Perlengkapan Berkendara Standar Pengguna Motor


Berkendara dengan motor memang sangat menyenangkan, merasakan hembusan angin, bermanuver, kompak dan simpel, layaknya menunggangi kuda, kita adalah koboinya.. Sayangnya setiap benda yang diciptakan pasti memiliki kelebihan, namun juga kekurangan.. Mengapa..? Itulah kehidupan, tidak ada yang sesempurna selain yang di atas.. Ibarat Yin Yang, benda yang buruk sekalipun memiliki manfaat, sebaik-baiknya sebuah benda, ada kekurangannya..

Kali ini kita membahas sisi lemah dari salah satu benda yang dijuluki kuda besi ini, bentuknya yang lebih kompak dan simpel dibanding mobil ini memiliki beberapa kelemahan seperti piranti keselamatan yang lebih sedikit dibanding mobil, dibutuhkan keseimbangan lebih, pengendaranya yang hanya dilindungi oleh helm dan semua yang melekat pada tubuh..
  • Helm

Inilah berbagai macam helm yang ada sesuai dengan jenis motor yang dikendarai pula.. Untuk motor cruiser layaknya Harley, open face helmet biasanya digunakan untuk pengguna motor klasik, full face untuk street bike, off-road, modular untuk motor bebek atau skutik, snowmobile untuk motor salju, tipe German biasanya digunakan pada perang dunia ke-2, namun sangat cocok bagi yang ingin tampil beda dan juga helm jockey untuk motor balap klasik..

Perhatikan ukuran helm dengan ukuran kepala, jenis sepeda motor dan juga bahan helm, apakah sudah terlisensi ataukah belum karena helm merupakan alat perlindungan utama bagi para pengendara.. Karena kepala sangatlah vital, maka di seluruh dunia menetapkan para pengendara untuk menggunakan helm sebagai kewajiban dan tidak bisa ditawar lagi..

  • Jaket

Untuk jaket, sebenarnya terdapat beberapa jenis, untuk para pengguna Harley biasanya menggunakan jaket kulit, tetapi untuk pengendara usahakan yang memiliki pelindung bahu, siku tangan dan punggung.. Ini akan membantu mengurangi cedera di bagian yang rawan.. Pilihlah yang memiliki bahan yang sejuk dan tidak terlalu sempit karena akan mempengaruhi pengendara saat berkendara, terutama jarak jauh.. Akan sangat disayangkan apabila saat berkendara, kita semakin tidak nyaman karena kepanasan dan tidak dapat bergerak fleksibel karena terlalu ketat..
  • Sarung Tangan
Gunakan sarung tangan dengan ukuran yang pas dan nyaman dan usahakan menggunakan sarung tangan yang memiliki pelindung kepal tangan dan jari.. Selain melindungi dari cedera juga dapat melindungi tangan dari teriknya sinar matahari..
  • Celana

Celana berkendara sebaiknya menutupi seluruh kaki dan terdapat pelindung lutut karena pada bagian kaki, lutut sangatlah rawan dengan benturan karena menahan bobot tubuh secara keseluruhan, terdapat berbagai jenis celana yang dapat digunakan, model jeans atau kulit..
  • Sepatu

Untuk berkendara sebaiknya menggunakan sepatu karena sepatu melindungi kaki lebih dibanding sandal atau sejenisnya.. Lebih baik lagi, jika menggunakan sepetu boots karena akan melindungi tidak hanya kaki, melainkan juga pergelangan kaki yang rentan akan cedera..

Itulah kira-kira perlengkapan standar yang biasa digunakan para rider, terutama yang suka melakukan perjalanan jauh atau keperluan khusus seperti balapan karena tubuh kita memiliki berbagai macam titik vital yang harus dijaga, sedikit kesalahan kadang membawa dampak yang besar.. Karena itu berkendaralah sesuai dengan aturan yang berlaku and keep riding safe.. Sekian dari saya.. Semoga bermanfaat..

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram