Mematikan Mesin Saat Lampu Merah


Hal yang akan saya bahas kali ini sedikit mengacu pada penghematan bahan bakar dan kepedulian lingkungan akan polusi dari kendaraan bermotor yang semakin mengikis bumi kita.. Tidak dapat dipungkiri lagi, bahan bakar fosil masih menjadi penyebab dilema, dimana kita membutuhkan bahan bakar fosil untuk kendaraan bermotor, sedangkan persediaan bahan bakar fosil semakin menurun.. Selain itu, polusi yang dihasilkan juga memperburuk keadaan.. Mau tidak mau, perusahaan kendaraan bermotor menciptakan berbagai macam cara untuk melakukan penghematan bahan bakar.. Dengan adanya kendaraan listrik, kendaraan hibrida (mesin konvensional didampingi dengan mesin listrik, hingga teknologi idling stop system seperti pabrikan Honda (motor) dan Mazda (mobil)..


Teknologi ini memungkinkan kendaraan untuk mematikan mesin secara otomatis dalam hitungan detik dan akan kembali nyala saat di gas tanpa perlu memencet tombol starter. Teknologi ini sangat bermanfaat untuk penghematan.. Bayangkan saja populasi motor di Indonesia mencapai rata-rata 97 juta antara tahun 2014-2015 dan setiap tahunnya meningkat hingga 12 persen.. Tentu saja kenaikan ini menyebabkan keperluan akan bahan bakar semakin tinggi..

Sebagai ajakan saja bagi para pengendara motor untuk menghemat bahan bakar.. Gerakan ini mungkin tidaklah terlalu berpengaruh, tetapi jika dilakukan setidaknya 5 motor pada satu lampu merah yang berdurasi 30-60 detik pada satu perempatan sehingga terdapat 4 traffic light .. Anggap saja dalam 30 detik motor mengkonsumsi 1 mililiter bahan bakar, maka akan dihasilkan 20-40 mililiter bahan bakar dalam satu persimpangan..

Dalam satu kota terdapat 20 persimpangan, maka akan menghasilkan satu botol air mineral ukuran sedang.. Sedikit memang, tetapi itulah yang dapat dihasilkan.. Itu hanyalah sedikit masukan saja, barangkali dengan hal ini memacu pabrikan untuk membuat teknologi idling stop mereka masing-masing dan membuat perubahan yang besar bagi bumi kita.. Save earth, save us..

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram