Satu Sisi yang Rentan dari Satria FU




Hai, agan-agan sekalian..! Bagaimana nih minggu pertama setelah long weekend kemarin..? Semoga liburan kemarin membawa semangat baru dan segar. Nah, kali ini saya ingin membahas satu sisi yang agak rentan pada Satria FU, bukan dengan maksud tidak baik, hanya sharing sedikit pengalaman saya saat menunggangi Satria milik teman saya. Apakah agan-agan sekalian juga mengalami hal yang sama..? Ya sudah, yuk kita bahas saja..

Nah, satu sisi yang menurut saya agak rentan adalah bagian kolong mesin yang cukup rendah pada Satria FU. Hanya berjarak 140mm ditambah jarak antar roda 1260mm cukup membuat bagian bawah mesin mudah sekali mengenai benda tinggi saat melewati polisi tidur atau jalanan yang tidak rata.

Sebagai perbandingan, saya mencoba meng-compare perbedaan ketinggian dan wheelbase dengan Suzuki Shooter RS. Jika dibandingkan, Satria FU memang lebih panjang dan rendah. Ketinggian pada Suzuki Shooter adalah 145mm dan jarak antar roda 1220mm. Ini membuat daerah mesin lebih aman.

Tetapi, bukanlah tanpa arti sebuah motor dibuat dengan ukuran seperti di atas. Di sini jelas, kerendahan dan jarak antar roda yang lebih besar mendukung Satria FU ini secara kestabilan dan pengendalian. Posisi mesin yang agak di bawah, membuat center of gravity Suzuki FU cukup baik dan juga ketinggian keseluruhan yang hanya 941mm membuat pengendalian menjadi lebih lincah.

Wew, berarti kerentanan ini lebih cocok disebut konsekuensi memiliki motor harian dengan spek sport. Bayangkan saja, jika agan-agan sekalian beli mobil sport, pasti sedikit repot pada awalnya, tetapi seiring berjalannya waktu dan penyesuaian diri, maka niscaya akan menambah pride bagi pengandaranya sendiri. Semoga bermanfaat!

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram