Winglet pada MotoGP.. Apa sih Kegunaan Sebenarnya..?


Tahun ini di MotoGP, yakni 2016 ini, MotoGP melakukan sebuah ubahan kecil yang terlihat mencolok jika dilihat dari depan dan samping.. Apalagi kalau bukan sebuah winglet yang diletakkan pada sisi depan dan samping fairing.. Sebuah alat kecil ini memberikan efek yang cukup besar pada ajang bergengsi ini.. Bagaimana tidak..? Winglet merupakan sebuah benda pipih yang diletakkan pada sisi-sisi motor untuk meningkatkan aerodinamika dan juga downforce.. Apakah agan-agan masih asing dengan dua kata tadi..?
Cek di sini Downforce dan Aerodinamika

Jadi, penambahan aerodinamika akan berdampak pada stabilitas kendaraan saat melaju, menikung ataupun menyalip.. Beberapa sumber mengatakan, downforce yang diciptakan winglet akan mengurangi efek wheelie atau ban depan ngangkat yang akan menambah waktu per sepersekian detik per putaran dan juga menguras tenaga pembalap untuk mengendalikan motor..


Nah, di musim 2016 ini, Ducati tampil beda dengan menggunakan winglet ini yang mendapat berbagai macam respon seperti adanya turbulensi atau aliran angin yang mengacaukan kecepatan aliran angin kendaraan di belakangnya yang berdampak cukup besar bagi para pengendara.. Tetapi, beberapa pembalap yang menggunakan winglet ini justru mendapat efek positif dalam catatan waktu.. Ducati menggunakannya dan Jorge Lorenzo akhirnya ikut tertarik menggunakan ini yang kemudian digunakan juga oleh Rossi..

Sebenarnya, winglet ini sudah pernah diuji coba oleh Max Biaggi satu dekade lalu.. CMIIW.. Dan sempat digunakan Ducati pada musim 2010 dan 2011 lalu oleh Ducati, tetapi dengan alasan estetika atau keindahan penampilan, maka dilepas.. Tetapi pada tahun ini kembali digunakan dengan mengesampingkan sisi estetika dan menambah sisi performa.. Setidaknya itulah yang dikatakan pihak Ducati..


Last, perkembangan teknologi menuntut adanya hal-hal baru dalam balapan.. Sisi positifnya, pembalap semakin dibantu dengan teknologi yang ada.. Dampak negatifnya, persaingan lama kelamaan menjurus ke arah teknologi, meskipun tidak terlepas juga dari keahlian pembalap dalam menggunakan kendaraannya.. Sekian dari saya.. Semoga bermanfaat..

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram