Pages

Tuesday, November 29, 2016

Teknologi ConnectedRide dan Bosch mySpin pada Motor BMW

Sumber : BMW

Jika kita lihat beberapa tahun terakhir ini, teknologi pada kendaraan berkembang pesat, terutama untuk roda empat dimana memiliki space lebih luas sehingga pemasangan teknologi dan fitur-fitur menjadi lebih mudah.. Sebut saja beberapa fitur dan teknologi yang sudah ada di kendaraan roda empat, seperti audio, airbag dan head unit.. Itulah yang dipikirkan oleh BMW, dimana memasukkan teknologi-teknologi tersebut dalam sebuah kendaraan roda dua yang lebih kecil, menjadikan masalah ketertinggalan teknologi..

Meskipun begitu, beberapa teknologi pada roda empat sudah mulai dimasukkan, seperti engine starter berupa tombol, teknologi keyless dan BMW memasukkan fitur ConnectedRide, dimana seperti head unit pada mobil yang sekarang ini dapat memberikan navigasi, menelepon, memutar musik yang terhubung dengan smartphone Anda.. Tanpa menghilangkan fitur utama berupa informasi kecepatan kendaraan, putaran mesin dan sebagainya..

Dengan terhubungnya smartphone dan motor, pengendara dapat mengakses berbagai aplikasi dan media melalui layar pada motor.. Ducati sudah mulai menggunakan teknologi ini dengan Bluetooth Connectivity System yang memiliki fungsi sama..

Sumber : Rever

Dengan menggunakan display TFT, teknologi ini dapat diakses dengan berbagai tombol pada stang.. Menerima telepon dan lain sebagainya dengan sentuhan tangan.. Teknologi ini berkolaborasi dengan Bosch  SoftTec dengan platform mySpin yang menghubungkan aplikasi smartphone dengan head unit.. Tidak hanya itu, Bosch ternyata juga ber-partner dengan Rever, sebuah aplikasi dan website yang bekerja pada bidang perekaman rute berkendara sehingga akan mengaplikasikan informasi peta dan rute jalan sehingga tidak perlu lagi adanya GPS di stang motor Anda..

Dengan Rever disediakan pula fitur Route Discovery dan Friend Finder yang akan terkoneksi dengan media sosial.. Seperti gambar di bawah..

Sumber : BMW

Seperti pada motor-motor premium yang sudah menggunakan Bosch ABS, Bosch mySpin juga nantinya akan ada pada kebanyakan motor.. Setidaknya itulah yang dapat saya sampaikan.. Sekian dan terima kasih..

Sunday, November 27, 2016

2017 Ducati Monster 1200 S, Jawaban Ducati Akan Motor Street 1200cc


Setelah munculnya Ducati 1299 Superleggera yang tampil dengan berbagai parts dan komponen ringan terbuat dari carbon fiber, kali ini Ducati menyuguhkan motor naked street-nya dengan tampilan warna abu-abu.. Sejak kemunculan pertamanya pada 1993, Ducati Monster mengalami berbagai macam perubahan.. Dan pada versi terakhir, Ducati berusaha menampilkan sebuah motor naked dengan performa tinggi.. Selain itu, tampil dengan teknologi terkini, seperti layar LCD full-colour dan garis desain yang lebih tajam pada bagian tangki dan belakang..

Membuatnya 20mm lebih pendek pada bagian belakang dan tangki 7mm lebih ramping, wheelbase-nya pun 25mm lebih pendek menjadi 1486mm berkat swing arm satu sisi model terbaru.. Wheelbase dan steering yang mendapatkan perubahan membuat motor ini semakin lincah dan mudah dikendalikan, didukung komponen ban Pirelli Diablo Rosso III..


Selain itu juga dengan knalpot model baru dan pijakan pembonceng yang baru dan lampu yang lebih bulat.. Throttle body diperbesar menjadi 56mm dari 53mm, kompresi mesin pun meningkat menjadi 13,0:1 dari sebelumnya 12,5:1.. Sudah memenuhi kriteria standar emisi Euro 4 dan mesinnya mampu menghasilkan 150 HP pada 9.250 rpm dan torsi 126,2 Nm pada 7.750 rpm sehingga 15 HP lebih bertenaga dari Monster 1200 saat ini.. Juga dilengkapi dengan Cornering ABS dan Ducati Wheelie Control terbaru dan Quickshifter..

Untuk garpu depan menggunakan Ohlins 48mm dan belakang model single dari pabrikan yang sama.. Untuk pengereman menggunakan kaliper Brembo M50 dengan cakram 330mm.. Beberapa kompetitornya adalah KTM 1290 Super Duke R, Yamaha FZ-10 dan Aprilia Tuono V4 1100.. Motor ini dijual seharga 232 jutaan, sedikit lebih mahal dibanding warna merah tipe S seharga 230 jutaan dan versi 1200 standar seharga 199 juta.. Sekiranya itu yang dapat saya sampaikan.. Semoga bermanfaat..




Saturday, November 26, 2016

Artificial Intelligence untuk Motor Kawasaki


Impossible is nothing.. Itulah mungkin yang ingin Kawasaki sampaikan untuk mewujudkan hal-hal yang dulunya hanyalah sebuah fiksi.. Masih ingat dengan serial TV yang cukup populer pada tahun 80 hingga 90-an dimana sebuah mobil yang dapat bereaksi layaknya manusia, berkomunikasi dan berjalan sendiri, serta dapat menganalisa keadaan jalanan.. Kawasaki berusaha mewujudkannya dengan membuat kecerdasan buatan yang dapat memahami bahasa dan melaporkan kondisi kendaraan..


Meskipun tidak seutuhnya seperti manusia, kecerdasan buatan ini sudah setingkat lebih maju dengan pengaplikasiannya pada kendaraan, dimana sebelum-sebelumnya sudah dilakukan pada smartphone seperti Siri pada Apple dan aplikasi-aplikasi yang dapat berinteraksi dengan manusia.. Bertemakan Rideology A.I., proyek ini sudah berjalan cukup lancar seperti pada video di bawah, dimana sistem ini berkolaborasi dengan Internet Communications Technology (ITC) untuk menganalisa lingkungan sekitar..


Fitur ini akan memiliki kepribadian yang akan membantu pengendara men-setting motornya secara otomatis menyesuaikan keinginan pengendara.. Seperti pada video, kecerdasan buatan ini dapat menganalisa jalanan untuk membantu pengendara keluar dari kemacetan, mendeteksi adanya kendaraan dari arah berbeda, memberikan saran penggunaan riding mode berdasarkan kondisi jalanan, memberitahu adanya tikungan, memprediksi cuaca dan mengirimkan data setelah berkendara yang dapat dikirim ke smartphone dan memberikan informasi chat dan telepon dari smartphone, serta membalas chat tersebut.. Itu saja yang dapat saya sampaikan.. Sekian dan semoga bermanfaat..

Wednesday, November 23, 2016

2017 Honda Rebel 300 dan 500, Motor Cruiser ber-cc Kecil


Apa jadinya jika motor cruiser yang biasanya diproduksi oleh pabrikan besar seperti Harley Davidson dan Victory dari Amerika, dibuat versi lightweight-nya dengan harga yang terjangkau dan kualitas terjamin dari pabrikan Jepang.. Itulah sepertinya yang ingin disasar oleh Honda, pabrikan H-D biasanya menyasar untuk motor kelas menengah menuju kelas berat.. Kubikasi paling kecil yang diproduksi H-D adalah Street 500.. cmiiw.. Dan pasar 300-500cc untuk cruiser masih berada di ranah blue ocean, dimana kompetitor masih sedikit.. imho..

Oleh karena itu, dengan kehadirannya setelah sekian lamanya sejak pertama kali diproduksi pada 1985, Honda Rebel muncul dengan konsep Bobber dengan harga terjangkau dan tampilan menarik.. Akan sulit dibedakan karena satu-satunya yang membedakan Rebel 300 dan 500 adalah mesinnya.. Untuk ukuran ban tetap menggunakan ukuran 130/90-16 untuk bagian depan dan 150/80-16 untuk bagian belakang.. Mesinnya menggunakan milik CBR300R dengan kubikasi 286cc, satu silinder, berpendingin cairan..


Sedangkan untuk Rebel 500 menggunakan mesin CBR500R dengan kubikasi 471cc berpendingin cairan parallel-twin.. Tangkinya mampu menampung 11,3 liter bahan bakar dengan speedometer LCD negatif pencahayaan biru.. Posisi berkendaranya nyaman dengan ketinggian jok berkisar 690mm dengan sasis teralis, dilengkapi garpu depan diameter 41mm, Honda mengklaim beratnya mencapai 165 kg untuk Rebel 300 dan 185 kg untuk Rebel 500.. Untuk harganya sendiri, Rebel 300 dipatok pada 59 jutaan dan 81 juta untuk versi 500.. Terdapat 4 pilihan warna mulai dari matte silver, big red, bright yellow dan black matte..

Sekian dari saya.. Semoga bermanfaat..

Tuesday, November 22, 2016

2017 Ducati Hypermotard 939 SP, Dirt Bike Legal Jalanan


Seiring berkembangnya waktu, power menjadi hal yang mutlak diperlukan terutama untuk kendaraan yang ditujukan untuk performance, seperti mulai munculnya superbike di atas 1000cc.. Begitu pula, salah satu motor produksi Ducati yang dijuluki dirt-bike legal jalanan.. Pada umumnya, dirt-bike tidak dapat digunakan di jalan dan hanya dapat digunakan untuk off-road.. Dengan tidak adanya perlengkapan standar seperti lampu dan spion yang wajib digunakan pada motor standar, muncullah motor-motor enduro, trail dan juga motard..

Seperti pada model Hypermotard yang mengalami pembesaran kubikasi mesin menjadi 937cc Testastretta 11 derajat L-Twin, dari yang sebelumnya 821cc.. Yang menjadi masalah disini, pada 2014 lalu, motorcycle.com menjajal Hypermotard SP dan MV Agusta Rivale untuk dites dan hasilnya, mesin Tre Pistone dari Rivale mengungguli Hypermotard.. Bisa saja Hypermotard unggul dengan pengendara yang memiliki skill, tetapi sedikit saja lengah, Rivale akan menghilang..


Dengan meningkatnya kubikasi mesin, maka Ducati mematok harga $600 sekitar 8 juta lebih mahal dari versi 2015 yang membuatnya mendekati harga $16.000 sekitar 214 jutaan dengan tiga tenaga kuda tambahan menjadi 101,2 HP pada 8.700 rpm dan 6,4 lb-ft (8,7 Nm) torsi menjadi 67,3 lb-ft (91,2 Nm) dengan bobot meningkat sebesar 6,8kg, secara power-to-weight ratio-nya tidak berubah tetapi mendapatkan torsi yang lebih baik.. Tambahan harga tersebut sudah termasuk suspensi Ohlins.. Ketinggian jok berkurang menjadi 868,7mm dari 889mm dan wheelbase 7,28mm lebih pendek..

Menggunakan piranti pengereman dari Brembo Monobloc, pelek juga menggunakan forged wheels untuk versi SP saja.. Dilengkapi juga elektronik yang dapat diatur dalam tiga mode berkendara, Wet, Sport dan Race, dengan setting-an ABS, Traction Control, serta output dari mesin sesuai dengan kebutuhan pengendara..


Terdapat tiga pilihan output mesin dari Low, Medium dan High.. Pilihan terakhir memberikan pengeluaran tenaga maksimal dan Medium memberikan efek mesin yang fun, namun lebih kalem juga pilihan Low membuat tenaga dibatasi 75 HP.. Dengan harganya tersebut, Hypermotard 939 SP memberikan sensasi berkendara yang menyenangkan dengan jok lebih rendah dan suspensi dari Ohlins.. Sayangnya, harga yang naik membuat konsumen memiliki pilihan lebih banyak dengan harga $16.000, tetapi dengan bobot yang lebih berat membuat tidak ada peningkatan performa yang berarti..

Model standar, hanya berkisar 171 juta dengan tidak adanya model suspensi dan komponen pelek yang ada pada model SP.. Atau Anda dapat memilih Hyperstrada 939 dengan harga 192 jutaan dengan box, touring windshield dan seat, standar tengah, fender lebih besar dan engine guard..


Itulah setidaknya yang dapat saya sampaikan.. Semoga bermanfaat..

Sunday, November 20, 2016

KTM Duke 1290, Motor Naked Kelas Berat KTM Siap Bersaing

www.rideapart.com

Beberapa minggu yang lalu, KTM memang meluncurkan beberapa produk anyar bermodelkan street, yakni Duke 390, Duke 790 Concept dan juga model kelas beratnya, Duke 1290.. Seperti kakak-adik yang biasanya memiliki kesamaan, Duke 1290 juga tampil dengan desain yang agresif dan radikal.. Itulah yang dilakukan oleh pabrikan Eropa pada motor ber-genre streetfighter-nya pada 2 pekan lalu di Milan..

Sang CEO, Stefan Pierer berkata bahwa dari versi 125cc hingga 1301cc, semuanya mendapatkan sentuhan desain dari nilai-nilai sebuah produk KTM dan Duke.. Seperti pada model Duke 790 yang masih prototipe, KTM berusaha memberikan pandangan ke depan seperti apa KTM di masa depan.. Dengan bertemakan 'Unleash The Beast', KTM berhasil mengartikan desainnya dalam bentuk kata-kata.. Seperti itulah kira-kira jika melihat model terbaru dari Duke 1290..

Dengan menggunakan mesin V-twin yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 177 HP dan sasis tralis yang ringan ditambah swingarm satu sisi membuat jalanan menjadi seperti mangsa.. Juga didukung dengan handlebar yang lebih rendah dan lebih lebar dan pengereman Brembo M50 Monobloc, cakram depan ganda 320mm model floating dan bagian belakang berukuran 240mm dengan kaliper 2 piston, juga didukung oleh Cornering ABS dari Bosch, suspensi dari WP yang tercetak pada garpu suspensi, quickshifter dengan display informasi TFT, penerangan depan dengan lampu LED..


Ban menggunakan model Metzeler M7RR pada bagian depan dan belakang.. Suspensinya pun dapat diatur dengan banyak setting-an, mulai dari spring rebound, compression hingga damping yang tahan guncangan dibanding versi sebelumnya, yakni mampu menahan 10 Newton/mm.. Frame dan sub-frame-nya menggunakan stainless steel dengan chrome-molybdenum yang membuatnya hanya berbobot 195kg.. Kira-kira itu yang dapat saya sampaikan.. Berikut spesifikasinya..


ENGINE

  • DESIGN

    2-cylinder, 4-stroke, V 75°
  • DISPLACEMENT

    1301 cm³
  • BORE

    108 mm
  • STROKE

    71 mm
  • POWER IN KW

    130 kW
  • STARTER

    Electric starter
  • LUBRICATION

    Forced oil lubrication with 3 oil pumps
  • TRANSMISSION

    6-speed
  • PRIMARY DRIVE

    40:76
  • SECONDARY GEAR RATIO

    17:38
  • COOLING

    Liquid cooled
  • CLUTCH

    PASC (TM) slipper clutch, hydraulically actuated
  • EMS

    Keihin EMS with RBW and cruise control, double ignition

CHASSIS

  • FRAME DESIGN

    Chromium-Molybdenum steel trellis frame, powder coated
  • FRONT SUSPENSION

    WP USD Ø 48 mm
  • REAR SUSPENSION

    WP monoshock
  • SUSPENSION TRAVEL (FRONT)

    125 mm
  • SUSPENSION TRAVEL (REAR)

    156 mm
  • FRONT BRAKE

    2 x Brembo monoblock four-piston radial fixed calliper, brake discs, floating
  • REAR BRAKE

    Brembo twin-piston fixed calliper, brake disc
  • FRONT BRAKE DISC DIAMETER

    320 mm
  • REAR BRAKE DISC DIAMETER

    240 mm
  • ABS

    Two-channel Bosch 9.1 MP ABS (incl. Cornering ABS and Supermoto mode Disengegable)
  • CHAIN

    520 X-Ring
  • STEERING HEAD ANGLE

    65.1 °
  • WHEELBASE

    1482 ± 15 mm
  • GROUND CLEARANCE

    141 mm
  • SEAT HEIGHT

    835 mm
  • TANK CAPACITY (APPROX.)

    18 l
  • DRY WEIGHT

    195 kg




Duke 790 Concept, Petarung Middleweight dari KTM


Seperti pada versi naked-nya, yakni Duke 390 yang hadir dengan tampilan baru dan segar, KTM juga berniat melakukan langkah yang sama terhadap produk kelas menengahnya, yakni Duke 790 dengan meluncurkan prototype-nya yang akan menjadi gambaran awal dari desain produksi massalnya.. Seperti motor konsep pada umumnya, desain motor pabrikan KTM ini terlihat agresif dengan desain knalpot menyatu dengan body dan headlight yang masih berupa lempengan dengan jok datar..


Menggunakan mesin parallel-twin berkapasitas 800cc, KTM memberikan sebutan LC8c dengan huruf c pada akhir berarti 'compact'.. Dan ini berarti KTM ingin memberikan sebuah motor ringan dan menyasar pada kelas menengah dengan beberapa teknologi seperti ride-by-wire dengan traksi kontrol berbagai tingkat dan teknologi My Ride.. Seperti motor konsep pada umumnya, KTM berencana mengentaskan produk ini pada 2018 nanti.. Kita tunggu saja kelanjutannya..



Friday, November 18, 2016

Benelli TnT 300, Motor Italia Atau China..?


Benelli merupakan salah satu pabrikan roda tertua yang ada di dunia yakni sejak 1911 dan berbeda dari Minerva yang memiliki desain layaknya motor Italia, tetapi secara kualitas masih dibawah rata-rata, produk Benelli pun didesain di Italia dan diproduksi di China oleh Qianjiang Group, namun memiliki kualitas yang baik, seperti pada bagian sasis, suspensi, panel indikator, tuas rem dan kopling dengan lever yang dapat diatur, dengan footstep yang stylish membuat motor ini bahkan dianggap sebagai salah satu motor produksi China terbaik..


Beberapa komponen menarik lainnya adalah knalpot underbelly yang lebih ramah terhadap titik geometri motor.. Throttle body yang memasok asupan udara menggunakan ukuran diameter 37mm yang mampu memberikan putaran mesin maksimum pada 11.000 rpm, meskipun pada 3.000 rpm pertama agak berat.. Koplingnya ringan dengan girboks 6 percepatan yang dapat menyalurkan tenaga sebesar 38 HP dengan halus yang belum dihitung dengan hilangnya 10 persen tenaga akibat mekanisme penggerakan motor ke roda belakang sehingga menjadi 34 HP..



Dilengkapi layar LCD yang menginformasikan waktu, kapasitas bahan bakar, temperatur mesin dan penghitung jarak.. Ukuran bore x stroke, yakni 65,0 x 45,2mm yang menghasilkan rpm tinggi, tetapi dibatasi pada 11.000rpm.. Juga dilengkapi dengan pengatur rebound damping pada bagian depan.. Hal lainnya yang dapat diinformasikan adalah bobotnya yang mencapai 185 kg dan ini lebih berat hampir 13kg dari Ninja dan R3..

Tetapi jika menginginkan sebuah motor yang terjangkau, Benelli menawarkan harga yang murah di angka 53 jutaan untuk sebuah motor 300cc.. Dengan harga 70 juta untuk sebuah Ninja 300 dan 67 juta untuk sebuah Yamaha R3.. Jika menginginkan harga yang setara Honda menawarkan CB300F dengan satu silinder dan power lebih kecil dibanding TnT 300 yang menggunakan dua silinder paralel..

Engine TypeParallel Twin Cylinder, Water-cooled, 4-stroke
Displacement300 cc
Max Power38 hp @ 11,500 rpm (claimed)
Max Torque19.9 ft·lb @ 9,000 rpm (claimed)
Fuel SystemEFI
StarterElectric
Transmission6-Speed
Front SuspensionInverted 41 mm
Front Travel135 mm
Rear SuspensionRear Mono Shock w/ Spring Preload & Rebound Damping Adjustability
Rear Travel120 mm
Front BrakeDual Disc, Ø 260 mm
Rear BrakeDisc, Ø 240 mm
Front Tire110/70-17
Rear Tire140/70-17
Overall Length83.3 inches
Overall Width31.5 inches
Overall Height44.5 inches
Seat Height31.3 inches
Wheelbase55.3 inches
Ground Clearance7.1 inches
Fuel Tank4.23 gallons
Weight408 pounds (claimed)

Wednesday, November 16, 2016

EBR Black Lightning, Brand Amerika yang Mendunia


Jika Anda mengira EBR adalah pabrikan motor berjenis cruiser karena produksi Amerika, maka Anda salah.. Karena pabrikan satu ini justru memproduksi motor-motor berjenis naked dan faired, layaknya Jepang dan Italia.. Dengan produknya yang diberi nama 'Black Lightning', motor ini adalah versi ceper dari produk yang sudah ada, yakni EBR 1190SX yang merupakan sebuah motor street bike.. Dengan warna hitam yang low profile, motor ini tetap menggunakan mesin 1190cc konfigurasi V-twin yang dapat menembus 185 HP, tetapi mendapatkan perbaikan pada bagian gear untuk memberikan torsi yang lebih cocok untuk jalanan..

Jok dan footstep yang lebih rendah dan stang lebih tinggi digunakan untuk meningkatkan kenyamanan.. Kita tunggu saja pada 18 November ini, dimana motor ini akan diperkenalkan pada pameran motor internasional di Long Beach, California.. Dengan rancangan seperti di atas, ditambah dengan kapasitas mesinnya, motor ini sangat cocok untuk performance dan juga touring..

Sekian dari saya.. Kita tunggu saja liputannya akhir pekan ini..

Tuesday, November 15, 2016

2017 KTM Duke 390, Akankah Mampu Bersaing di Tanah Air..?


KTM merupakan sebuah pabrikan besar yang namanya melejit dengan produk-produknya yang memiliki desain tangguh dan maskulin, bagaimana tidak, desainnya memperlihatkan lekuk tubuh yang didesain kaku, namun modern.. Dengan sedikitnya lengkungan pada desainnya membuat KTM menjadi pabrikan yang berbeda dengan warna khas oranye.. Belakangan ini, KTM juga meluncurkan versi terbaru dari motor naked-nya yang tampil dengan desain yang baru dan tajam sehingga meningkatkan kesan agresivitas motor ini..

Dengan penggunaan penerangan berupa LED, membuat motor ini tampil kekinian.. Tidak hanya lampu depan, bagian running day light pun menggunakan lampu sejenis.. Sebagai pembeda dari motor-motor yang ada, KTM melabur sasisnya dengan warna oranye pada bagian depan dan putih pada bagian sub-frame-nya..


Mesin 373cc-nya dengan update garpu depan 43mm dan cakram yang lebih besar 20mm, menjadi 320mm dengan kaliper 4 piston Bybre.. Jok juga mengalami perombakan dan pengaturan pada tuas kopling dan rem.. Dan juga display indikator full-colour dengan penggunaan Thin Film Transistor (TFT) yang membuat layar menjadi semakin jelas dan kontras.. Teknologi ini tergolong baru di kelasnya..

Juga dilengkapi fitur KTM My Ride yang dapat menghubungkan handphone Anda dengan Bluetooth yang terpampang pada layar untuk panggilan dan juga pemutar audio.. Tangki yang masif juga mampu menampung 13,2 liter bahan bakar dan meningkat dari yang sebelumnya hanya mampu menampung 11 liter bahan bakar..


Suspensi barunya meningkatkan respon dan stabilitas lebih.. KTM juga merubah geometri motor ini dengan jarak antar roda yang diperpendek 10mm.. Kabar buruknya, untuk lolos dari kriteria emisi yang mencapai Euro 4, terdapat penambahan beban sebanyak 10kg.. Itulah yang menyebabkan adanya beberapa perubahan pada geometri dan jarak sumbu roda yang berbeda..


Setidaknya itu yang dapat saya sampaikan untuk saat ini.. Sekian dari saya.. Semoga bermanfaat..

2016 MotoGP Valencia, Banyak Hal Terjadi di Musim Ini


Pada musim 2016 ini, banyak hal terjadi, baik dan buruk, mulai dari permasalahan pribadi yang dialami tiga top rider pada musim lalu yang terbawa hingga musim 2016 ini, kemenangan Marc Marquez untuk yang ketiga kalinya sebagai juara dunia MotoGP, kemenangan pertama bagi beberapa rider seperti dari Suzuki oleh Maverick Vinales dan juga dari tim lain olej Jack Miller dan Andrea Iannone, tidak lupa Crutchlow yang juga memenangkan dua balapan pertamanya, sekaligus membuat adanya sembilan pemenang berbeda dari tiap race..

Beberapa masalah juga dialami tim Yamaha dengan dua pembalap jagoannya hingga balapan terakhir yang ditutup dengan kemenangan Lorenzo di Valencia.. Kemenangannya ini sekaligus menutup karirnya bersama Yamaha selama 8 tahun.. Disusul oleh Marquez yang berada dua detik di belakang Lorenzo, posisi ketiga ditutup dengan kemenangan Iannone, setelah persaingannya dengan Rossi yang harus puas di posisi keempat..

Adanya permasalahan mesin yang dialami Rossi, ban pada Lorenzo dan juga jatuhnya Marquez pada dua dari 3 balapan terakhir menjadikan musim ini sangatlah berbeda dan pada akhirnya, setiap pembalap ternyata mampu memberikan hasil yang menakjubkan dan tidak terduga..

Dengan begini, musim 2016 ditutup lagi-lagi oleh tiga pembalap utama dan Maverick Vinales belum bisa merasakan klasemen tiga besar, meskipun pada dua race sebelumnya Vinales masih memiliki kesempatan untuk menyusul Lorenzo dan kalau beruntung dapat mengungguli Rossi.. Klasemen tim dipegang Yamaha Movistar oleh Rossi dan Lorenzo dengan poin 482 dan unggul 28 poin dari tim Repsol Honda oleh Marquez dan Pedrosa.. Sungguh menarik yang terjadi pada MotoGP 2016 ini.. Bagaimanakah dengan musim 2017..? Kita tunggu saja..

Monday, November 14, 2016

2017 Ducati 1299 Superleggera, Ringan dan Powerful


Seperti pada artikel sebelumnya yang membahas motor pabrikan Jerman, BMW HP4 Race yang masih dalam tahap konsep dan baru-baru ini diperkenalkan, beberapa hari sebelumnya di pameran yang sama, yakni EICMA 2016 yang diselenggarakan di Italia, Ducati juga memperkenalkan motor superbike-nya yang menggunakan bahan-bahan ringan dan berkualitas, yakni carbon fiber pada berbagai komponen seperti pelek, fairing dan sasis yang membuatnya tidak hanya bertenaga, tetapi juga ringan dan berpengaruh dengan power-to-weight ratio-nya..

Ini membuat terjadinya peningkatan persaingan di dunia superbike, dimana Ducati 1299 Superleggera menjadi salah satu motor produksi dengan teknologi tercanggih yang pernah ada.. Berbeda dengan model 1199 Superleggera, model 1299 menggunakan mesin Superquadro 1285cc dengan mesin yang perbandingan bore x stroke-nya lebih tinggi, yakni 116 x 60,8mm, 4mm lebih besar ukuran bore-nya dibanding model 1199..


Tujuan Ducati merilis versi Superleggera adalah menciptakan motor dengan mesin powerful, namun lebih ringan karena material yang digunakannya.. Peningkatan tenaga juga didukung oleh kenaikan kompresi mesin menjadi 13,0:1 dari 12,6:1 karena kepala piston yang dirubah dengan memperbesar katup mesin, memperbaiki bentuk camshafts, pipa intake dan pembuangan.. Dan juga berbagai parts pada mesin yang diganti bahannya dengan titanium dan alumunium.. Dengan begitu, di luar penggantian material dengan karbon pada bagian body, Ducati juga memotong berat sebanyak 2 kg karena perombakan pada bagian mesin..

Yang lebih mencengangkan adalah power-nya yang menembus 215 HP pada 11.000rpm, 10 HP lebih besar dari mesin 1299 standar.. Beberapa updates juga dilakukan pada sistem intake, penyaring udara Superbike, bukaan gas yang dibentuk ulang.. Sasisnya menjadi lebih ringan 1,7kg dan lengan ayun hampir 1kg, serta pelek cabon fiber-nya memangkas 1,4 kg yang juga memberikan ketahanan dari roda agar tidak melenceng dari trek sebanyak 26% lebih besar pada bagian depan dan 44% lebih besar pada bagian belakang..

Pembaharuan suspensi Ohlins juga berkontribusi sebanyak 1,36 kg untuk bagian depan, FL936 dan hampir 0,5kg pada suspensi belakang, TTX36 dengan per titanium sehingga berat basahnya (berat dengan tambahan komponen cair, seperti bahan bakar, oli, pelumas dan sebagainya) hanya 167kg.. Dan juga sebagai pelengkap, Ducati bekerjasama dengan pabrikan Akrapovic yang terkenal dengan sistem pembuangannya yang dipakai pada MotoGP..





Itulah setidaknya yang dapat saya sampaikan.. Sekian dan terima kasih..

Sunday, November 13, 2016

All-New 2017 Honda CBR650F dan CB650F


Dengan kemunculan motor superbike dari Honda dengan kapasitas mesin 1000cc-nya yang diproduksi dalam dua model, yakni SP dan SP2, Honda juga merilis dua jagoannya di kubikasi menengah, yakni model 650cc versi naked dan faired yang di belakang namanya mendapatkan tambahan huruf 'F'.. Diklaim mampu menghasilkan power sebesar 89 HP dengan bobot 213kg untuk versi fairing dan 208 kg untuk versi naked-nya..

Dengan suspensi Showa Dual Bending Valve berukuran 41mm yang memberikan compression damping dan rebound damping yang mengatur tingkat tekanan dan pantulan balik suspensi lebih baik untuk pengendalian dan kenyamanan dalam berkendara.. Honda juga memasangkan kaliper rem Nissin dengan cakram 320mm pada bagian depan dan 240mm pada bagian belakang untuk peningkatan rem yang didukung ABS 2-channel sebagai standar keselamatan motor..


Selain memiliki perombakan body, garis desain lampu memiliki kesamaan dengan CB150R dan juga display speedo yang cukup unik, yakni full digital namun dibagi menjadi 2 pada sisi kiri-kanan.. Bagian kiri memberikan informasi kecepatan dan putaran mesin, sedangkan bagian kanan menunjukkan jam, status bahan bakar dan instrumen lainnya seperti posisi gigi dan kondisi mesin dengan lampu sign pada bagian tengah.. Didukung dengan knalpot underbelly yang menyatukan 4 cabang pipa dari setiap silinder.. Juga shroud dengan model baru bertuliskan CB dan kombinasi warna yang berani..




Terutama untuk warna putih yang dikombinasikan dengan warna hitam dan sedikit penghias berwarna kuning kehijauan stabilo dan warna berbeda pada pelek depan (hitam) dan belakang (putih)..
Tidak lupa dengan versi fairing yang juga menggunakan grafis senada dengan CBR1000RR dan kombinasi warna merah-hitam dan putih.. Selain warna tersebut, terdapat tiga warna lain, seperti versi naked-nya, yakni warna kombinasi hitam dan merah pada sasisnya, kombinasi putih-hitam dan kuning-kehijauan dengan warna pelek berbeda, serta satu warna hitam dengan sentuhan warna merah pada lambang dan tulisan Honda.. Dengan lampu depan yang memiliki desain senada dengan versi naked-nya..

Sekiranya ini yang dapat saya sampaikan.. Sekian dari saya.. Semoga bermanfaat..