Pages

Saturday, February 25, 2017

Hoverbike Scorpion-3, Motor Masa Depan


Setelah kurang lebih seminggu yang lalu kita membahas sebuah hoverbike hasil kerjasama BMW dan LEGO dengan menggunakan basis BMW R1200GS, kali ini kita membahas sebuah pabrikan yang memang berfokus pada kendaraan hover dengan basis sebuah quad-copter, yakni sejenis helikopter dengan 4 baling-baling. Bedanya mereka kali ini membuat motor single-seater yang dapat terbang. Dengan menggunakan tenaga listrik, proyek ini diberi nama Scorpion.

Mesin ini menggunakan udara untuk mengatur ketinggian dan arah. Untuk keselamatan, Scorpion mendapatkan program logika khusus, controller penerbangan dan juga pembatas kecepatan dan ketinggian.


Berikut dapat Anda saksikan, tim dari Hoversurf mendemonstrasikan penggunaan Hoverbike dengan bentuk yang sedikit kaku, namun dapat dioperasikan dengan baik. Proyek ini juga selangkah lebih maju untuk atlit, engineers, ilmuwan dan penemu di seluruh dunia. Sudah ada beberapa proyek yang dikembangkan, termasuk jetpack, Aerofex, E-Hang dan masih banyak lagi. Itulah setidaknya yang dapat saya sampaikan. Sekian dari saya. Semoga bermanfaat.

2018 KTM 790 Duke - Spyshot


Seperti terlihat di gambar, media sudah mulai melihat penampakan dari motor terbaru KTM, yakni Duke 790 yang, imho, akan diperkenalkan pada EICMA di Italia mendekati akhir tahun dan sudah ada di pasaran pada 2018 mendatang. Motor ini akan berhadapan langsung dengan Triumph Street Triple terbaru dan FZ-09 yang sudah mendapatkan pembaharuan. Selain itu, motorcycle.com juga menyebutkan pesaing dari MV Agusta, yakni Brutale dengan mesin 800cc.

Jika dilihat dengan seksama, KTM sudah menggunakan model lampu terkini dengan belahan pada bagian tengah dan running day light berbentuk unik. Hal yang terlihat, juga adanya panel di depan layar indikator dengan ukuran cukup besar. Bentuk body secara keseluruhan juga berbeda dengan tinggi bagian belakang tidak terlalu menungging. Pelek dan ban belakang juga terlihat memiliki diameter lebih besar dibanding bagian depan.


Foto ini diambil di Catalunya, Spanyol yang merupakan basis pengetesan pabrikan KTM. Menggunakan mesin parallel-twin LC8c dengan huruf terakhir alfabet 'c' berarti compact dengan aransemen mesin menggunakan putaran 270 derajat dan juga yang cukup menarik di sini adalah knalpot di bawah jok dan sudah memenuhi regulasi emisi Euro4. Dan juga KTM akan menyediakan versi up-spec, yakni versi R dengan power mencapai 82kW.

Sedangkan versi standar dibatasi pada 74,5kW untuk memenuhi standar lisensi A2 di Eropa. Lampu belakang terletak pada fender belakang dan juga menggunakan rem dengan kaliper Brembo dan suspensi WP. Untuk ban menggunakan ukuran 120/70-17 (depan) dan 180 pada bagian belakang.


Range harga yang diperkirakan berkisar $10.000 untuk versi standar dan $12.500 untuk versi R. Itulah setidaknya yang dapat saya sampaikan. Happy weekend!

Thursday, February 23, 2017

Michael Dunlop Menggunakan Suzuki GSX-R1000 di Isle of Man 2017


Dilansir dari motorcycle.com, pembalap Michael Dunlop akan menggunakan motor Suzuki GSX-R1000 di ajang balap bergengsi, sekaligus berbahaya, Isle Man of TT. Dunlop yang sebelumnya membalap untuk BMW dan sudah mencapai podium sebanyak 19 kali, kini mambalap untuk Suzuki. Meskipun memiliki rekor bagus di trek, tetapi Dunlop juga dikenal dengan attitude yang kurang baik dengan gaya balapnya yang agresif dan membuatnya bermasalah dengan berbagai organizer, tim balap, kompetitor dan juga saudaranya sendiri, William.

Pada 2015 lalu, Dunlop juga mengalami awal yang kurang baik dengan Yamaha dan memutuskan untuk kembali ke BMW pada saat latihan dan tahun ini beralih ke Suzuki. Tetapi dibalik itu, Dunlop mampu membalap dengan baik dan memecahkan rekor kecepatan rata-rata sebanyak 6 lap mencapai 209,7 km/j dan catatan waktu 1 jam 44 menit 14,259 detik pada trek sepanjang 363,7 km.

Pemenang 13 kali Isle Man of TT ini akan menjajal, GSX-R1000 terbaru pada hari ini sebelum kemudian ke Spanyol untuk tes di Cartagena dan Almeria. Dunlop mengatakan, ia berbicara dengan manajer tim, musim ini akan berbeda dan Steve Hicken (Manajer Tim) mengatakan sangat senang untuk bekerjasama dengan Dunlop dan mereka sudah bekerjasama cukup lama. Semoga saja musim ini menjadi musim yang baik. Sekian dari saya. Terima kasih.

Monday, February 20, 2017

(How-to) Pemahaman Cara Kerja Kopling


Berikut akan saya berikan penjelasan, bagaimana memahami cara kerja kopling pada motor. Hal pertama yang dapat saya sampaikan adalah, apakah Anda sering terpikir 'Mengapa motor dan mobil dapat melakukan 'setengah kopling'?' Dimana Anda dapat memperhalus dan mengurangi tenaga dengan kopling. Dan juga, kenapa saat kita terlalu banyak menggunakan kopling, seperti saat menanjak akan keluar asap?

Penjelasan sederhananya dikarenakan kopling menggunakan yang namanya Multi Plate Clutch, dimana terdapat dua jenis piringan yang disusun berselingan sekitar 3 piringan gerigi dalam dan 3 piringan gerigi luar.

Piringan Gerigi Luar (hitam) dan Piringan Gerigi Dalam (merah)

Saat tuas kopling kita tarik, maka pada bagian plat kuning akan melonggar sehingga setiap piringan akan ikut melonggar. Itu membuat setiap piringan bergesek bahkan lepas kontak dengan piringan lainnya sehingga mesin terus berputar, tetapi kelonggaran tiap plat akan berkurang dan berkurang hingga di plat paling luar piringan tidak akan bergerak. Sedangkan saat 'setengah kopling', terjadi gesekan. Dan akibat gesekan, maka tenaga mesin tidak akan keluar sepenuhnya, melainkan dikonversi semakin kecil pada setiap plat-nya yang hingga kendaraan dapat berjalan pelan dan halus, bahkan berhenti.

Ini sangat penting saat melewati tanjakan atau pergantian gigi. Untuk memperhalus tenaga pada mesin yang ingin disalurkan ke ban. Tanpa kopling, kinerja mesin akan sangat berat karena perputaran mesin harus tetap berjalan, sedangkan dibutuhkan penghalus agar mesin tidak kaget dan berhenti, seperti saat pertama kali belajar mengendarai motor kopling.

Sedangkan saat kopling dilepas, plat kuning akan merapat dan membuat setiap plat menjadi satu. Di sini roda mendapatkan traksi penuh dari tenaga mesin tersalurkan 100 persen tanpa gesekan. Ini dapat terjadi, jika kendaraan sudah melaju dengan stabil dan perputaran tenaga mesin sudah sesuai dengan kecepatan kendaraan.

Untuk lebih lengkapnya, Anda dapat menonton video di atas untuk penjelasan lebih rinci. Satu hal lagi, yang membuat kendaraan berasap saat 'setengah kopling' adalah karena terlalu banyaknya gesekan antara plat dan membuatnya cepat aus.

Sekian dari saya. Semoga bermanfaat.

Honda Integra, Skutik Sporty Bermesinkan 750cc


Jika Anda penggemar roda empat pasti akan bingung dengan artikel yang saya bahas kali ini karena di dunia roda empat, Honda pun mengeluarkan produk dengan nama sama, yakni Honda Integra yang merupakan sebuah mobil sedan dengan performa sport. Mungkin itu jugalah yang ingin ditanamkan Honda pada motor 750cc ini dengan nama yang sama, yakni Honda Integra 750. Motor ini sudah diperkenalkan pada EICMA 2015 dan sudah diproduksi pada 2016 kemarin.

Jika skuter besar rata-rata berpenampilan mewah dan elegan, Honda menawarkan konsep baru dimana motor ini menawarkan penampilan yang sporty dan berbeda dari skutik pada umumnya. Seperti yang dapat Anda lihat, Honda memberikan striping pada bagian body dan juga pada pelek. Selain itu, knalpot sporty dan juga ada lubang udara atau air intake pada bagian samping fairing. Mesin juga mendapatkan sentuhan metalik dan fender belakang layaknya motor sport.


Mesin yang digunakan adalah kubikasi 745cc, dua silinder dengan teknologi Dual Clutch Transmission sehingga dapat diatur dengan penggunaan manual maupun otomatis dan mesinnya sudah memenuhi standar emisi Euro4 dan mampu menghasilkan tenaga sebesar 40,3 kW pada 6.250 rpm dan torsi sebesar 68 Nm pada 4.750 rpm. Menggunakan pelek dengan banyak cabang membuatnya semakin jauh dari kesan mewah.

Untuk itu, Honda juga menggunakan ban ukuran 120/70-ZR17 M/C untuk bagian depan dan ukuran 160/60-ZR17 M/C untuk bagian belakang. Selain itu, untuk fitur keselamatan, Honda juga sudah menyematkan sistem pengereman ABS.

Lampu depan menggunakan LED dan layar LCD dengan berbagai informasi seperti posisi gigi, Eco Indicator hingga mode berkendara. Untuk kapasitas tangki mencapai 14,1 liter dengan transmisi 6-percepatan dan suspensi depan teleskopik ukuran 41mm, sedangkan menggunakan monoshock pada bagian belakang dengan lengan ayun Pro-link. Untuk faktor keselamatan, Honda menggunakan cakram ukuran 320mm pada bagian depan dengan kaliper 2-piston dan cakram ukuran 240mm dengan satu kaliper pada bagian belakang. Dibanderol dengan harga 160 jutaan, motor ini kabarnya memiliki harga di bawah T-Max. Sekian dari saya. Semoga bermanfaat.

Sunday, February 19, 2017

2017 KTM 1290 Super Adventure S


Untuk model 2017, KTM memang melakukan perombakan besar-besaran terhadap produk-produknya dengan lampu depan yang lebih berkarakter dan khas dengan lampu DRL panjang dari atas ke bawah. Setelah sebelum-sebelumnya membahas model naked-nya yang dijuluki dengan nama Super Duke dengan kubikasi mesin yang sama. Beberapa yang berbeda dari model sebelumnya adalah mesin 1301cc yang sudah memenuhi standar emisi Euro-4 tanpa pengurangan tenaga dan torsi, yakni sebesar 118 kW untuk power dan torsi 135 Nm. Juga dilengkapi dengan bantuan berkendara, 4 riding modes, kontrol traksi dengan sensitivitas saat motor merebah dan cornering ABS.


Dijual dengan dua pilihan warna, KTM tetap mempertahankan ciri khas dari pabrikan ini dengan adanya aksen warna oranye pada warna hitam dan juga putih. Beberapa fitur yang dimilikinya adalah USB Phone Socket tahan air, layar instrumen berukuran 6,5 inci yang dapat diatur dengan tombol pada bagian kiri stang. Tersedia juga ABS, riding modes dan kontrol traksi untuk off-road.

Sedangkan untuk sasis-nya, KTM menggunakan sasis trelis berbahan baja Chromium-Molybdenum dan suspensi depan semi-active model terbalik dengan ukuran diameter 48mm dan semi-active monoshock untuk bagian belakang. Sebagai fitur keselamatan, KTM menggunakan rem depan cakram ganda dengan kaliper 4-piston dari Brembo, sedangkan untuk bagian belakang menggunakan kaliper Brembo 2-piston dengan ukuran cakram 267mm.

Dry weight-nya mencapai 215 kg dengan ukuran tangki yang dapat memuat bahan bakar mencapai 23 liter. Suspensi semi-aktif dapat digunakan pada 4 macam mode, yakni Comfort, Street, Sport dan Off-road.

Itulah setidaknya yang dapat saya sampaikan. Sekian dan terima kasih.

Tren Winglet Pada Motor Fairing Tanah Air


Tren memang tiada habisnya, mulai dari inovasi baru yang kreatif atau bahkan hanya sekedar mengotak-atik kondisi yang ada menjadi sebuah hal yang baru. Begitu pula yang dialami oleh tren modifikasi yang dialami Indonesia. Jika musim lalu, MotoGP menggunakan ini untuk menambah sisi aerodinamika dari motor, para modifikator Indonesia memanfaatkannya untuk meningkatkan penampilan motor. Tren ini dilakukan pada motor-motor fairing di Indonesia, seperti R15, R25 dan Ninja 250.

Harga yang ditawarkan sekitar 150-200 ribu dengan bahan fiber. Dan pemasangannya pun cukup mudah dengan penambahan dudukan saja. Berikut beberapa gambarnya.



Meskipun secara bentuk cukup meyakinkan, tetapi tidak ada pengaruh khusus terhadap penambahan benda ini. Seperti yang saya sampaikan di awal, modifikasi ini hanya sebagai penunjang penampilan saja. Sekian dari saya. Terima kasih.

2017 MotoGP: Teknik Baru Pengganti Winglet


Musim lalu merupakan musim yang berbeda dimana motor-motor yang akan bersaing di MotoGP mendapatkan inovasi dimana mereka dapat meningkatkan akselerasi dengan menghilangkan sisi minus dari hal itu, yakni menggunakan winglet agar downforce (tekanan ke bawah) meningkat dan membuat ban depan tidak terangkat. Di satu sisi, ini merupakan sebuah berita baik, namun di sisi lain, winglet menjadi sebuah benda berbahaya yang bahkan menjadi 'pisau' berjalan. Tidak hanya dapat melukai pengendara, tetapi juga efek turbulensi yang diterima oleh pengendara dibelakangnya membuat benda ini dilarang untuk digunakan.

Sebagai gantinya, mereka berinovasi dengan memberikan layer atau lapisan yang terlihat lebih menyatu dan aman ketimbang winglet dan membuat motor terlihat lebih besar dan berisi. Hal ini pertama kali ditunjukkan oleh Yamaha pada hari tes kedua di Sepang dengan menggunakan fairing dengan sisi ganda.


Berbeda dengan Yamaha, Aprilia menggunakan semacam lubang udara dengan bentuk horizontal, ketimbang lapisan vertikal. Begitu pula dengan Suzuki, menggunakan lubang udara vertikal dengan letak yang lebih ke atas dibanding milik Yamaha. Mereka semua diberi pilihan untuk menggunakan aturan ketat pada bagian fairing yang membuat semua tim memiliki bentuk yang hampir sama atau kebebasan akan pemilihan bentuk fairing yang sesuai dengan keinginan tim.


Aprilia mengalami sedikit masalah dengan adanya perbedaan top speed sebanyak 9 km/j dari tim lainnya sehingga pembalap mereka, Aleix Espargaro berpendapat, bahwa sedikit downforce akan sangat baik, tetapi bila terjadi pengurangan top speed, bahkan 2-3 km/j saja, ia tidak akan menggunakannya. Sedangkan tim Suzuki, Alex Rins, merasakan perbedaan dengan berkurangnya wheelie. Tetapi ini baru permulaan, masih banyak yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kefektivitasannya.

Itulah sekiranya yang dapat saya sampaikan. Sekian dan terima kasih,

Saturday, February 18, 2017

Hover R1200GS, Motor Kolaborasi BMW dan Lego


BMW dan Lego bekerjasama untuk membuat motor masa depan berbasis BMW R1200GS. Seperti namanya, Hover R1200GS, motor ini dapat melayang. BMW menggunakan berbagai mekanisme yang digunakan oleh motor ini, seperti suspensi depan model Telelever hingga mesin boxer 2 silinder khas BMW. Motor ini merupakan kolaborasi pertama Lego Technic Model dengan perusahaan roda dua. Ide dari kolaborasi ini muncul akibat adanya kesamaan dari dua perusahaan ini yang selalu berusaha menggabungkan inovasi dan tradisi di setiap produknya dan memberikan pengalaman tersendiri bagi penggunanya.


Konsep yang digunakan adalah sebuah model futuristik, dibuat dengan penuh emosi dan energi kreatif dengan teknologi yang ada saat ini. Pembuatan kendaraan ini melibatkan BMW Junior Company Munich. Dengan pekerja tahun kedua dan keempat mereka berusaha menggabungkan berbagai macam bagian yang ada pada BMW R1200GS Adventure untuk membuat kendaraan Hover dengan ukuran asli. Bahkan mereka membuat baling-baling depan dari pelek depan yang dimodifikasi.

Kendaraan ini sudah diperkenalkan pada Lego World di Copenhagen pada 16 Februari kemarin. Itulah setidaknya yang dapat saya sampaikan. Sekian dari saya. Semoga bermanfaat.

Friday, February 17, 2017

7 Hal Menarik yang Ada pada Ducati Supersport


Dilantik dari website motorcycle.com, mereka menjabarkan 7 hal yang mungkin Anda tidak tahu dari Ducati Supersport. Cukup menarik untuk dibahas sebagai informasi ekstra atau sekedar menambah pengetahuan Anda tentang jagoan baru Ducati ini. Langsung saja ke topik pembahasan.

1. Ducati Supersport untuk Touring


Ducati Supersport memang merupakan sebuah superbike, tetapi menurut manajer produksi dari Supersport, Paolo Quattrino, menganggap motor ini lebih mengarah ke sebuah motor dengan model yang lebih sporty dari sebuah motor sport-touring, bukan sebuah entry-level Panigale.

2. Biker yang Ingin Mencicipi Motor Sport Kelas Berat


Ducati memiliki grup fokus yang berada di Italia dan Amerika. Dan dari pembicaraan dalam grup didapatkan kesimpulan bahwa pembeli utama Ducati Supersport adalah mereka yang sebelumnya menggunakan motor streetbike (naked) kelas menengah dan menginginkan sportbike (faired) yang ramah bagi mereka saat beralih ke Ducati Supersport.

3. Passenger Seat Lebih Empuk


Seperti karakteristik motor sport yang berfokus pada performa dibanding kenyamanan, Ducati ingin mencoba merubah stigma itu. Khususnya untuk penumpang, Ducati menawarkan aksesoris jok pembonceng dengan ukuran 10mm lebih tebal untuk kenyamanan ekstra.

4. Jangka Waktu Servis Berkala Motor


Ducati sebelum-sebelumnya pernah memiliki masalah dengan jangka waktu servis yang sangat pendek karena mesinnya membutuhkan pengaturan secara berkala. Saat ini Ducati sudah melakukan perbaikan sehingga mesin desmo-nya membutuhkan perawatan setiap 28.000 km dan penggantian oli setiap 14.000 km atau setiap 12 bulan, tergantung mana yang lebih cepat.

5. Sudut Rebah Mencapai 48 Derajat


Sebuah motor MotoGP dengan pembalap terlatih dapat merebah hingga pada kemiringan 60 derajat. Sedangkan Ducati mengklaim motor barunya ini dapat menembus sudut 48 derajat. Semua ini berkat ban Pirelli Diablo Rosso III dengan ukuran depan 120/70-17 dan 180/55-17 untuk bagian belakang.

6. Pesaing di Kelas-nya?


Ducati mengatakan bahwa Ducati Supersport memiliki kelas dan segmentasi berbeda sehingga tidak memiliki pesaing yang benar-benar cocok untuk dibandingkan, tetapi jika ingin disandingkan, Suzuki GSX-S1000F yang paling mendekati.

7. Ekstra Tenaga untuk Ducati Supersport


Menginginkan power dan tampilan lebih baik? Ducati juga menawarkan sistem pembuangan penuh dari Akrapovic yang terbuat dari titanium dan terletak di bawah jok dan pengaturan ECU untuk pembakaran yang lebih baik.

Setidaknya itu saja yang dapat saya sampaikan. Happy Weekend all!

Thursday, February 16, 2017

Sistem Automatic Emergency Braking oleh Honda


Pertama-tama, artikel ini memiliki keterkaitan dengan roda empat, dimana teknologi yang akan dibicarakan akan diaplikasikan pada kendaraan roda dua. Perkenalkan Automatic Emergency Braking yang dikembangkan dan sudah dipatenkan oleh Honda yang pada roda empat dijuluki dengan Collission Mitigation Braking System. Sebuah sistem yang akan melancarkan pengereman darurat secara otomatis dengan menganalisa adanya potensi untuk terjadinya benturan di depam.

Fitur ini bekerja saat sensor merasakan adanya potensi untuk terjadi tabrakan, lalu menganalisa apakah rider sudah siap untuk mengerem. Jika tidak, fitur ini akan berfungsi dengan melakukan pengereman otomatis secara seimbang pada rem depan dan belakang.

Pada video dibawah ini akan mendemonstrasikan penggunaan CMBS. Agar fitur ini dapat bekerja dengan baik dibutuhkan kombinasi dari gelombang radar dan juga kamera untuk menentukan potensi tabrakan dari depan kendaraan.


Cara kerja fitur ini adalah menggunakan rem belakang terlebih dahulu hingga batas rem agar motor tidak condong ke depan. Saat rem belakang sudah bekerja pada titik maksimal, fitur ini kemudian menggunakan rem depan untuk membantu pengereman dan terus berlanjut hingga motor benar-benar berhenti.

Itu sekiranya yang dapat saya informasikan. Sekian dan selamat malam.

Wednesday, February 15, 2017

2017 CB500X, Kali Ini Giliran Motor Adventure Honda Beraksi


Setelah kemarin membahas dua motor kubikasi sama beda jenis dari Honda, yakni CB500F dan CBR500R yang merupakan streetbike dan juga sportbike  keluaran pabrik sayap merah, kini giliran motor berjenis Adventure yang mendapatkan sentuhan baru dengan grafis yang menarik dengan windshield lebih tinggi, tangki bahan bakar dengan kapasitas lebih besar, lampu LED, garpu depan yang dapat diatur dan juga sudah memenuhi standar emisi Euro-4.

Tidak berbeda dengan model lainnya, mesin 471cc-nya dapat menghasilkan tenaga sebesar 35kW. Untuk warnanya sendiri terdapat 5 pilihan warna, yakni Sword Silver Metallic, Candy Rose Red dan Nitric Orange, Pearl Horizon White dan Matte Gunpowder Black.




Berbobot 193 kg, Honda memberikan garpu depan teleskopik berukuran 41mm dan suspensi belakang Pro-Link, juga pelek dengan ukuran sama dengan model lainnya, yakni 17 x 3,5 inci (depan) dan 17 x 4,5 inci (belakang). Dan rem cakram bergelombang ukuran 320mm dengan kaliper 2-piston pada bagian depan dan cakram ukuran 240mm dengan kaliper 1-piston pada bagian belakang. ABS menjadi fitur opsional dengan tambahan $300 dibanding versi standar.



Posisi berkendara juga dibuat nyaman dengan posisi stang cukup tinggi sehingga bobot tubuh tidak terbebani di tangan yang akan menyebabkan kelelahan lebih awal, dimana motor ini diperuntukkan untuk jarak jauh sehingga kenyamanan berkendara sangat diperhatikan oleh Honda.

Sekian dari saya. Semoga bermanfaat.

2017 Honda CBR500R, Jagoan Kelas Middleweight Honda


Setelah tadi kita membahas motor naked 500cc dari Honda, kini kita beralih ke sportbike-nya dengan kubikasi mesin yang sama, yakni Honda CBR500R dengan desain sporty dan berkelas. Bagi Anda yang menginginkan moge dengan harga lebih terjangkau, namun tetap menginginkan performa powerful Anda dapat beralih ke kelas 500cc dibandingkan langsung membeli model 1000cc. Dengan mesin silinder ganda, motor ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 35 kW pada 8.500 rpm dan torsi 43 Nm pada 7.000 rpm. Semua ini disalurkan dengan sistem transmisi  percepatan.


Tidak banyak perbedaan di sektor mesin jika dibandingkan dengan motor kubikasi sama, beda jenis seperti CB500F dan CB500X. Perbedaan lebih ke arah fisik dan bobot yang mencapai 195 kg untuk model R. Suspensi masih menggunakan model teleskopik ukuran 41mm dengan pangkal berwarna biru alumunium. Sedangkan untuk bagian belakang, Honda menggunakan Pro-link monoshock yang memiliki 9 mode pengaturan.

Untuk warna sendiri, terdapat 4 pilihan, yakni Graphite Black dikombinasikan dengan Candy Energy Orange, kemudian Milleium Red, Pearl Metalloid White dan Matt Gunpowder Black. Hadir dalam dua pilihan dengan dan tanpa sistem pengereman ABS. Untuk pelek menggunakan alumunium berbentuk Y ukuran 17 inci dengan lebar 3,5 inci dibalut ban berukuran 120/70-ZR17 pada bagian depan dan pelek lebar 4,5 inci dan ban berukuran 160/60-ZR17 pada bagian belakang. Keduanya dibekali rem cakram ukuran 320mm pada bagian depan dengan kaliper 2-piston dan 240mm pada bagian belakang dengan kaliper 1-piston pada bagian belakang.



Beberapa fitur utamanya adalah lampu LED ganda pada bagian depan dengan knalpot stainless steel dan mesin DOHC dua silinder, suspensi belakang Pro-link dengan sasis baja dan layar LCD full-digital. Itulah sekiranya yang dapat saya sampaikan. Sekian dan terima kasih.

Tuesday, February 14, 2017

2017 CB500F Dengan 5 Warna Menarik

Millenium Red

Honda dengan platform 'Big Wing' di Indonesia, mencoba menerobos pasar moge dengan menjual varian motor dengan kelas middleweight hingga heavyweight yang selama beberapa tahun sebelumnya cukup terbatas dan saat ini dimudahkan dengan dealer resmi menjual secara langsung produk yang tergolong dalam kendaraan CBU. Dua model yang mendapatkan penyegaran adalah CB500F dengan mesin 471cc DOHC berpendingin cairan parallel-twin yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 39kW dan torsi sebesar 43Nm dengan transmisi 6-percepatan untuk penyaluran tenaga yang optimal.

Sudah dilengkapi dengan lampu LED pada bagian depan dan belakang. Warna disediakan dalam lima pilihan, yakni Matte Gun Powder Black, Lemon Ice Yellow, Millenium Red, Candy Energy Orange dan Pearl Metalloid White untuk produk global, tetapi Honda Indonesia, baru mengumumkan warna merah dan hitam saja.
Lemon Ice Yellow 
 Matte Gun Powder Black
 Pearl Metalloid White
Candy Energy Orange

Suspensi menggunakan ukuran 41mm untuk bagian depan dan Pro-link dengan 9 pengaturan berbeda untuk kenyamanan berkendara. Dilengkapi rem depan piston ganda dengan cakram berukuran 320mm dengan model bergelombang dan satu piston pada bagian belakang dengan ukuran cakram 240mm. Ban depan menggunakan ukuran 120/70-17 dan belakang 160/60-17.


Selain penggunaan dua warna berbeda pada bagian shroud dan panel samping jok, Honda juga menambahkan striping garis dengan warna senada. Itulah setidaknya yang dapat saya sampaikan. Sekian dari saya. Semoga bermanfaat.

Monday, February 13, 2017

2017 Hyosung GD250R, Sportbike Anyar Korea


Setelah belakangan ini mencari-cari topik-topik baru yang fresh. Dan saya akui tidak mudah untuk setiap harinya menyajikan artikel-artikel baru, ternyata setelah saya membuka situs roda dua, motorcycle.com, saya mendapatkan topik baru yang cukup mengagetkan. Dimana sebuah pabrikan roda dua, Hyosung, yang lama tidak beredar kabar, ternyata secara mengejutkan memperkenalkan model terbaru untuk sportbike 250cc. Tanpa basa-basi, Hyosung mengirimkan motor terbarunya ke redaksi motorcycle.com.

Cukup mengejutkan karena belakangan ini kita disibukkan dengan pemberitaan motor-motor Jepang, seperti Honda CBR, All-new R15 hingga Suzuki GSX series. Entah dari mana, tiba-tiba Hyosung sudah menyiapkan motor baru dengan penampilan yang mengundang decak kagum. Desain maskulin dengan sasis tralis, knalpot underbelly dan shock arbsorber warna putih terang. Entah apa alasannya, Hyosung menggunakan mesin satu silinder dibanding V-twin pada model sebelumnya.

Mesinnya dapat menghasilkan tenaga sebesar 23,44 HP pada 8.900 rpm, berbeda dari model sebelumnya yang mencapai 25,2 HP pada 9.700 rpm. Sedangkan untuk torsi hampir berimbang dengan 21,1 Nm untuk model terbaru dan 20,8 Nm pada versi sebelumnya. Tetapi yang menjadi poin penting di sini adalah Hyosung membuat bobot motor ini turun menjadi hanya 159 kg dari 188 kg.


Tampilannya cukup meyakinkan, begitu juga pada fitur-fiturnya, seperti rem depan berukuran 300mm dengan kaliper 4-piston dan untuk bagian belakang menggunakan ukuran 230mm dengan kaliper 2-piston. Untuk bannya sendiri menggunakan ukuran 110/70-R17 54S (depan) dan 150/60-R17 66S untuk bagian belakang. Suspensi depan menggunakan model upside-down dengan diameter 37mm.

Itulah setidaknya yang dapat saya sampaikan. Sekian dari saya. Semoga bermanfaat.

Sunday, February 12, 2017

2017 Yamaha Aerox 155 VVA, 3 Versi Sporty Scooter


Seperti yang diberitakan beberapa waktu yang lalu, Yamaha sempat memperkenalkan model terbaru dari skuter sporty yang akan menjadi lawan tangguh dari Vario 150cc. Lebih dulu dikenal dengan nama NVX 155 di Malaysia, ternyata Yamaha memang tidak tanggung-tanggung membuat sebuah skutik 155cc dengan tampilan yang 'wah'. Terlihat dari berbagai fitur yang ditawarkan oleh motor ini, seperti lampu LED depan dan belakang, layar display LED berukuran 5,8 inci, terdapat power socket untuk mengisi daya smartphone Anda dan juga ban lebar depan-belakang berukuran 110/80-14 (depan) dan 140/70-14 (belakang) dengan alur berkarakter.



Menggunakan teknologi VVA, ternyata Yamaha memberikan setting-an berbeda dengan R15 yang menggunakan mesin identik. Mesin R15 akan menggunakan VVA pada 7.500 rpm dan ada kemungkinan kesamaan dengan Aerox, N-Max menggunakan teknologi ini pada putaran 6.000 rpm. Meskipun begitu, Yamaha tergolong sedikit inferior di bagian mesin. imho. Dengan tetap menggunakan mesin SOHC, namun strategi ini dapat digunakan untuk mengurangi ongkos produksi dan juga kelebihan mesin tipe ini yang lebih irit dan juga bagus di putaran bawah.

Untuk versi standar, Yamaha memberikan 3 pilihan warna, yakni merah, kuning dan hitam dengan grafis yang menarik dan berani, serta perpaduan warna yang kontras dan dilepas pada harga 21.850.000 rupiah.


Sedangkan untuk yang setingkat lebih mahal, Yamaha menyediakan R-version dengan tabung pada suspensi belakang, cakram rem depan yang bergelombang dan juga warna khas Yamaha, yakni Racing Blue dengan pelek berwarna biru dan juga kombinasi warna biru dan putih pada bagian body. Motor ini dilepas pada harga 23.750.000 rupiah.


Sedangkan untuk yang termahal, Yamaha menyediakan S-version yang tampil lebih simpel tanpa banyak grafis dan warna didominasi oleh biru untuk Matte Blue, juga warna lainnya yakni putih. Kelebihan yang ditawarkannya, Yamaha memberikan fitur Smart Key System yang canggih dan juga sudah menggunakan sistem pengereman ABS dan juga Start Stop System yang bekerja seperti Idlig Stop System pada Honda untuk mengurangi penggunaan bahan bakar.

Ketiga model ini memiliki kapasitas bagasi mencapai 25 liter dan mesin 155,1cc yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 11kW pada 8.000 rpm dan juga torsi sebesar 13,8 Nm pada 6.250 rpm. Untuk versi terakhir ini, Yamaha mematok pada harga 26.150.000 rupiah.



Sekian dari saya. Semoga bermanfaat.