisien..


Kelebihannya..? Pengoptimalan pengeluaran tenaga dan bahan bakar.. Sebesar apapun bukaan gas yang berdampak pada boros tidaknya bahan bakar akan dioptimalkan sehingga mampu menghemat bahan bakar..

Pengaturan tenaga lebih optimal dan teknologi ini biasanya menggunakan riding mode yang akan saya jelaskan pada kesempatan berikutnya..

Kekurangannya..? Kita kurang bebas menggunakan gas.. Tetapi tenang saja, pada power modes terdapat beberapa pilihan seperti rain, sport/race, custom yang akan mengatur besaran power dan torsi yang akan digunakan..

Sekian dari saya.. Sampai ketemu di artikel berikutnya..

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram