Apakah Sistem Transmisi 6 Percepatan Yang Membantu R15 dan CBR150R Meraih Top Speed Yang Tinggi..? Bisa Jadi

Agan-agan sekalian pasti sudah tau dua motor 150cc fenomenal, yakni R15 dan CBR150R. Kedua motor ini cukup kencang di jalanan dan dapat meraih top speed yang cukup tinggi. Yang menjadi pertanyaannya sekarang, apakah sistem transmisi 6 percepatan yang dimiliki keduanya yang membantu kedua motor ini meraih top speed yang tinggi..? Jawabannya di sini.. Bisa jadi

Kemungkinan yang dapat saya analisa saat ini, gear yang lebih banyak akan meningkatkan akselerasi dan responsivitas motor karena anggap saja sebuah pekerjaan dikerjakan oleh 5 orang dan 6 orang. Secara logika, pasti sebuah pekerjaan akan lebih cepat bila diselesaikan oleh 6 orang. Nah, inilah basis analisa yang dapat kita kembangkan. Jadi dengan 6 orang, maka kita dapat menyelesaikan pekerjaan lebih banyak dengan catatan setiap orang mendapat jatah pekerjaan yang sama banyaknya dengan 5 orang tadi.

Nah, inilah yang dimanfaatkan pabrikan-pabrikan untuk menambah top speed dengan cara memberi beban yang sama pada setiap gear. Sehingga top speed tinggi dapat tercapai. Dengan begini torsi dan tenaga yang hampir sama, tetapi diolah dengan cara yang berbeda akan menghasilkan hasil yang berbeda. Selain sistem percepatan, jenis mesin antara SOHC dan DOHC juga turut memberi sumbangsih pada performa kendaraan. Kira-kira seperti itulah gambaran yang bisa saya berikan. Sekian. Semoga bermanfaat!

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram