Efek Giroskopik Pada Motor


Sebagai pembukaan, yuk kita bahas kenapa motor yang berjalan dengan kecepatan tinggi lebih stabil dibanding saat dibawa pada kecepatan rendah.. Semua ini berhubungan dengan efek giroskopik yang akan saya beberkan selanjutnya.. Pada saat kecepatan tinggi, ban memberikan gaya keluar yang besar pada samping kiri-kanan. Inilah yang membuat motor lebih stabil pada kecepatan tinggi..

Bayangkan saat Anda bermain sepeda dan bergerak sangat pelan, pasti sepeda akan terasa oleng. Oleh sebab itu, saat kita menikung, kita tidak jatuh, karena ada keseimbangan efek yang menahan motor pada posisi merebah. Itulah pula yang membuat motor MotoGP dapat menikung dengan sudut sangat ekstrim, yakni mencapai 61 derajat, dan pada kondisi tersebut, posisi pengenadara dan samping motor hanya berjarak beberapa cm dari tanah..


Efek giroskopik inilah yang memiliki andil besar dalam kendaraan, khususnya kendaraan roda dua dan helikopter.. Oke, sekarang kita masuk ke dalam pembahasan. Giroskopik sendiri adalah gaya yang dihasilkan dari perputaran roda yang membuat kestabilan pada saat berputar. Gaya ini pengaplikasiannya adalah seperti gasing. Gasing berputar akan memberikan efek yang seimbang sehingga dapat terus berputar..

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram