Blue Core Technology, Salah Satu Teknologi Anyar dari Yamaha


Yamaha menciptakan teknologi baru untuk mesin motornya dengan nama Blue Core Tech, yang berguna untuk menimalisir emisi dan efisiensi motor. Salah satunya dengan memangkas kapasitas mesin menjadi lebih kecil, mengganti material sasis, dan merombak mesin dengan tujuan untuk efisiensi mesin.

Salah satu motor yang sudah menggunakan teknologi ini adalah Yamaha FZ-S v2.0 yang mendapatkan beban pangkasan seberat 3.5 kg berkat frame baru pada motor ini, pemangkasan kapasitas mesin menjadi 149 cc yang sekaligus mengurangi power dan torsi dari kendaraan ini. Tetapi tenang saja, Yamaha tidak hanya mengurangi kapasitas mesin, tetapi merombak mesin sehingga jauh lebih bertenaga dan dapat mengikuti irama gas meskipun kapasitasnya dikurangi seperti dikutip dari Overdrive India.

Sebenarnya tidak hanya Yamaha yang melakukan ini, tetapi pabrikan lainnya pun sudah mulai sebelumnya dengan proyek yang dinamai HET (Honda Eco Technology) dan SEP (Suzuki Eco Performance). Keduanya merupakan proyek yang sama, hanya saja Yamaha menamainya dengan Blue Core Technology atau dalam bahasa Indonesianya Teknologi Inti Biru.

Dengan teknologi baru ini, Yamaha FZ-S, sebagai contohnya mendapat pangkasan emisi 29 persen CO2, 33 persen HC+NOx dan 20 persen NOx pada mesin barunya. Tidak hanya itu, mesin baru mampu berakselerasi dari 0-100 km/j lebih cepat dan juga 14 persen lebih ekonomis dibanding FZ lama. Sepertinya itu dulu yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat..!

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram