Perbandingan Penggunaan Rem Dengan dan Tanpa ABS


Penggunaan ABS (Anti-Lock Braking System) saat ini memang sudah banyak digunakan pada kendaraan-kendaraan roda dua dan empat. Apa sih kegunaan rem ABS sesungguhnya..? ABS itu sendiri berarti sistem pengereman anti-terkunci. Yang dinamakan terkunci sendiri merupakan kondisi dimana tekanan kaliper kepada disk brake atau cakram rem terlalu besar sehingga mengunci dan menyebabkan kendaraan kehilangan cengkeraman.

Seperti contoh di atas kendaraan dengan sistem peranti ABS dapat mengurangi resiko selip yang menyebabkan kendaraan hilang kendali dan menabrak cone. Cone yang tertabrak bukan karena pengemudi tidak membelokkan setir, tetapi seperti gambar roda di atas, roda berbelok hanya saja selip yang diakibatkan roda terkunci membuat kendaraan di atas tidak dapat mengendalikan roda kemudi dan selip.

Beda bila dibandingkan dengan gambar pertama dimana ABS bekerja dengan pengereman maksimal, tanpa membuat roda terkunci sehingga kendaraan pertama dapat menghindar dengan baik. Kira-kira seperti itulah gambaran penggunaan rem ABS. Ini akan lebih efektif, terutama pada kendaraan roda dua yang notabenenya lebih mudah jatuh sehingga keamanan dan keselamatan pengendara dapat naik hingga 80%. Sekian dari saya. Semoga bermanfaat!

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram