Suzuki G-Strider, Ternyata Vultus Bukan Yang Pertama


Jika melihat sosok Vultus yamg begitu out of the box secara desain, 90% dari agan-agan pasti mengira motor satu ini adalah motor pertama yang memiliki desain seperti ini.. Ternyata tidak seperti itu, 13 tahun silam, sebuah motor dari perusahaan berinisial 'S', yakni Suzuki sudah pernah membuat motor dengan bentuk dan desain yang hampir sama..

Apakah memang pabrikan Honda akan Vultus terinspirasi dari Suzuki G-Strider..? Diperkenalkan pada Tokyo Motor Show 2013 lalu, Suzuki G-Strider tidaklah sekuno umurnya.. Sudah menggunakan lampu LED, panel speedometer full digital, desain yang keluar dari pakem, tetapi tetap enak dipandang mata dan masih banyak lagi.. Selamat membaca..


Seperti yang dapat kita lihat pada gambar di atas, Suzuki G-Strider menawarkan teknologi yang setara motor kekinian.. Lihatlah panel digital yang tertera pada stang.. Sangat futuristik, tidak terlihat motor ini dibuat pada 2003 lalu.. Bedanya dengan Vultus, motor ibni dibekali mesin 916cc, sedangkan pada Vultus hanya 749cc..

Kesamaan lainnya..? Motor ini dibekali dual-clutch yang memungkinkan dua jenis pengendaraan, manual dan otomatis yang dinamakan Efficient Electronically-Controlled Continuously Variable Transmission atau DCT (Dual-Clutch Transmission) pada Honda..


Hanya itukah fitur pada G-Strider..? Ternyata tidak, G-Strider juga dibekali Inteligence Telematics yang akan memantau kondisi terkini motor melalui chip microprosessor yang terhubung ke jaringan dan juga Self-Diagnosis System yang akan menghubungkan kamera belakang ke layar pada stang kemudi sebagai pengganti spion.. Spionnya pun sudah terintregasi dengan kamera yang diletakkan menghadap ke belakang sehingga teknologi yang disematkan pada motor satu ini tergolong advance atau canggih..

Sayangnya, motor ini hanya ditunjukkan dalam pameran sebagai prototipe.. Sekian dulu artikel dari saya.. Semoga bermanfaat..



Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram