Winglet Lagi-lagi Dijadikan Penyebab Masalah pada Balapan Jerez Lalu


Teknologi terbaru dari MotoGP ini kembali dituding menjadi penyebab masalah pada balapan-balapan lalu yakni pada sliding atau selip yang dialami para pembalap. Pihak yang menyatakan bahwa winglet adalah penyebab dari selip pada ban belakang adalah Michelin, salah satu perusahaan yang memproduksi ban berkualitas tinggi..

Dipercaya sebagai salah satu perusahaan yang ambil andil dalam balapan bergensi ini menyatakan hal ini berdasarkan penyelidikan mendalam pada balapan Jerez lalu.. Sebagai merek yang dipercaya dunia, Michelin pun tidak sepenuhnya menyalahkan winglet, kondisi aspal dan juga bahan ban yang kurang sempurna juga turut menjadi penyebab hal ini..

Seperti yang pernah kita bahas sebelumnya, winglet memang menciptakan efek downforce yang membantu traksi roda depan dan juga mencegah ban ngangkat.. Secara teori dan fakta memang efek downforce ini memberikan tekanan yang cukup besar sehingga membuat suspensi depan turun sebanyak 4mm dan itu menyebabkan traksi ban belakang berkurang dan menyebabkan selip..


Alasan utama terjadinya selip juga tidak lepas dari permukaan aspal yang sudah dianggap kurang baik sehingga terjadi peningkatan suhu sebanyak 10 derajat dari normal dan menyebabkan traksi ban belakang berkurang.. Tidak mau menyalahkan sepenuhnya pada winglet dan kondisi aspal, pihak Michelin pun turut mengungkapkan bahwa bahan karet yang mereka gunakan akan mereka data ulang dan teliti untuk menjaga produk mereka sendiri dan juga para pembalap yang keselamatannya pun dipertaruhkan dengan kondisi salah satu komponen penting dalam kendaraan tersebut..

Sekian info dari saya.. Semoga bermanfaat..

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram