Pages

Sunday, November 30, 2014

Apakah Sistem Transmisi 6 Percepatan Yang Membantu R15 dan CBR150R Meraih Top Speed Yang Tinggi..? Bisa Jadi

Agan-agan sekalian pasti sudah tau dua motor 150cc fenomenal, yakni R15 dan CBR150R. Kedua motor ini cukup kencang di jalanan dan dapat meraih top speed yang cukup tinggi. Yang menjadi pertanyaannya sekarang, apakah sistem transmisi 6 percepatan yang dimiliki keduanya yang membantu kedua motor ini meraih top speed yang tinggi..? Jawabannya di sini.. Bisa jadi

Kemungkinan yang dapat saya analisa saat ini, gear yang lebih banyak akan meningkatkan akselerasi dan responsivitas motor karena anggap saja sebuah pekerjaan dikerjakan oleh 5 orang dan 6 orang. Secara logika, pasti sebuah pekerjaan akan lebih cepat bila diselesaikan oleh 6 orang. Nah, inilah basis analisa yang dapat kita kembangkan. Jadi dengan 6 orang, maka kita dapat menyelesaikan pekerjaan lebih banyak dengan catatan setiap orang mendapat jatah pekerjaan yang sama banyaknya dengan 5 orang tadi.

Nah, inilah yang dimanfaatkan pabrikan-pabrikan untuk menambah top speed dengan cara memberi beban yang sama pada setiap gear. Sehingga top speed tinggi dapat tercapai. Dengan begini torsi dan tenaga yang hampir sama, tetapi diolah dengan cara yang berbeda akan menghasilkan hasil yang berbeda. Selain sistem percepatan, jenis mesin antara SOHC dan DOHC juga turut memberi sumbangsih pada performa kendaraan. Kira-kira seperti itulah gambaran yang bisa saya berikan. Sekian. Semoga bermanfaat!

Wednesday, November 26, 2014

FZ-S V2.0 : Inikah Desain Next Byson FI

Selamat malam. Pada malam hari ini saya ingin membahas desain New Byson FI yang katanya akan brojol dalaw kurun waktu yang tidak terlalu lama. Menurut beberapa sumber, Yamaha Indonesia sudah mulai merencanakan akan menghadirkan Byson V2.0 fuel injection. Dari berita yanh saya dapat, 2-3 minggu lalu, media India sana sudah meluncurkan dua tipe motor, yakni FZ dan FZ-S V2.0. Keduanya mirip, tetapi secara detail, kita akan menemukan perbedaan-perbedaan yang signifikan.

Nah, klo dri desain sendiri, FZ-S memang plek keteplek dengan Byson, tetapi bisa saja Indonesia mendapatkan desain berbeda. Semua kemungkinan-kemungkinan ini masih terbuka. Tetapi bila nantinya Byson V2.0 Indonesia mendapatkan sentuhan desain yang sama dengan FZ-S. Kira2 pada setuju ngga ya ni.. Ayo ungkapkan pemikiran agan-agan sekalian di kolom comment di bawah. Selamat malam. Selamat istirahat.

Tuesday, November 25, 2014

5 Perubahan Besar Pada FZ-S (Byson) V2.0 - zigwheels.com


Kali ini saya akan membahas 5 perubahan besar pada All-new FZ-S atau Byson V2.0. Seperti yang dirangkum oleh zigwheels.com. Langsung aja deh saya beberkan kelimanya.
  • Headlight dan Fuel Tank

Lampu depan Byson versi kedua ini mendapatkan desain yang lebih tajam dan juga agresif, terlihat dari lekukan-lekukan tajam pada lampu depan. Selain lampu depan, bagian tangki juga mendapat sentuhan yang membuatnya terlihat lebih berisi dan maskulin. Tidak lupa Yamaha juga memberikan desain baru pada shroud dengan air intake yang cukup besar di bagian samping motor. Livery juga mendapatkan sentuhan baru yang senada dengan warna body.

  • All-New Taillight and Exhaust Design

Jika tadi kita membahas bagian depan dari motor ini, maka tidaklah lengkap tanpa membahas buntutnya. Yup, bagian lampu belakang dan knalpot pun mendapatkan pembaharuan desain yang dinamis yang membuatnya terlihat gagah dengan rear tire hugger yang lebih besar pula.

  • All-new Blue Core Tech Engine

Mesin baru mampu menghasilkan tenaga sebesar 13,1 PS dan torsi sebesar 12,8 Nm. Meskipun sedikit lebih inferior dibanding mesin lamanya, tetapi dapat dipastikan mesin lebih efisien dan tidak kalah galak dari mesin sebelumnya. Ini semua berkat Blue Core Tech yang diadopsinya.

  • Split Seater and All-New Tail Grip
Yup, sekarang Yamaha sudah mulai mengadopsi jok model split. Meskipun tetap menjadi satu, tetapi tetap terlihat apik dan juga rapi. Tidak lupa pegangan bagian belakang juga dimodifikasi dengan model yang lebih tajam dan kokoh.


  • Konsol Speedometer Terbaru
Setelah tadi kita membahas bagian depan, bagian belakang, mesin dan juga jok, bagian konsol speedometer ternyata juga mendapat sentuhan baru. Selain desain yang lebih simpel, Yamaha juga menambahkan eco-indicator yang membuat para penggunanya mampu menggunakan motor ini seefisien mungkin.


Sementara, ini saja yang bisa saya sampaikan kepada agan-agan sekalian. Sekian dari saya. Selamat malam.

Saturday, November 22, 2014

Harga Pertamax Turun Jadi 9950 Rupiah per Liter

Setelah beberapa hari lalu, harga solar dan premium naik, per hari ini harga pertamax ron 92 turun menjadi 9.950 rupiah dari harga sebelumnya yang di atas 10.000 rupiah. Praktis dengan turunnya harga BBM yang tidak biasa ini, membuat konsumen jadi berpikir 2-3 kali untuk membeli Premium. Pasalnya, harga Pertamax kini menjadi hampir berimbang dengan harga Premium. Hanya berbeda 1.450 rupiah, konsumen diberikan pilihan untuk menggunakan bahan bakar dengan kualitas yang lebih baik.

Pertamax menjanjikan performa yang lebih baik, serta pengapian yang lebih sempurna sehingga mampu membersihkan kerak-kerak di mesin dan membuat mesin bebas dari timbal dengan begitu mesin motor akan menjadi lebih awet dan tahan lama. Last, harga BBM yang turun di bawah 10 ribu ini terbilang langka dikarenakan harga minyak mentah yang turun, dengan begini masyarakat mendapatkan pilihan untuk menggunakan bahan bakar yang lebih baik. Sekian dari saya. Selamat siang dan happy weekend!

Kawasaki H2R, Ini Baru Motor Sport Tulen

Kawasaki memang tiada henti-hentinya menelurkan produk-produk berkualitas. Ninja H2R ini menjadi contohnya. Desain yang agresif dan futuristik kembali dihadirkan di sini. Dengan desain yang sekilas mirip dengan pesawat tempur F-16 mengingatkan kita kembali akan produsen sebuah kendaraan roda empat eksotik, yakni Lamborghini Reventon yang secara khusus memang didesain layaknya pesawat tempur.

Coba lihat air intake-nya yang besar dan gagah, lalu spionnya yang bagaikan sayap pesawat memastikan motor ini memiliki tingkat aerodinamika yang tinggi. Selain itu, motor ini memiliki tenaga buas, yakni 300 hp dan dijual dengan harga 50000 dollar. Ayo siapa yang tertarik..? Silahkan nabung dulu. Motor ini disediakan dalam dua jenis, yakni H2 dan H2R. H2 untuk motor jalanan atau street bike dan H2R untuk motor khusus sirkuit atau track bike.

Jika jadi masuk Indonesia, maka akan dijual dengan harga yang lebih mahal, yakni sekitar 600 juta untuk H2 dan 1,1 M untuk H2R cmiiw.. Last, tidak banyak yang bisa saya sampaikan. Jika agan-agan menginginkan motor dengan supercharger, motor ini bisa menjadi jawabannya.. Sekian. Semoga bermanfaat.

Friday, November 21, 2014

Lebih Sering Pake Rem Belakang, Koq Habis Rem Depan Dulu Ya..?


Saya sebagai penunggang New Vixion kali ini ingin nge-share hal yang terjadi pada motor saya. Mungkin dari agan-agan sekalian yang pernah mengalami hal yang sama atau lebih ngerti tentang masalah ini mungkin bisa di-share.

Saya memiliki NVL keluaran 2013, sampai sekarang saya telah mengendarai motor ini sejak kurang lebih 1 tahun 3 bulanan. Pada servis terakhir, yakni 1-2 bulan yang lalu dan dari pihak Yamaha merekomendasikan untuk segera mengganti kampas rem depan karena sudah mau habis. Yang saya pertanyakan, koq kampas rem belakang masih lumayan tebal dan masih bisa digunakan untuk 1 bulan ke depan..?

Apa karena Yamaha memang sengaja menebalkan kampas rem belakang. Tetapi dari harga jauh lebih mahal kampas rem depan, yakni 75 ribu rupiah untuk kampas rem depan dan 59 ribu rupiah untuk kampas rem belakang. Di samping itu, penggunaan rem belakang untuk motor saya sendiri boleh dibilang 'sadiss' imho.. wkwkwk.. Sering ngerem mendadak sampai ban 'geal-geol' sudah jadi santapan sehari-hari rem belakang. Padahal rem depan cuma dipakai sebagai 'assist' rem belakang.
Apakah agan-agan ada yang punya jawabannya..?

Prediksi sementara saya, rem belakang sering ngunci, sedangkan rem depan pemakaian normal. Apakah karena gesekan pada rem depan lebih besar karena jarang ngunci..? Inilah keganjilan yang ada di benak saya.. Semoga agan-agan sekalian dapat membantu. Mohon bantuannya.

Thursday, November 20, 2014

Galeri Singkat Z250SL Black


Setelah sudah cukup lama kehadirannya di Indonesia, tetapi sosok motor ini, belum sepenuhnya terlihat bersliweran di jalanan. Untuk itu bagi yang masih penasaran, berikut saya beberkan sedikit galeri dari motor sport 250cc ini. Tanpa banyak kata, silahkan cek gambar di bawah ini.. Motor ini semakin terkihat agresif dengan sasisnya yang menonjol keluar dan berwarna merah menyala.



KTM RC200 dan RC390


Setelah beberapa waktu lamanya, akhirnya KTM kembali meluncurkan produk sport mereka, yakni KTM RC200 dan RC390 yang masing-masing dijual seharga 59,5 juta dan 125 juta rupiah. Dari penampilan fisik, keduanya memang boleh dibilang kembar, tetapi spesifikasi yang dimiliki keduanya sudah sangat pasti berbeda.

KTM menjanjikan motor sport 200cc dengan kemampuan setara motor 250cc. Karena itu kabarnya, motor ini juga akan diikutkan dalam kejurnas motor 250cc. Selain bisa dipakai harian, motor ini ternyata juga sudah ready to race atau siap untuk balapan dengan fitur-fitur seperti suspensi upside-down, rangka ringan dengan tipe trellis yang ringan.


Untuk RC390 harga terpaut tinggi karena kena pajak barang mewah, tetapi dipastikan agan-agan tidak akan menyesal membeli motor satu ini. Secara spek RC200 mampu berhadapan langsung dengan Ninja 250, CBR 250 dan R25 dengan power sebesar 25 ps dan torsi 19,2 Nm. Kelebihan lain yang dimiliki keduanya adalah lampu twin projector dan stop lamp LED. Berikut galeri keduanya. Sekian dan selamat beraktivitas bro..!




KTM RC390

Wednesday, November 19, 2014

Ini Nih Versi Jepang dari R25


Mendapat gambar dari salah satu blog roda dua terbesar di Indonesia, yakni iwanbanaran.com, terpampang sebuah R25 yang nantinya akan diproduksi di Jepang sana. Coba deh agan-agan lihat pada gambar di atas, sebuah motor yang tidak asing lagi di mata kita, tetapi dengan pewarnaan yang lebih kuat dan berani.

Bagaimana tidak..? R25 satu ini memiliki striping yang berbeda dari versi Indonesia dengan warna kebanggaan Yamaha, yakni biru sporty. Tidak hanya pada warna tanki dan stiker, velg Yamaha R25 ini juga diberi sentuhan warna biru yang sesuai dengan striping body-nya.

Menurut agan-agan cakepan mana dengan versi Indonesia..? Itu saja yang bisa saya sampaikan sekarang. Selamat siang dan selamat beraktivitas..!

Tuesday, November 18, 2014

Sekilas Galeri Yamaha R25 Red


Setelah tadi berkunjung ke kampus untuk melakukan perform capoeira, saya menjelajah lokasi pameran di Unika Soegijapranata. Ternyata, pameran kali ini, ikut disponsori oleh Yamaha. Tak heran di sana dipajang sebuah Yamaha R25 berwarna merah cerah dikombinasi putih yang sangar.

Berikut sekilas galeri Yamaha R25 Red








Monday, November 17, 2014

Mio 125 Blue Core Ditujukan Untuk Value For Money


Jika Yamaha biasanya tampil dengan kesan sporty dan powerful-nya, kali ini Yamaha membidik sektor lain yang biasanya dibidik oleh pabrikan tetangga, yakni Honda dengan keiritannya dan segudang fitur. Yamaha menggunakan embel-embel blue core untuk menciptakan motor yang irit sekaligus bertenaga.

Dan kali ini yang cukup berbeda adalah Yamaha sepertinya lebih membidik sektor irit dibanding sektor yang biasanya digunakan Yamaha, yakni tenaga dan performa yang biasanya dibidik Yamaha. Contohnya, belakangan Yamaha mulai membuat jargon-jargon seperti MIO (Mau Irit Oke!), dsb.

Kali ini sepertinya Yamaha mencoba bermain di bidang lain, seperti Yamaha Byson versi 2.0 India yang sudah mulai menggunakan teknologi Blue Core dengan cara mengurangi kubikasi mesin, tetapi tidak mengurangi performa dan semakin irit. Apakah sektor ini yang akan dibidik Yamaha untuk selanjutnya..? Sepertinya begitu.. Selain irit, harga pun lebih terjangkau di kalangan 125cc. Ini akan membuat persaingan semakin seru dan variatif dengan adanya produk-produk baru. Sekian. Selamat beraktivitas..!

All New CBR 250 R. Masih Kalah Saing


Honda kembali meluncurkan varian 250cc nya, yakni Honda CBR 250 R DOHC single cylinder. Meskipun ditawarkan dalam bentuk yang menjanjikan seperti desain all new yang agresif, harga yang kompetitif (48 juta) dan lain sebagainya, ternyata semuanya itu belum cukup untuk menarik konsumen untuk membeli motor satu ini.

Salah satu blogger terkenal di Indonesia, iwanbanaran.com mencoba mencari tahu akar masalah dari kenapa penjualan motor satu ini kurang, dengan melakukan polling untuk membuktikan fakta yang sebenarnya terjadi di lapangan. Mas Iwan membagi kasusnya dalam 5 hal, yakni masalah dapur pacu satu silindernya, desain kurang menarik, harga terlampau mahal, merek dan pelayanan. Ternyata yang menjadi masalah utama adalah mesin 1 silindernya yang membuatnya kurang modern sebanyak 56%, kedua desain kurang sporty dan ketiga adalah harga yang terlampau mahal.

Inilah momok yang harus segera dibenahi dan pemilihan terutama dapur pacu, seharusnya dipertimbangkan matang-matang sehingga tidak berimbas pada penjualan nantinya. Sekian dari saya. Semoga bermanfaat..!
Sumber : iwanbanaran.com

Sunday, November 16, 2014

Yamaha Mio 125 Blue Core


Setelah sekian lama Yamaha memepertahankan produk matic unggulannya, yakni Yamaha Mio yang sudah terus berkembang hingga memiliki banyak varian, mulai dari Mio Soul untuk laki-laki, Mio J yang colorful hingga Mio GT yang gentle dan tough. Kali ini Yamaha kembali menghebohkan jagat roda dua dengan mengeluarkan Mio 125 versi blue core, teknologi terbaru Yamaha yang mengupayakan motor yang lebih hemat dengan tenaga yang tidak kalah dengan motor tanpa teknologi ini. Baca artikel selengkapnya di sini Blue Core Technology.

Disediakan dalam dua versi, yakni CW (Cast Wheel) dan versi spoke, Yamaha Mio 125 Blue Core sudah mulai ditunjukkan kepada publik sedikit demi sedikit. Untuk saat ini, baru lampu depannya yang futuristik yang dipertunjukkan. Semoga sedikit teaser di atas mampu menjawab sedikit rasa penasaran agan-agan sekalian. Sekian dari saya. Selamat sore..!

Yamalube Supersport, Oli Khusus YZF-R25 dan R15


Yamaha kembali mengeluarkan produk terbaru untuk oli mereka, yakni dengan mengeluarkan Yamalube Supersport. Oli ini akan sangat cocok untuk kedua motor keluaran terbaru Yamaha, yakni YZF-R25 dan juga YZF-R15. Meskipun diperuntukkan untuk motor sport fairing Yamaha, oli ini ternyata juga dapat dipakai untuk produ sport lainnya, termasuk moge-moge Yamaha seperti R6 atau motor bebek distinctive dari Yamaha, yakni Jupiter MX dikarenakan basis mesin yang hampir sama dan juga motor sport Vixion menurut yang saya baca dari blogger lain, yakni iwanbanaran.com.

Keunggulan oli ini adalah sesuai dengan iklim tropis di Indonesia dan juga kandungan JASO MA2 yang membantu mengurangi gesekan dan tidak mudah selip dan sangat cocok untuk Yamaha R25 dengan basis mesin DOHC. Dan juga ketahanannya terhadap oksidasi dan penguapan yang membuatnya tahan lebih lama.

Kecocokan terhadap Yamaha R25 dapat dilihat dari mesin DOHC-nya dengan 2 silinder yang mampu memberikan tenaga besar pada putaran mesin atas dibanding SOHC yang memiliki konfigurasi berbeda dari mesin DOHC. Harga yang ditawarkan adalah Rp 70.000,00 dengan grade oli 10W-40.
Ini saja yang bisa saya sampaikan saat ini. Semoga bermanfaat!

sumber : www.motodream.net

Saturday, November 15, 2014

Perbandingan Penggunaan Rem Dengan dan Tanpa ABS


Penggunaan ABS (Anti-Lock Braking System) saat ini memang sudah banyak digunakan pada kendaraan-kendaraan roda dua dan empat. Apa sih kegunaan rem ABS sesungguhnya..? ABS itu sendiri berarti sistem pengereman anti-terkunci. Yang dinamakan terkunci sendiri merupakan kondisi dimana tekanan kaliper kepada disk brake atau cakram rem terlalu besar sehingga mengunci dan menyebabkan kendaraan kehilangan cengkeraman.

Seperti contoh di atas kendaraan dengan sistem peranti ABS dapat mengurangi resiko selip yang menyebabkan kendaraan hilang kendali dan menabrak cone. Cone yang tertabrak bukan karena pengemudi tidak membelokkan setir, tetapi seperti gambar roda di atas, roda berbelok hanya saja selip yang diakibatkan roda terkunci membuat kendaraan di atas tidak dapat mengendalikan roda kemudi dan selip.

Beda bila dibandingkan dengan gambar pertama dimana ABS bekerja dengan pengereman maksimal, tanpa membuat roda terkunci sehingga kendaraan pertama dapat menghindar dengan baik. Kira-kira seperti itulah gambaran penggunaan rem ABS. Ini akan lebih efektif, terutama pada kendaraan roda dua yang notabenenya lebih mudah jatuh sehingga keamanan dan keselamatan pengendara dapat naik hingga 80%. Sekian dari saya. Semoga bermanfaat!

Thursday, November 6, 2014

Jupiter MX Hand Clutch dan Auto-Clutch

Seperti yang kita tahu, Yamaha menghadirkan Jupiter MX dengan dua varian, yakni model hand clutch dan auto clutch. Untuk membedakannya, maka Yamaha menggunakan pewarnaan dan striping berbeda. Untuk model hand clutch, maka penggunaan striping akan ada tulisan MX pada bagian samping body dengan empat pilihan warna, yakni Fiery Red, Shappire Blue, Emerald Green dan Shadow Black.

Untuk auto clutch, maka ada 3 pilihan warna yang tidak kalah keren, yakni Winter White, Aurora Purple dan Dessert Orange. Harganya pun bervariasi, mulai dari 16 jutaan untuk versi spoke wheel hingga 17 jutaan untuk versi cast wheel dan MotoGP livery. Semua ini semakin lengkap dengan fitur-fitur yang dimiliki Jupiter MX, seperti mesin 135cc, 5 percepatan, berpendingin cairan yang tangguh di kelasnya, selain itu, varian model kopling dan non-kopling membuat konsumen diberikan lebih banyak pilihan, mesin yang cukup irit (47.7 km/l), serta tingkat keamanan yang lebih tinggi dengan menggunakan rem cakram pada bagian depan dan belakang roda membuatnya lebih aman dikendarai.

Sayangnya, motor ini juga memiliki beberapa kelemahan, seperti sambungan yang cukup banyak pada body yang membuatnya memerlukan waktu lebih lama saat dibongkar, tidak adanya takometer dan bagian bagasi yang kurang memadai. Sepertinya itu saja yang bisa saya sampaikan hingga saat ini. Sekian dari saya. Semoga bermanfaat!

Wednesday, November 5, 2014

Jupiter MX Black Gold, Warna Terbaru dari Yamaha


Setelah beredarnya dua pilihan pewarnaan pada Jupiter MX, yakni model hand clutch atau kopling tangan dan auto-clutch atau kopling otomatis, kali ini Yamaha kembali mengeluarkan warna baru yang sejenis dengan warna limited edition Scorpio Z, yakni hitam emas. Penggunaan kedua warna ini terlihat ciamik dengan menggunakan warna emas tua.

Warna emas mendominasi bagian footstep dan juga rear handlebar membuat warna ini terkesan sesuatu. Sekian dari saya. Semoga bermanfaat.