Lampu Xenon untuk Motor.. Apa aja sih Kelebihannya..?


Met siang agan-agan sekalian..! Masih pada sibuk nih sepertinya.. hehe.. Oke, siang kali ini saya ingin membahas beberapa kelebihan dan kekurangan yang ada pada lampu xenon, serta perbandingannya dengan lampu halogen.

Beberapa orang meragukan kemampuan lampu xenon karena ada beberapa pernyataan yang menganggap lampu xenon justru memperpendek umur bohlam, rumah lampu, kelistrikan dan masih banyak hal lain lagi yang sering dijadikan alasan tidak menggunakan lampu jenis ini.

Sebenarnya tidaklah 100% benar bahwa lampu xenon benar-benar seperti yang dibicarakan di atas. Menurut dari sumber yang saya baca mengenai perbandingan antara lampu xenon dan halogen (http://www.sinarberlian.com/news/6/Pilih-Mana-Lampu-Halogen-atau-Lampu-HID-Xenon) justru kebalikannya, lampu xenon membawa beberapa dampak positif pada kendaraan dan juga pengendaranya.

Hal yang diperlukan pada lampu xenon dibanding lampu halogen adalah penggunaan ballast yang akan menstabilkan voltase kelistrikan dan juga terdapat beberapa tipe, mulai dari H1, H3, H4, H7, dsb. Di Indonesia banyak digunakan tipe H4 dimana lampu jarak jauh dan dekat diatur oleh magnet.

Sebenarnya karena lampu xenon memberikan pencahayaan yang lebih terang, maka banyak yang mengira bahwa suhunya akan lebih tinggi dibanding lampu halogen sehingga membuat kaca mika jadi mudah menguning, sebaliknya lampu xenon justru memiliki temperatur 1/4 lebih kecil dibanding lampu halogen.

Kedua, lampu xenon berukuran 35watt ternyata mampu memberi penerangan 3 kali lebih baik dibanding lampu halogen berukuran 55watt dengan jarak hingga 180 meter pada lampu xenon. Ini sangat cocok untuk jalanan dengan penerangan minim seperti di Indonesia ini. Hanya saja kekurangan dari lampu xenon ini satu, yaitu harganya yang cukup mahal dan biasanya hanya ditemui pada kendaraan menengah ke atas. Selain itu penggunaan lampu xenon di atas batasan yang seharusnya juga justru malah mengganggu pengendara lain dari alah berlawanan.

Saat kemarin saya cek harga lampu xenon untuk motor memang cukup mahal. Satu set dengan alat-alat kelistrikannya berkisar 200 ribuan hingga 500 ribuan untuk yang bermerk. Satu hal lagi, jika agan-agan sekalian ingin membeli lampu biru dengan harga 20-50 ribuan biasanya hanya lampu halogen dengan xenon look atau hanya dilapisi warna biru agar terlihat seperti lampu xenon. Last, semua keputusan tetap berada pada para pengendara sendiri, bagi beberapa orang lampu halogen bawaan pabrikan sudah merupakan yang terbaik karena sudah diuji oleh pabrikan, tidak menutup kemungkinan penggunaan lampu xenon tanpa mengimbangi batasan yang diharuskan justru membawa dampak buruk. Sekian dan semoga bermanfaat..!

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram