Menghabiskan 1 Tangki Bensin dalam Sehari


Pernah ngga agan-agan sekalian mengendarai motor langung menghabiskan 1 tangki bensin hanya dalam kurun waktu kurang dari sehari. Saya sendiri yang dulunya sempat menunggangi Yamaha Mio 2007 pernah mengalami hal yang sama. Sekali lagi, arikel ini tidak dibuat unuk menyudutkan satu pihak atau jenis motor tertentu. Di sini saya mengalami pengalaman yang mungkin pernah terjadi barangkali oleh pengendara matik lainnya.

Dalam sehari saja 1 tangki yang berisi 4-5 meter habis dalam perjalanan yang tidak terlalu jauh maupun tidak terlalu dekat. Segera setelah menservis lalu mengalami kejadian tersebut, saya langsung kembali ke bengkel resmi Yamaha untuk mengecek kondisi mesin. Ternyata tidak ada kesalahan atau setingan yang dirubah, setelah konsultasi dengan bengkel Yamaha.

Yang saya ingat hari tersebut saya agak terlambat bangun pagi, tidak melewati jalur alternatif yang lebih cepat dan terlambat menjemput adik saya dan setelah itu harus segera kembali ke kampus dengan catatan membuka gas secara berlebihan supaya mendapatkan kecepatan yang saya inginkan.

Sore setelah saya selesai kampus, saya kembali mengecek ke Yamaha untuk mendapatkan informasi apa yang saya alami. Ternyata mesin bekerja dengan sangat baik dan tidak ada masalah. Dari sini saya menyadari bahwa apa yang saya lakukan dengan membuka gas besar-besaran dalam jangka waktu lama akan menyedot bensin habis-habisan sehingga wajar dalam sekali perjalanan gas mentok, maka dalam sehari 4 hingga 5 liter bensin dapat habis segera.

Di sini saya tidak menyalahkan atau membenarkan satu pihak, tetapi kenyataannya, kita sendiri sebagai penguna motor lah yang bertanggungjawab penuh atas bagaimana reaksi motor terhadap perilaku pengandara dalam berkendara. Sekian dari saya. Terima kasih

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram