Pages

Friday, September 30, 2016

Honda CB1000R, Moge Naked Sport Honda


Di hari Jumat yang menyenangkan ini, saya akan membahas sebuah motor naked sport kepunyaan Honda yang memiliki desain maskulin didukung dengan mesin 1000cc-nya yang powerful membuat motor ini layak diperhitungkan.. Seperti Suzuki GSX-S1000 yang kemarin sempat saya bahas, motor ini pun memiliki ciri-ciri sebuah streetfighter..

Dengan lampu LED 7 buah dirangkai menjadi sebuah lingkaran membuat pencahayaan semakin maksimal.. Meskipun lampu utama belum menggunakan LED, tetapi multi-reflector-nya sudah sangat cukup untuk bagian penerangan dengan rumah lampu berbentuk segitiga..


Tidak ketinggalan dengan lampu belakangnya yang juga LED.. Sasis pun menggunakan alumunium berjenis Mono-Backbone dengan teknologi Gravity-Die Cast yang kuat dan ringan agar gesit dan stabil sehingga bobotnya hanya 217 kg (kering) dan 220 kg (basah).. Mesin menggunakan Honda CBR1000RR tahun 2007 yang juga pernah memenangkan kejuaraan Superbike.. Mesinnya berkapasitas 999cc DOHC 4 silinder dengan 6 percepatan berpendingin cairan dengan ukuran bore dan stroke, yakni 75 mm x 56,5 mm dengan kompresi mesin 11,2:1 yang dirancang untuk akselerasi maksimal..


Meskipun begitu mesinnya tidak lantas memiliki sifat yang sama dengan CBR1000RR Fireblade karena motor ini dikondisikan untuk penggunaan di jalan untuk kebutuhan sehari-hari.. Karena itu power-nya berada di kisaran 92 kW pada 10.000 rpm dan torsi sebesar 100 Nm pada 8.000 rpm.. Dengan mesinnya tersebut, maka motor ini dapat berakselerasi dari 0-100 km/j hanya dalam 3,6 detik dan sudah menggunakan PGM-FI sehingga bahan bakarnya cukup untuk menempuh 18,3 km per liter..

Dan bagusnya, motor ini juga menggunakan lengan ayun model single-side berbahan alumunium sehingga menampakkan peleknya yang berbentuk seperti shuriken.. imho.. Itulah yang dapat saya sampaikan.. Sekian dari saya.. Semoga bermanfaat..

Thursday, September 29, 2016

Apakah itu Backward Rotating Crankshaft..?


Dalam dunia apa saja, tidak terpaku hanya pada roda dua, dibutuhkan inovasi-inovasi terbaru yang membuat motor semakin sesuai dengan kebutuhan berkendara saat ini.. Banyaknya inovasi berpengaruh terhadap tingkat kenyamanan dan keselamatan pengguna kendaraan.. Di bidang lain, terutama ajang balap MotoGP, teknologi juga berpengaruh terhadap efisiensi mesin dan kemampuannya untuk dipacu pada titik maksimal..

Oleh karena itu, pabrikan terus mengembangkan teknologi-teknologi untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan motor yang ada saat ini.. Bahkan perubahan yang mereka lakukan justru terkadang mengejutkan karena bemotorbanding terbalik dengan teknologi yang ada saat ini, seperti suspensi model upside down dan pada MotoGP ada yang namanya Backward Rotating Crankshaft..


Pada awalnya, crankshaft, yakni batang piston bergerak memutar ke depan, searah dengan perputaran roda.. Dan seperti yang pernah saya bahas sebelumnya mengenai efek giroskopik, yakni efek kestabilan yang dihasilkan oleh perputaran roda yang membuat motor stabil saat melaju.. Perputaran crankshaft ke depan yang searah dengan perputaran roda ikut ambil bagian dalam kestabilan motor pada jalanan lurus.. Tetapi mengurangi kemampuan menikung dan berganti arah..

Karena dalam balapan tidak hanya dibutuhkan speed dan akselerasi di jalanan lurus, motor juga dituntut untuk dapat menikung dengan baik karena kebanyakan pembalap dapat mempersingkat gap antara pembalap satu dan lainnya adalah melalui tikungan dengan sangat baik, bahkan tikungan sering menjadi ajang take over (menyalip) karena disitulah rider harus cermat masuk dan keluar dari tikungan dengan cepat tanpa membuka jalan untuk rider di belakangnya..


Oleh karena itu, para ahli mesin berupaya membuatkan motor yang juga ramah di tikungan, dengan pengorbanan kestabilan dan performa di jalan lurus, yakni dengan memutar balik gerakan poros engkol ke belakang yang secara tidak langsung melawan arah roda berputar.. Teknologi ini disebut Backward Rotating Crankshaft..

Teknologi ini akan membantu rider masuk tikungan dengan lebih cepat dan lebih baik.. Kelebihan lainnya adalah mengurangi efek wheelie (standing) karena arah berlawanan membuat mesin menjadi lebih berat dan menahan ban depan untuk terangkat yang juga menyerap tenaga motor..


Kekurangan lainnya adalah menambah efek understeer dimana ban depan mengalami kekurangan traksi sehingga kendaraan melebar saat keluar tikungan seperti ilustrasi di atas.. Ini akan membuat rider mengurangi bukaan gas sehingga saat keluar tikungan menjadi lebih lambat.. Itulah sekiranya yang dapat saya sampaikan.. Sekian dari saya.. Semoga bermanfaat..

Wednesday, September 28, 2016

Suzuki GSX-S1000, Sang Naked Sport dari Suzuki


Belakangan ini santer diberitakan kemunculan sebuah Suzuki GSX model fairing yang sedang diuji tes oleh pabrikan meskipun pihak Suzuki belum memberikan konfirmasi akan hal itu.. Berhubung sedang hangat-hangatnya berita ini, yuk kita bahas moge andalan Suzuki di kelas 1000cc versi naked-nya, yakni Suzuki GSX-S1000 yang memang secara fisik saya tidak menemukan sesuatu yang spesial, tetapi terdapat beberapa diferensiasi dengan motor pabrikan lain yang sejenis..

Seperti pelek 3 palang dengan 2 cabang pada setiap palan, desain knalpot model pendek yang memang terlihat menarik dan headlight seperti capit pada semut di bagian bawahnya.. Dari model mengarah ke model streetfighter dengan tangki besar dan buntut pendek.. Selain itu, ternyata Suzuki adalah pabrikan yang baru belakangan ini mengeluarkan versi naked dari model fairng yang mereka ciptakan, yakni GSX-R1000 dimana langkah ini sudah dilakukan pabrikan-pabrikan lainnya sejak awal..


Kabar lainnya mengatakan motor ini tidak menggunakan mesin GSX-R1000 saat ini, tapi masih menggunakan mesi GSX-R1000 tahun 2005.. Tetapi jangan dianggap enteng karena mesin ini adalah legenda dimana memenagkan World Super Bike tahun 2005 oleh Troy Cosser.. Mesin ini sedikit dijinakkan power-nya menjadi 144 bhp (107 kW) dan dengan pengorbanan ini, torsi pada putaran menengah ke atas meningkat..

Dengan berat 210 kg, termasuk mesinnya yang berkubikasi 999cc 4 silinder segaris, membuatnya tergolong ringan.. Padahal mesin GSX-R1000 yang disebut K5 ini dikenal dengan 'long stroke'-nya yang berarti Suzuki menekankan pada tarikan bukan kecepatan.. Dengan menggunakan fork suspensi KYB ukuran 43cm yang dapat diatur pada tingkat rebound dan kompresi sesuai dengan keinginan Anda..




Dibekali pengereman radial 4 piston kaliper Brembo, selain itu terdapat 4 pengaturan traksi, termasuk off sehingga Anda dapat mengetahui tarikan aslinya.. Dan selama 30 tahun Suzuki telah menangani GSX-R, mesin GSX-R1000 2005 yang dikenal dengan nama K5 merupakan favorit konsumen.. Dengan desain kepala silinder dan katup yang baru, lubang intake dan exhaust model baru, piston yang lebih ringan dan tambahan teknologi injeksi, 6 percepatan, sudah cukup untuk menjadikannya raja jalanan..

Tenaga 107 kW pada 11.100 rpm dan torsi 104 Nm pada 7.700 rpm-nya membuatnya memiliki akselerasi ganas.. Menggunakan sasis twin-spar terbuat dari aluminium membantu meringankan bobotnya.. Dengan body besarnya, maka Suzuki pun menggunakan karet bundar dengan ukuran 120/70 R17 pada bagian depan dan 190/50 R17 untuk bagian belakang..

Untuk mempercantik motor ini, Suzuki mengeluarkan Special Edition dari Yoshimura dengan kombinasi warna abu-abu dan merah yang kontras dengan knalpot Yoshimura R11 dan stiker ban dengan warna merah yang semakin memperkuat aura sporty-nya.. Sayangnya, dari harga tertera adalah versi non-ABS, sedikit lebih mahal, yakni $14.000 atau sekitar 182 jutaan..



Itulah yang dapat saya sampaikan.. Sekian dari saya.. Semoga bermanfaat..

Tuesday, September 27, 2016

Moto Gymkhana, Arena Bermain Para Bikers..


Pernah mendengar yang namanya Gymkhana..? Permainan ini merupakan kombinasi dari kecepatan dan catatan waktu yang harus ditempuh dengan melewati berbagai rintangan seperti cones, ban dan tong-tong yang dibentuk sedemikian rupa dengan membutuhkan manuver-manuver untuk melewati putaran 180 derajat, 360 derajat, kotak parkir, angka 8 dan berbagai teknik tingkat lanjut lainnya.. Seperti melakukan slalom, ternyata Gymkhana juga membutuhkan berbagai macam teknik mengemudi dari yang membutuhkan grip dan cengkeraman yang baik hingga menggunakan eknik drift..

Kelincahan pengendara dalam melewati rintangan sangat dibutuhkan, kombinasi dari akselerasi pengereman, drifting dan cengkeraman yang sangat dibutuhkan.. Kontrol terhadap kendaraan juga berpengaruh besar ditambah latihan yang mengasah ingatan dan konsentrasi..


Hal ini tidaklah mudah karena jarak antar cone sangatlah sempit, disamping motor yang digunakan adalah motor-motor besar, tidak seperti yang digunakan saat tes untuk mendapatkan lisensi berkendara.. Beban motor yang besar ditambah counter ke kiri dan kanan dan juga karena mengejar waktu tercepat, maka mereka pun juga harus cepat..

Tidak heran banyak yang jatuh karena kehilangan grip (cengkeraman) ban, kehilangan kendali saat meng-counter dan lain sebagainya.. Video di atas merupakan salah satu ajang time attack (catatan waktu) Gymkhana dimana mereka berebut menorehkan waktu tercepat pada trek yang sempit dan penuh tikungan itu..

Itulah sekiranya yang dapat saya sampaikan.. Sekian dan terima kasih..

Monday, September 26, 2016

Cara Kerja Mesin 2 Tak dan 4 Tak

Mesin 2 tak

Setelah kemarin kita membahas mengenai emisi gas buang kendaraan bermotor yang sudah mulai meningkat sehingga mesin 2 tak sudah tidak lagi memenuhi kriteria, kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan cara kerja mesin dengan 2 langkah dan 4 langkah yang memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing..

Meskipun sudah mulai dihentikan peredarannya, tetapi sebagai ilmu pengetahuan tidak ada salahnya kita membahas hal ini.. Mesin 2 tak memang terkenal dengan performanya yang mumpuni sehingga bila disandingkan dengan mesin 4 tak dengan kubikasi mesin sama, 2 tak masih dapat mengungguli.. cmiiw.. Selain hal itu, performanya yang terkenal garang dikarenakan pada mesin 2 tak hanya dibutuhkan 2 langkah kerja dan power sudah dapat dihasilkan, sedangkan pada mesin 4 langkah dibutuhkan 2 ekstra langkah untuk menghasilkan tenaga..


Meskipun begitu mesin 2 tak menghasilkan emisi lebih banyak dan lebih boros bahan bakar karena kerjanya yang lebih cepat sehingga dalam 2 langkah saja, mesin sudah menyemburkan bahan bakar dan pada 4 tak dalam 4 langkah baru menyemburkan bahan bakar sekali.. Kekurangan lainnya, dengan cara kerja lebih cepat, maka pembuangan pun lebih banyak..

Oke, meskipun berbeda secara jumlah langkah, tetapi 4 hal ini merupakan prosesnya, intake (penyerapan udara), compression (penekanan), combustion (pembakaran) dan exhaust (pembuangan).. Bedanya pada mesin 2 tak, satu langkah ke bawah sudah melakukan 2 proses sekaligus dimana saat piston mengarah ke atas, piston melakukan compression dan juga intake (penyerapan udara), sedangkan saat terjadi ledakan/pembakaran (piston menjadi ke bawah) dan membuka lubang exhaust sehingga langsung hasil pembakaran langsung terbuang..

2 tak

Pada mesin 4 tak, setiap langkah dilakukan sendiri-sendiri, gerakan intake saat piston ke bawah (katup udara terbuka agar udara masuk), kemudian piston naik untuk menekan (compress), terjadi ledakan/pembakaran yang mendorong piston ke bawah, saat piston kembali naik katup pembuangan (exhaust) terbuka dan hasil pembakaran keluar..

4 tak

Memang cukup membingungkan, tetapi jika Anda mencoba memahaminya, maka seperti puzzle yang telah ditemukan letaknya, semua akan menjadi sebuah gambaran utuh dan pemahaman Anda akan cara kerja mesin 2 tak dan 4 tak menjadi jelas.. Sekian dari saya.. Semoga bermanfaat..

Sunday, September 25, 2016

Yamaha FJ-09, Motor Adventure Pabrikan Garpu Tala..


Yup, hari ini masih hari Minggu, tetapi sudah diisi dengan hal yang sama tiga kali berturut-turut.. Semoga tidak bosan, untuk artikel penutup hari ini akan saya beberkan sang penantang dari pabrikan garpu tala yang biasa kita kenal dengan nama Yamaha FJ-09 yang merupakan rival dari dua motor sebelumnya dengan kubikasi mesin paling kecil dan memang terkesan under dibanding dua motor sebelumnya karena mesinnya hanya berkapasitas 847cc dengan 12 katup yang berarti jumlah silindernya hanya 3 (4 katup per silinder)..

Karena memang spesifikasinya yang seperti itu, harganya pun yang terendah dibanding dua motor sebelumnya, yakni dipatok pada kisaran $10,490.. Bagian fairing depannya cukup minimalis dimana justru windshield terlihat sangat besar dengan lampu yang kecil dan desainya sederhana.. Dengan sasis dan swing arm aluminium, maka bebannya tergolong ringan pada angka 462 pon (210 kg)..


Dengan kubikasi mesin lebih rendah, perangkat pengereman pun lebih kecil, yakni 298mm ganda bagian depan dan 245mm single pada bagian belakang.. Meskipun begitu, Yamaha sudah menanamkan fitur
YCC-T yang merupakan istilah pabrik untuk menggambarkan teknologi ride-by-wire dan juga traction control system untuk pengaliran tenaga yang lebih smooth dan juga lebih aman..


Meskipun begitu, mesin 847cc-nya mampu memuntahkan tenaga sebesar 115 HP (85 kW) dan torsi pada kisaran 88,1 Nm.. Kompresi mesinnya pun tergolong tinggi dengan kisaran 11,5:1 dengan 6 percepatan dan untuk 2016 terdapat dua pilihan warna, yakni Raven (hitam) dan Matte Silver (perak doff)..


Itulah yang dapat saya sampaikan untuk hari ini.. Sekian dari saya.. Selamat beraktivitas untuk hari esok..

Kawasaki Versys 1000LT, Motor Touring dengan Mata Tajam Ninja

Jika tadi kita membahas mengenai salah satu jagoan BMW dengan tampang ala superbike mereka.. Kali ini kita bahas pesaingnya yang berasal dari Jepang.. Meskipun bentuknya yang tinggi dengan posisi headlamp sedikit lebih tinggi dari tangki membuat motor jenis ini terlihat kurang cakep, tetapi jika menungganginya dipastikan bakalan betah karena motor ini dipakai untuk menjelajah sehingga posisi berkendara dirancang untuk kenyamanan dengan posisi badan tegak dan stang pun berada di dada sedikit ke bawah.. Ini agar tangan tidak mudah lelah..

Seperti pada motor superbike, badan condong ke depan dan tangan menahan bobot tubuh atau motor cruiser yang justru posisi tangannya sedikit lebih ke atas sehingga tanga seperti menggantung, maka motor ini menjadi pilihan terbaik yang menginginkan tenaga yang besar, posisi nyaman dengan minus bentuk fisik.. Meskipun begitu, bila sudah berada di kelas 1000cc, orang pun tidak memandang sebelah mata..


Secara fisik memang sangat mirip dengan Ninja 250 yang ada saat ini, bedanya motor ini mengusung mesin dengan kubikasi 1043cc 4 silinder segaris dan dengan seharga $12,799 sudah dipastikan lebih terjangkau dibanding versi Eropa yang memang menjual prestise.. Dengan harga tersebut, Kawasaki menawarkan tambahan bagasi 28 liter, handguards, windshield yang dapat diatur secara manual, ABS, KTRC (Kawasaki Traction Control) dengan 4 pengaturan, dua power modes, sebuah slipper clutch dan suspensi yang dapat diatur tingkat rebound-nya..


Dengan mesinnya tersebut, Versys 1000cc ini dapat mengeluarkan torsi sebesar 102 Nm dan power sebesar 110 HP (82 kW), semua ini dapat tercapai dengan kompresi mesin 10,3:1, ukuran bore dan stroke, 77mm dan 56 mm, 6 percepatan sasis twin-spar aluminium, ban ukuran 120/70R-17 untuk depan dan 180/55R-17 untuk bagian belakang dengan piranti rem dual pada bagian depan dengan ukuran 310mm dan single pada bagian belakang dengan ukuran 250mm, semuanya sudah dilengkapi ABS..

Untuk pilihan warna, oranye adalah model 2012, sedangkan untuk model 2016 ada warna Titanium yang kokoh dan Candy Lime Green khas Kawasaki dengan warna hijaunya..
Itulah sekiranya yang dapat saya sampaikan.. Sekian dari saya.. Semoga bermanfaat..

BMW S1000XR, Motor Powerful dengan Tampang ala Superbike..


Tidak terasa seminggu telah berlalu dan hari ini adalah hari terakhir di minggu ini yang berarti besok aktivitas dan rutinitas kembali kita lalui.. Namun bukan berarti itu adalah hal yang tidak menyenangkan, justru kita harus mencintai setiap harinya yang telah diberikan oleh Yang Maha Kuasa tidak peduli itu akhir atau pun awal minggu..

Oke, untuk mengakhiri minggu ini yuk kita bahas sesuatu yang menyenangkan.. Yup, kali ini saya akan membahas mengenai salah satu jagoan BMW yang tidak kalah garang.. Perkenalkan BMW S1000XR yang secara fisik merupakan perpaduan superbike dan motor adventure dari BMW.. imho.. Yakni BMW R1200GS dan S1000RR yang keduanya merupakan motor yang benar-benar berbeda, tetapi berhasil dikombinasikan..
Tergolong moge kelas berat dengan mesin 1000cc-nya, S1000XR ternyata menggunakan mesin yang sama dengan S1000RR.. Tidak heran motor ini memiliki tenaga yang powerful dikelasnya.. Bedanya memang mesin mendapatkan sentuhan sebuah motor penjelajah sehingga mesin 999cc-nya memiliki output tenaga sebesar 160 HP (119 kW), berbeda dari S1000RR yang mampu memuntahkan 199 HP (146 kW).. Secara dimensi memang tak sebesar R1200GS, tetapi S1000XR memiliki wajah tampan S1000RR..

Meskipun sudah memiliki fitur standar, namun S1000XR dibekali 3 pilihan harga dengan harga dasar $16.350.. Paket standar berupa perlengkapan GPS, penghangat tangan pada grip, cruise control dengan harga $17.295 dan premium package seharga $18.750 yang memperlengkap teknologi berkendara seperti ABS, Automatic Stability Control yang mengontrol traksi dan wheelie (semacam standing) dengan lebih halus, tetapi disediakan juga Ride Modes Pro yang membuat tunggangan Anda lebih liar.. Karena pada model standard hanya disediakan dua mode berkendara Road dan Rain..



Gear Shift Assist Pro juga disediakan untuk keperluan mengganti gigi tanpa perlu kopling sehingga pada satu paket upgrade terdapat kombinasi teknologi tambahan jika Anda ingin 'liar' ataupun lebih 'jinak'.. Adapun kompetitornya seperti Kawasaki Versys 1000LT dan Yamaha FJ-09 yang memiliki kubikasi seimbang.. Sekian dari saya.. Semoga bermanfaat..

Friday, September 23, 2016

Soal Emisi Gas Buang Indonesia Masih Tertinggal dengan Negara Lain..



Mesin 2 tak akhir-akhir ini memang mulai terancam karena regulasi emisi yang beredar saat ini menuntut pabrikan-pabrikan untuk memperbaharui teknologi pembuangan mereka agar sesuai dengan aturan emisi yang saat ini sudah memasuki EURO 3 untuk roda dua dan EURO 2 untuk roda empat.. cmiiw.. Peraturan ini masih tertinggal jauh dari negara-negara lain seperti Malaysia yang sudah menggunakan EURO 4 dan Singapura sudah mulai menggunakan EURO 5.. Karena ketertinggalan dibanding negara lain..

Hal ini terjadi karena kualitas BBM di Indonesia masih tergolong rendah dan dibutuhkan teknologi yang baik.. Kualitas BBM rendah berpengaruh pada emisi gas buang yang tinggi, boros bahan bakar dan juga performa kendaraan yang berkurang.. EURO sendiri merupakan standar emisi kendaraan bermotor di Eropa yang mengatur ketentuan gas buang kendaraan.. Tercatat tiga jenis emisi yang diatur, yakni CO, HC dan NOx yang memang kadarnya diatur dan semakin tinggi EURO-nya, semakin rendah kadar ketiga bahan yang dipatok..

CO adalah karbonmonoksida, HC adalah hidrokarbon dan NOx adalah nitro oksida dimana pada mesin dibawah 150cc kadar CO diharuskan kadar CO-nya, maksimal 2.0 gram/kilometer, HC 0,8 gram/kilometer dan NOx maksimal 0,15 gram/kilometer, sedangkan untuk di atas 150cc, CO di bawah 2.0 gram/kilometer, HC 0,3 gram/kilometer dan NOx 0,15 gram/kilometer..

Saat ini motor-motor sudah diminta untuk memenuhi regulasi tersebut.. Oleh karena itu, motor-motor saat ini sudah banyak ditanamkan teknologi injeksi yang memang sangat membantu dalam perbaikan tingkat emisi.. Selain itu, teknologi 4 tak yang memang sudah lama hadir sekarang juga diwajibkan pada motor-motor produksi terbaru..

Pada 2018 Indonesia dikabarkan akan masuk ke EURO 4.. Kita harapkan semoga hal ini dapat terealisasi tepat waktu..

Itulah sekiranya yang dapat saya sampaikan.. Sekian dari saya.. Semoga bermanfaat

Wednesday, September 21, 2016

Tidak Mau Kalah, Suzuki GSX-R Menggunakan Headlight Setajam Pisau..


Setelah beberapa waktu lalu dikabarkan Suzuki sedang menjajal motor barunya yang diduga adalah GSX-R versi 150 (dilihat dari dimensinya).. imho.. Kali ini tidak hanya tampak belakang saja, tetapi sudah mulai terekspos pada bagian samping dan juga depan yang ternyata jika dilihat secara seksama dibalik stiker anehnya tersebut dapat dilihat pada lekukan fairing terdapat garis yang panjang dan di tarik lurus hingga ke bagian samping, lalu hantam dengan garis lurus dari bagian bawah ke samping sehingga terdapat garis lampu yang sangat runcing..

Dengan lampu tengah seperti tanduk yang memang ada kesamaan dengan bocoran desain yang sudah ada.. Pelek menggunakan model 10 palang tipis.. Suspensi masih menggunakan model teleskopik dimana penggunaannya mampu menekan harga penjualan.. Meskipun begitu, Suzuki masih belum buka mulut akan hadirnya produk ini..


Dengan begitu, kemungkinan pengenalan dan peluncuran ada di tahun 2017 dimana pesaing-pesaing baru dari tiap pabrikan dikabarkan akan muncul pada banyak segmen dan Suzuki turut meramaikan segmen full fairing yang sudah terlebih dahulu diisi oleh Honda, Yamaha dan Kawasaki.. Sekian dari saya.. Semoga bermanfaat..

2016 Ducati XDiavel S, Tampil Mencolok..


Ducati merupakan salah satu perusahaan kuda besi Italia yang terkenal dengan kualitas dan harganya yang memang mahal, terutama di Indonesia yang pajak barang mewahnya tergolong sangat tinggi.. Dan memberikan dampak besar dalam penjualan moge di Indonesia.. Meskipun begitu, tidak sedikit dealers yang menjual motor dengan kategori CBU (Completely Built Up) atau impor asli dari negeri asalnya..

Dengan berkembangnya indusri roda dua di dunia, maka pabrikan-pabrikan terus mengembangkan inovasi untuk produk-produknya.. Seperti yang terlihat pada Ducati yang mengkonsepkan model cruiser sejati dan secara langsung merubah motor ini menjadi model 'sport cruiser'..


Dengan tampilan yang tidak lagi berwarna hitam secara keseluruhan, Ducati memberikan sentuhan warna putih pada beberapa bagian seperti cover radiator samping, headlight cover, garpu suspensi dan pada pelek yang dikombinasikan seperti pelek mobil belakangan ini yang sedang tren menggunakan dual colour, hitam dengan kombinasi aluminium.. Plus beberapa bagian samping body dan sasis tralis keabu-abuan..

Sport Cruiser sendiri diambil karena XDiavel tidak ingin membawa persepsi akan motor cruiser yang digunakan untuk santai, tidak untuk kecepatan tinggi, kegunaannya untuk jarak jauh dengan posisi mengendara yang nyaman.. Ducati menambahkan kata sport dengan maksud persilangan akan 2 jenis motor yang sangat berbeda.. Itulah mengapa ada huruf 'X' di depannya yang berarti persilangan akan keduanya.. cmiiw..


Panel indikator pun tampil segar dan modern dengan desain baru yang lengkap dan minimalis.. Meskipun body besar, tetapi XDiavel berjiwakan sebuah superbike.. Mesin pun mengalami penambahan kapasitas menjadi 1262cc dari yang sebelumnya hanya 1198cc dan diharapkan mampu memperkuat torsinya yang dulu mentok pada 8.000 rpm, kini mentok hanya pada 5.000 rpm dengan torsi 95 lb-ft (129 Nm) dan power sebesar 156 HP (116 kW) pada 9.500 rpm..

Seperti yang dapat Anda lihat dibawah, XDiavel terlihat lebih ramping dengan tangki yang lebih rendah, begitu pula dengan posisi duduk dan tidak adanya shroud yang membuat motor ini terlihat lebih keren dan tidak gempal seperti versi lama.. Knalpot pun didesain baru dan padat, serta ujung yang pendek dengan maksud tidak menutupi ban belakang sama sekali sehingga desain pelek barunya terlihat secara utuh.. Dan tidak heran Ducati menyebutnya cruiser sejati karena kentara sekali secara bentuk..



Model 'X' juga dapat diatur pada 60 posisi duduk yang merupakan kombinasi dari 4 posisi footrest, 5 posisi tempat duduk, 3 posisi handlebar atau stang.. Berbagai macam fiturnya pun sudah elektrik seperti pengendakian tenaga, kontrol traksi, cornering ABS dan juga riding modes, cruise control, serta launch control.. Selain itu, lampu sign juga sudah menyatu dengan tire hugger..


Itu saja yang dapat saya sampaikan.. Sekian dari saya.. Semoga bermanfaat..

Monday, September 19, 2016

Cara Kerja Variable Valves Actuation untuk Meningkatkan Performa Kendaraan


Setelah tadi kita membahas mengenai versi terbaru dari New Vixion yang sedang mulai ramai dibicarakan, saya mendapatkan sebuah singkatan yang sebenarnya sudah digunakan pada motor skutik besar Yamaha Nmax yang mungkin akan digunakan pada New Vixion untuk meningkatkan performa putaran atas yang menjadi kelemahan mesin SOHC..

Teknologi ini disingkat VVA yang memiliki kepanjangan Variable Valves Actuation yang akan membantu mesin khususnya SOHC karena Nmax menggunakan mesin SOHC yang bagus di putaran awal, namun pada putaran tinggi performa mulai turun.. Seperti terlihat pada grafik gelap di atas dimana tenaga mulai melemah di atas 6.000 rpm.. Dengan teknologi VVA putaran bawah meningkat dan putaran tinggi lebih kuat dan tidak langsung drop seperti pada tabel..



Dengan menggunakan teknologi ini, maka pengaturan katup intake yang diberi warna biru (gambar kiri) akan bekerja pada kecepatan buka-tutup yang berbeda.. Jika Anda lihat pada gambar kanan, maka ada 2 rocker arm, low dan high yang digerakkan oleh putaran camshaft seperti gambar di bawah.. Pada saat putaran mesin rendah, maka low rocker arm yang bekerja..


Sebaliknya, jika putaran tinggi selenoid pin (hijau) akan mendorong syncronizing pin (merah) sehingga pin berwarna merah akan masuk ke lubang high rocker arm dan mengunci kedua rocker arm menjadi satu..


Setelah terkunci, maka kedua rocker arm akan bekerja bersamaan sehingga low rocker arm mengangkat seirama dengan high rocker arm.. Bandingkan dengan gambar pertama dimana low rocker arm mengangkat lebih sedikit.. Dengan kesamaan angkatan, maka mesin bekerja pada putaran tinggi lebih maksimal dan inilah yang menyebabkan tarikan di putaran tinggi meningkat, padahal menggunakan mesin SOHC..


Sedangkan untuk putaran bawah pun meningkat karena low rocker arm bekerja sendiri dengan katup yang terbuka dan tertutup lebih cepat, sedangkan pada putaran tinggi dibantu dengan high rocker arm dimana katup intake terbuka lebih besar dan lebih lama sehingga udara yang masuk lebih besar.. Udara yang semakin banyak meningkatkan pembakaran, pembakaran lebih besar membuat tenaga dan tarikan yang dihasilkan lebih tinggi..Dan inilah yang dibutuhkan mesin SOHC, yakni tenaga dan torsi di putaran tinggi.. Tetapi dengan teknologi ini justru selain memperkuat power pada putaran tinggi, power pada tarikan bawah pun ikut terbantu..

Itulah yang sekiranya dapat saya sampaikan.. Semoga bermanfaat..

Sumber Gambar dan Animasi : motorblitz.com

Sunday, September 18, 2016

Indikasi Akan Adanya New Vixion Facelift 2017..


Jika beberapa waktu lalu beredar foto New Vixion Advance dengan grafis dan warna baru, beberapa blog besar sudah mulai mengindikasikan bahwa, Vixion akan mengalami perubahan lagi.. Sekarang ini industri sudah mengalami yang namanya revolusi, bukan lagi evolusi yang membutuhkan berpuluh-puluh tahun untuk mengalami perubahan, meskipun belum genap 2 tahun, Yamaha sudah ingin merubah jagoan 150cc-nya dan dapat dipastikan hal ini terjadi karena kuatnya persaingan yang sedang terjadi saat ini..

Seperti potongan puzzle yang biasanya dikumpulkan oleh para blogger, meskipun kadang situs blog dianggap tidak valid karena terkadang dapat berupa opini atau pendapat para penulis, tetapi dibanding situs lain, blog memberikan informasi lebih lengkap seperti pecahan-pecahan yang dikumpulkan lalu dirrekatkan agar menjadi sebuah sumber berita yang utuh.. Meskipun terkadang pecahan tidak pas atau ada yang hilang, tetapi kerja mereka telah berhasil mengungkap banyak misteri produk baru dsb..

Seperti yang sedang ramai dibahas, Yamaha mengeluarkan kode BK6 yang dikabarkan akan menjadi versi terbaru dari Vixion yang menurut dari sumber yang saya dapatkan mengalami perubahan dimensi piston menjadi 57,4 mm dari 57 dan ini digunakan pada Vixion, MX-King, R15 dan Xabre..
Kabar terakhir mengindikasikan Yamaha tetap menggunakan mesin SOHC namun mendapatkan perombakan besar untuk menghadapi pesaingnya..

Sekiranya itu saja yang dapat saya sampaikan.. Sekian dari saya.. Semoga bermanfaat..

LM847, Motor Bermesinkan Maserati V8


Pernah membayangkan motor bermesinkan mesin mobil Maserati 4.700cc, 8 silinder konfigurasi V yang dapat menyemburkan tenaga sebesar 470HP (350 kW) dan torsi 458 lb-ft (620Nm)..?? Jika iya, motor dengan 4 roda ini adalah jawabannya.. Meskipun bukan satu-satunya dan yang terbesar, tetapi motor jenis ini memang ada dan saya tidak tahu apakah tenaga sebesar itu dapat dimuntahkan dengan motor super besar dengan stang yang terlihat tidak terintegerasi langsung dengan roda yang memunculkan persepsi motor ini akan sulit dikendalikan..


Untuk sirkuit dan tikungan jelas, tetapi bagaimana dengan trek lurus..?Itulah uang menjadi pertanyaan.. Dengan bobotnya yang mencapai 400 kg, motor ini adalah sebuah monster beroda.. Dibuat di Prancis dapat terlihat motor ini ternyata memiliki bagian tengah yang terbelah dan tidak menyatu sehingga saat melewati tikungan, salah satu bagian akan terangkat lebih tinggi dibanding sisi satunya yang membuat motor ini dapat sedikit merebah..


Secara desain, motor ini terlihat panjang dan lebar dengan ukuran 2650 mm x 900 mm.. Meskipun tidak secantik motor pada umumnya, tetapi memiliki buntut indah sebuah Ducati Panigale.. Pada video di bawah meskipun tidak diperlihatkan motor ini digeber, tetapi suara yang dihasilkannya begitu mantap dan dalam khas mobil sport..


Kepanjangan dari LM847 sendiri tidak banyak diulas, tetapi dari yang saya terka LM sendiri mungkin merupakan kepanjangan dari dua perusahaan, yakni Lazareth yang merupakan perusahaan yang menekuni bidang modifikasi konstruksi otomotif dan M yang merupakan kepanjangan dari Maserati, sebuah pabrikan kendaraan roda empat kelas atas.. Angka 8 menunjukkan jumlah silinder dan 47 merupakan ukuran mesin, yakni 4.700cc yang dapat menghasilkan tenaga 470 HP..


Untuk piranti keselamatan, yakni rem sudah menggunakan model double dengan dimensi 420 mm 8 piston merek Nissin pada bagian depan dan belakang dengan jumlah cakram double 255mm 4 piston dari Brembo.. Dare to ride it..? She's not the only one.. (Berani menaikinya..? Karena motor ini bukan satu-satunya).. Cek motor Dodge Tomahawk, motor bermesinkan mesin mobil Dodge Viper 8.300cc V10..


Itu saja yang dapat saya sampaikan untuk artikel kali ini.. Semoga mampu menambah wawasan Anda akan motor-motor di berbagai belahan bumi lainnya.. Sekian dan terima kasih..