Turbo Untuk Motor, Kenapa Ngga..?


Turbo adalah sebuah piranti yang digunakan untuk menambah tenaga motor secara drastis dengan cara menggunakan angin hasil pembuangan untuk memutar kipas yang terhubung dengan kipas di sisi berlawanan.. Kipas berlawanan tentu akan menghisap udara segar yang akan dialirkan ke intercooler (pendingin mesin) untuk menyalurkan udara dengan temperatur lebih rendah dan udara dingin memiliki struktur oksigen yang lebih padat sehingga akan membantu pembakaran yang lebih baik..

Pada putaran rendah angin yang masuk akan lebih banyak dibanding saat piston bergerak semakin cepat (putaran tinggi) angin yang masuk akan semakin sedikit dan inilah yang membuat pembakaran semakin tidak sempurna sehingga keluarlah asap yang banyak (khususnya kendaraan diesel)..

Untuk itu, kita sedikit bahas roda empat, menggunakan turbo sebagai suplai angin yang akan membantu pembakaran yang lebih sempurna dan digunakan saat putaran mesin menengah hingga tinggi karena pada saat tersebut mesin sangat membutuhkan udara untuk pembakaran..

Nah, untuk turbo motor, ada beberapa jenisnya.. Kita akan membahas turbo untuk motor di bawah 400cc.. Turbo dapat memberikan tambahan tenaga 1,5 kali lebih besar dan harganya mulai dari 4 juta hingga 8 juta.. dan itu hanya turbonya saja, belum termasuk oil cooler, piping dan knalpot..

Penambahan tenaga bisa mencapai 23dk.. Beberapa persyaratan untuk pemasangan turbo adalah mesin tidak ada masalah, mesin harus bebas dari kebocoran oli karena turbo menggunakan oli untuk pelumas bearing, mesin bore up, dan pengapian yang lebih besar..


Berikut kemampuan motor yang sudah dibekali turbo.. Akan terasa sekali perbedaan tenaganya.. Sekian dari saya.. Semoga bermanfaat..

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram