Pages

Sunday, July 31, 2016

Mengenal Lebih Dekat dengan Jenis Motor Off-Road


Bahasan blog saya saat ini, memang sedikit menclak-menclok (lompat-lompat).. Dari bahasan motor cafe racer, hukum konversi dan sebagainya yang membuat kita memutar otak dengan matematika dan hari ini tiba-tiba membahas tentang jenis motor off-road.. Sebagai blogger yang tergolong masih baru, ide bahasan memang terkadang sedikit membingungkan.. Apalagi sebagai blogger dituntut untuk konsisten dan memberikan update postingan setiap harinya, maka mohon dimaklumi..Tetapi saya berusaha memberikan artikel yang menarik dan tentunya bermanfaat bagi Anda sekalian..

Yup, langsung masuk saja ke bahasan.. Sebagai pembuka, motor off-road terdiri dari empat jenis, yakni Motocross, Enduro, Dual Sport dan yang terakhir adalah Motard..


  • Motocross
Motocross adalah jenis motor offroad yang digunakan pada ajang balap dengan ban tahu yang yang jarang-jarang tonjolannya.. Tidak dapat digunakan di jalan raya karena tidak memenuhi standar motor pada umumnya, seperti spion, lampu depan-belakang, lampu sign dan knalpot yang lolos uji emisi.. Mesinnya berkapasitas 125-450cc, dan memiliki spesifikasi untuk balap, maka tidak heran harganya sangat mahal..

  • Enduro

Motor jenis Enduro digunakan untuk uji ketahanan dengan melewati berbagai macam rintangan seperti jalan berbatu, sungai, naik-turun bukit, lumpur.. Hampir sama dengan motocross, hanya saja tidak semahal motocross dan dilengkapi dengan lampu untuk kebutuhan malam hari.. Seperti terlampir pada gambar di atas..

Ciri-cirinya akan terlihat di spesifikasi yang membedakan dengan motocross dengan harga tidak semahal motocross, namun memiliki tangki yang lebih besar untuk kebutuhan jarak jauh..

  • Dual Sport

Motor dual sport adalah motor yang dapat digunakan di jalan raya, maupun dapat juga digunakan untuk offroad karena motor ini sudah dilengkapi fitur-fitur yang mendukung untuk digunakan di jalan raya, seperti lampu depan-belakang, spion, klakson, speedometer dan lampu sign sehingga diperbolehkan untuk digunakan di jalanan.. Karena namanya dual, maka dapat diartikan double atau dapat digunakan pada dua kebutuhan, yakni jalanan dan offroad..

  • Motard

Adalah jenis motor trail yang disilangkan dengan motor jalanan dengan ciri-ciri, body trail, namun menggunakan ban halus berukuran lebih kecil, seperti motor jalanan pada umumnya.. Motor ini sangat nyaman saat digunakan pada jalan biasa (onroad), tetapi akan sangat tidak efektif untuk jalanan offroad.. 

Itulah sekiranya yang dapat saya sampaikan.. Semoga bermanfaat..

Hukum Konversi Power dan Torsi Mesin..


Pada postingan kali ini saya ingin membahas salah satu hal yang mungkin sedikit jauh dari bahasan biasanya.. Tetapi hal ini cukup membantu pemahaman Anda sekalian saat membaca artikel-artikel tentang roda dua, maupun roda empat terutama jika sedang mengulas spesifikasi sebuah kendaraan.. Karena sering kali pada saat membahas tentang kendaraan, terutama pada sisi power ataupun torsi menggunakan satuan yang berbeda-beda.. Terkadang Kw (Kilowatt), HP (horse power), BHP (brake horse power), DK (Daya Kuda), tetapi pada dasarnya HP dan DK sama..Pada BHP, tenaga diukur pada mesin, sedangkan HP dan Ps diukur pada tenaga yang dihasilkan pada roda..

Akan berbeda power-nya karena BHP diukur murni dari mesin, sedangkan HP dan Ps biasanya lebih sedikit dari BHP karena ada tenaga yang terbuang akibat gesekan ban dan girboks transmisi..

1 Kw = 1,34 HP

Jadi contoh, motor dengan 100 Kw sama dengan 134 HP, sedangkan sebaliknya

1HP = 0,745 Kw

100 HP x 0,75 Kw = 75 Kw

Selain itu ada juga Ps (Pferdestarke), bahasa Jerman..

1Ps = 0,99 HP
1 HP = 1,01 Ps

Itu untuk satuan power atau tenaga mesin, berbeda lagi dengan torsi yang menggunakan satuan pada umumnya lb-ft dan juga Nm atau yang sedikit digunakan adalah kg/m..

Pada kasus lb-ft dan Nm, lb-ft sama dengan pound-foot, berarti satu pon tekanan yang dihasilkan pada setiap kaki.. Sedikit membingungkan memang, tetapi yang menjadi poin penting adalah

1 lb-ft = 1,36 Nm
1 Nm = 0,74 lb-ft

Jika pada kg/m menjadi Nm (Newton Metres)

1 kg/m = 9,8 Nm
1 Nm = 0,10 kg/m

Terakhir, jika ingin merubah dari kg/m ke lb-ft

1 kg/m = 0,67 lb-ft
1 lb-ft = 1,49 kg/m

Untuk postingan ini, memang sedikit membingungkan dan membosankan, tetapi jika kita ingin lebih mudah, gunakan satuan pokok yang menjadi pegangan Anda.. Seperti memilih HP pada konversi power dan Nm untuk satuan torsi.. HP biasa digunakan Amerika dan Inggris, sedangkan Ps digunakan di Jerman dan negara Eropa lainnya..

Itu saja yang dapat saya sampaikan.. Semoga bermanfaat..

Saturday, July 30, 2016

Sedikit Ulasan Mengenai Motor Cafe Racer..

caferacerdesign.com

Jika Anda sekalian adalah penyuka roda dua, pasti tidak asing dengan jenis motor satu ini.. Yup, Cafe Racer, adalah sebuah jenis motor yang biasa digunakan untuk balap Grand Prix di tahun 1960-an dengan ciri khas, motor yang ringan karena tidak diperlukan konstruksi motor yang rumit, kubikasi mesin yang tidak terlalu besar yang menekankan pada speed dan pengendalian dibanding kenyamanan..

Penggunaannya lebih cocok untuk jarak dekat dan tidak dalam waktu yang lama..

Pada model motor seperti ini, kenyamanan memang dikesekiankan karena dari ukuran tangki yang panjang dan juga stang yang rendah menyebabkan para pengendara untuk sedikit membungkuk.. Karena desain memang dibuat untuk balapan, hanya saja saat ini motor-motor model cafe racer lebih mementingkan visual dari motor ini, nilai keindahan dan juga keklasikannya..

Karena namanya juga cafe 'racer', maka motor ini tidak direkomendasikan untuk rider pemula yang masih baru terhadap dunia roda dua, tetapi motor ini tetap menarik bagi pemula.. Mengapa..? Dari segi mesin, sebuah motor di atas 600cc tergolong besar, untuk itu pabrikan membuat motor-motor ini dengan cc sekitar 300 hingga 500.. Tidak perlu cc terlalu besar untuk mengendarai motor ini..


Motor ini juga terbilang ringan karena cc-nya kecil, tidak perlu kontruksi rumit dan teknologinya rendah.. Sehingga mereka menggunakan baja sebagai sasisnya.. Selain itu harganya juga terjangkau dibanding motor-motor lain dengan kubikasi mesin yang sama.. Dan yang terakhir, dengan segala kekhasannya, kesederhanannya, namun terlihat sangat eksotik dan klasik.. Itulah nilai daya trik dari motor ini..

Karena beberapa motor cafe racer pada awalnya diproduksi pada era 80-90-an, jika Anda hendak membelinya, bukan memodifikasinya, maka motor pada jaman itu biasanya tidak memiliki fitur seperti motor saat ini.. Pertimbangkan untuk mengganti beberapa parts dengan model custom.. Seperti rem, suspensi dan sasis..

Yang terakhir, ketersediaan parts motor ini sangat sulit ditemui.. Oleh karena itu, dianjurkan mengganti dengan custom parts.. Itulah sekiranya yang dapat saya sampaikan.. Sekian dari saya.. Semoga bermanfaat..

Friday, July 29, 2016

KTM Super Duke 1290 R, Tampil Sangar..!!


KTM Indonesia beberapa waktu lalu sempat memunculkan sosok baru yang diberi nama KTM Super Duke 1290 R model streetfighter yang diberi julukan The Beast.. Pabrikan asal Austria yang terkenal dengan warna oranye-nya yang mencolok itu.. Untuk melanjutkan perjuangan dari Super Duke 990.. KTM memang terkenal dengan produknya yang berdesain patah-patah, namun terkesan modern.. Desain ini merupakan hasil perpaduan dari KTM Racing dan Kiska Design yang menampilkan desain gahar dan agresif..

Rangka yang digunakan pada sang streetfighter adalah rangka berjenis space frame turbular berbahan chrome molybdenum steel yang kuat, namun ringan dan diklaim lebih kuat dari baja biasa yang merupakan inovasi terbaru dari rangka motor..


Untuk kenyamanan dan performa, maka KTM menggunakan supensi USD untuk bagian depan berukuran 125mm dan juga suspensi monoshock pada bagian belakang berukuran 156 mm yang dapat diatur sesuai kondisi berkendara.. Mesinnya pun memiliki kapasitas 1301cc dengan konfigurasi V-Twin 75 derajat, dua silinder yang mampu menyemurkan tenaga sebesar 127 Kw atau sebesar 172 HP..


Sebagai penunjang penampilan, KTM juga mempersembahkan edisi khusus untuk KTM Super Duke 1290R yang diberi nama Patriot Edition yang berwarna biru mengkilap dengan aksen putih dan juga bintang-bintang serta gambar bendera Amerika pada air scoop untuk menarik konsumen.. Sebenarnya artikel ini sudah pernah saya bahas 2 tahun lalu, artikel ini hanya sebagai pelengkap informasi saja..

Itu saja yang dapat saya sampaikan.. Sekian dari saya.. Terima kasih..

Thursday, July 28, 2016

Tipe-tipe Motor yang Digunakan pada MotoGP


Kali ini kita membahas mengenai tipe-tipe motor apa saja yang digunakan pada ajang balap bergengsi MotoGP.. Terdapat 5 merek berbeda, yakni Honda, Yamaha, Suzuki, Ducati dan Aprilia yang terbagi menjadi 11 tim berbeda, terdiri dari tim pabrikan dan juga tim satelit.. Terdapat 21 pembalap yang berlaga pada balap MotoGP, di antaranya pembalap pabrikan seperti Valentino Rossi, Lorenzo, Marquez dan Dani Pedrosa dan juga pembalap tim satelit seperti Dovizioso, Iannone, Aleix Espargaro dan Stefan Bradl.. Tidak hanya setiap tim yang berkompetisi, bahkan setiap rider pun punya sub-team yang memiliki data masing-masing akan motor dan pengendara masing-masing..

Maka tidak heran terkadang sesama satu tim pun saling bersaing untuk mendapatkan poin terbanyak dan meskipun sah, membagi data sub-team ke sesama tim pun dianggap tidak adil karena setiap data yang mereka kumpulkan adalah hasil research dengan rider.. Tetapi kali ini kita akan membahas tunggangan mereka masing-masing.. Langsung saja..

  • Yamaha YZR-M1

Yamaha menggunakan nama YZR-M1 untuk motor yang digunakan untuk MotoGP.. Dengan segala parts yang mereka benamkan, secara mengejutkan bebannya hanya 157 kg, bayangkan dengan motor produksi massal yang bebannya melebihi dari 200 kg.. Menggunakan ECU yang dipasok oleh Magneti Marelli, power yang dihasilkan motor ini mencapai di atas 240 HP dan dengan bobotnya yang ringan dapat melesat lebih dari 330 km/j..

  • Honda RC213V
Konsep dasar RC213V diperkenalkan pada 2012 lalu, dengan mesin 1000cc DOHC konfigurasi V4 untuk mengeksploitasi tenaga sebesar mungkin hingga mencapai 235 HP, lebih ringan dan mudah digunakan oleh para rider, menggunakan sasis alumuium twin-tube, dan mengalami peningkatan tenaga sebesar hampir 7 HP dibanding model 2015..

  • Suzuki GSX-RR

Sempat dipamerkan di acara EICMA Motorcycle Show 2016 lalu di Milan, Italia, GSX-RR mengalami beberapa ubahan pada body dan juga tenaga yang dikabarkan meningkat.. Dengan livery khas warna biru laut disandingkan dengan garis-garis berwarna mencolok hijau-kekuningan, menggunakan mesin datar 180 derajat dengan teknologi ride-by-wire dengan 10 tingkatan traksi dan Suzuki Drive Mode Selector dan sistem ABS elektronik yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 230 HP dan mampu menembus lebih dari 330 km/j..

  • Ducati Desmosedici GP16
Ducati menggunakan mesin 90 derajat V4 yang mampu menyemburkan lebih dari 245 HP dan mampu berlari menembus 340 km/j.. Inilah yang digadang-gadang membuat Lorenzo terpikat untuk menjajal Ducati.. Dengan mempertahankan winglet bahkan menambah jumlahnya menjadi dua pasang pada atas dan tengah fairing.. Frame yang digunakan baru untuk menyesuaikan dengan supplier ban baru untuk MotoGP, yakni Michelin..

  • Aprilia RS-GP

Aprilia RS-GP menggunakan mesin berkonfigurasi V yang khusus dibuat untuk ajang MotoGP dan dikembangkan sejak 2015 lalu dan mengikuti jejak Suzuki untuk kembali ke MotoGP.. RS-GP bukanlah sebuah motor evolusi terbaru dari Aprilia, namun mendesain ulang dari RS-GP sebelumnya.. Tidak hanya mengembangkan sendiri, Aprilia bekerjasama dengan Piaggio Group yang merupakan grup besar yang memegang beberapa merek kendaraan termasuk Aprilia..

Itulah kira-kira yang dapat saya sampaikan.. Sekian dari saya.. Semoga bermanfaat..

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Slip On Vs Full System

Knalpot memang merupakan fitur yang sangat penting dalam sebuah kendaraan, khususnya roda dua.. Bagaimana bisa sebuah sarana pembuangan mampu berkontribusi terhadap power yang dihasilkan oleh mesin.. Jika ingin mengetahui penyebabnya silahkan cek di bagaimana-knalpot-dapat-menyaring-suara..

Oke, lanjut pada artikel ini, untuk penggunaan knalpot, sebenarnya terdiri dari berbagai bagian yang secara luas kita kenal menjadi tiga bagian, yakni header, mid pipe dan muffler / slip on.. Jika kita menggunakan slip on saja saat mengganti knalpot, kelebihannya adalah harga lebih terjangkau, menambah tenaga, tetapi tidak terlalu signifikan, pemasangan lebih mudah dan suara lebih keras..Kekurangannya tenaga hanya bertambah sedikit, berat tidak turun secara banyak karena pipa tengah dan pangkal tidak diganti..


Jika kita membeli knalpot full system, maka kita akan mendapatkan tenaga yang lebih besar, bobot yang terpangkas 20 pon atau sekitar 10kg dan power meningkat sebanyak 15 %.. Tetapi, sayangnya harga yang dipatok cukup mahal, tergantung dengan merek dan bahan dari exhaust tersebut.. Pemasangan juga lebih rumit dikarenakan harus membongkar keseluruhan knalpot..

Beberapa juga membutuhkan jet kit atau fuel controller agar motor dapat berjalan dengan baik.. Selain itu, bentuk knalpot juga harus disesuaikan dengan  body motor.. Karena beberapa motor, bahkan perlu mengeliminasi pijakan kaki pengendara, standar tengah atau bahkan memperkirakan besar knalpot apakah mengganggu saat merebah..

Sekian info dari saya.. Semoga bermanfaat..

Motobot, Sebuah Robot yang Dapat Mengendarai Motor


Pada 2015 lalu, lebih tepatnya pada Tokyo Motor Show yang ke-44, Yamaha meluncurkan sebuah robot yang dapat mengendarai sebuah motor pada kecepatan tinggi.. Motor yang digunakan seperti gambar di atas adalah sebuah Yamaha R1M 2015, sebuah ide brilian yang menggabungkan sebuah kendaraan, teknologi dan robotik yang dinamakan Motobot..

Sebuah robot yang dapat meningkatkan kemampuannya dari hari ke hari dan bahkan melampaui kemampuan manusia.. Dengan proses belajar dan update dari latihannya sehari-hari suatu saat diharapkan robot ini dapat mengejar kemampuannya..

Pada video pertama, terlihat sebuah robot yang sedang belajar berkendara dengan kecepatan sedang dan juga dibantu dengan roller pada bagian kiri-kanan-nya untuk menjaga keseimbangan motor.. Kecepatan yang diraih cukup tinggi dan terdapat kalibrasi keseimbangan pada layar komputer yang membantu Motobot untuk meraih titik tengah saat melaju.. Diperlihatkan juga pada bagian akhir video, bahwa Motobot menantang Rossi untuk mengetes kemampuannya..


Pada video episode kedua diperlihatkan Rossi datang dan bertemu dengan Motobot.. Diperlihatkan pembuka awal dimana Rossi tidak percaya akan apa yang dilihatnya, bahwa sebuah robot dapat mengendarai sebuah Yamaha R1.. Dan beberapa penjelasan seperti motor R1 ini murni stock atau tanpa modifikasi dan terdapat sensor-sensor yang dapat mengatur penggunaan rem, kopling dan juga pergantian gigi.. Dikatakan bahwa Motobot akan mampu meraih kecepatan tinggi pada 2017.. Untuk lebih lengkapnya, cek video di bawah..


Sejauh ini, itulah yang ditunjukkan Yamaha, mungkin dibutuhkan beberapa waktu untuk dapat menantang 'The Doctor'.. Sekian dari saya.. Semoga bermanfaat..

Wednesday, July 27, 2016

Honda Berusaha Mengacak-acak Standar Motor di Indonesia..?


Tidak bisa dipungkiri, persaingan memang yang membuat perubahan, inovasi, hal baru yang tidak kita sangka-sangka.. Sebagai salah seorang FBY, saya benar-benar dibuat heran dengan strategi yang dibuat Honda, dimulai dari skutik yang mengalami perombakan, seperti Vario series, motor sport terjangkau seperti Verza, all-new CB150R dengan segala fitur barunya, diikuti dengan CBR150R dan yang terakhir adalah CBR250RR yang baru launching dua hari yang lalu..

Setelah beberapa tahun terus berinovasi, semakin lama, semakin terlihat hasilnya.. imho.. Seperti pada CBR250RR, Honda tidak hanya menggunakan suspensi USD, teknologi throttle-by-wire yang berhubungan dengan teknologi riding modes, muffler ganda, tetapi juga bahasan dari tmcblog mengenai sistem downdraft air intake yang juga dibenamkan pada sang lightweight yang mengalirkan udara langsung dari luar masuk ke ruang pembakaran untuk mengoptimalkan tenaga dan torsi ditambah dengan bobot yang ringan pada roda dan lengan ayun, tidak heran power to weight ratio meningkat banyak dan inilah yang digadang-gadang menjadi penyebab power dan torsi di atas pesaing-pesaingnya (Yamaha R25 dan Ninja 250 FI) klaim Honda..


Ini bisa menjadi masukan untuk pabrikan lain..

Sebenarnya artikel ini saya buat sebagai bentuk apresiasi saya terhadap Honda yang berani membuat gebrakan pada produk-produknya, dimana saat ini perkembangan roda dua terkesan monoton dan tidak ada perbedaan berarti antara produk satu dengan lainnya.. Di sini Honda kembali menyulutkan api persaingan agar pabrikan lain juga mau menciptakan inovasi yang membuat gairah rivalitas (dalam arti positif) kembali menguat sehingga konsumen pun memiliki banyak pilihan berdasarkan keunggulan produk masing-masing.. Sekian dari saya.. Maju terus perkembangan roda dua di tanah air..

Tuesday, July 26, 2016

Knalpot Termignoni, Tidak Hanya untuk Ducati


Sebagai salah satu produsen motor asal Italia, ternyata pemilik Ducati adalah perusahaan Jerman, yakni Volkswagen atau yang lebih biasa kita kenal dengan nama VW.. Ternyata Volkswagen Group tidak hanya menjual merek VW, tetapi juga memegang beberapa perusahaan besar, layaknya Lamborghini, Bugatti, Porsche dan masih banyak lagi..

Sayangnya, saat ini VW mengalami masalah krisis dengan percobaan diesel- nya dan salah satu langkah yang diambil adalah menjual Ducati ke pihak lain.. Secara keuntungan sebenarnya Ducati sudah menorehkan angka 54 juta Euro.. Yang mengejutkan, itu hanya 0,3 persen keuntungan untuk VW Group.. Padahal selama ini Ducati sudah mengalami kemajuan pesat.. Itulah setidaknya yang saya dapat dari sumber lain..

Oke, itu sekilas dari Ducati, selain dari itu, jika kita mengenal Ducati pasti tidak jauh dengan yang namanya Termignoni, sebuah perusahaan knalpot besar Italia yang bekerjasama dengan Ducati.. Sesuai dengan lokasi perusahaannya yang ada di Italia, tentunya Termignoni bukanlah sebuah merek abal-abal.. Menyuplai knalpot untuk MotoGP, SBK dan Moto2..

Setelah searching, ternyata Termignoni tidak hanya digunakan Ducati, tetapi juga menyediakan exhaust untuk motor-motor lain seperti Kawasaki, BMW dan juga Honda.. Harganya memang fantastis.. Untuk Ninja 250cc model slip-on (hanya bagian muffler / ujung knalpot) seharga 5 jutaan.. Bahannya terdiri dari titanium atau carbon..

Dengan harga segitu, sudah dapat membeli  full system exhaust yang terdiri dari exhaust manifold / header, pipa knalpot / mid pipe, juga muffler sebagai peredam suara dan end cap..


Jika untuk Ducati sendiri harganya mencapai 20 juta hanya untuk slip on / muffler, dan 39 juta untuk full system.. Harga tersebut untuk exhaust yang asli.. Jika tembakan dengan harga Rp1.400.000 sudah dapat full system..

PGM Motor dengan Mesin 2000cc V8


Jika kemarin kita membahas motor naked buatan BMW yang diklaim menjadi motor naked dengan power terbesar.. Ternyata sebuah pabrik motor di Australia yang bernama PGM dengan mesin 2,0 liter konfigurasi V8 yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 334 hp pada 12.800 rpm dan torsi sebesar 214 Nm pada 9.500 rpm..

Pada dasarnya, Australia adalah negara dengan penduduk yang menggemari kendaraan-kendaraan dengan mesin buas, seperti Comodore dan Falcon V8, yang menjadi rival ketat di industri roda empat.. Dengan mesin sebesar itu, bahkan pihak PMG pada situs resminya mencantumkan top speed dari motor ini dengan kata-kata 'how brave are you..?'.. Dari kubikasi mesin dan banyaknya jumlah silinder, dapat dipastikan motor ini sangatlah kencang..


Beratnya mencapai 242 kg dapat dicapai dengan penggunaan body carbon fiber, selain itu, menggunakan knalpot berbahan titanium model kustom buatan Akrapovic, kembar, dengan dua knalpot pada satu sisi.. Sehingga terdapat total empat muffler.. Sasisnya menggunakan model frame alumunium pada bagian depan dengan model trellis.. Dan alumunium pada subframe..

Itulah kira-kira yang dapat saya sampaikan, sekian.. Terima kasih..

Monday, July 25, 2016

Honda CBR250RR, Tampil Menawan dengan Fitur-fiturnya


Setelah menunggu beberapa waktu sejak Tokyo Motor Show 2015, Honda akhirnya meluncurkan jagoan terbarunya yang akan bersanding langsung dengan Ninja 250 FI dan Yamaha R25.. Jika melihat CBR terbaru ini memang sudah saatnya bagi pabrikan lain untuk segera meng-update jagoan mereka masing-masing..

Bayangkan, Honda CBR 250cc terbaru ini tampil menawan dengan knalpot double, suspensi upside-down, lengan ayun alumunium dengan 5 pengaturan, teknologi throttle by wire yang mengoptimalkan penggunaan bahan bakar dan tenaga, lampu full LED, tiga pilihan pengendaraan (comfort, sport, sport+) dan lap time control..


Harga yang ditawarkan berada di kisaran 63-68 juta untuk versi normal dan 74 jutaan untuk versi ABS.. Terdapat tiga pilihan warna, yakni Matt Gun Powder Metallic Black seperti gambar di atas, Honda Red Racing dan Anchor Grey Metallic.. 



Diprediksi, CBR250RR mampu memuntahkan tenaga lebih dari 36 hp dan torsi lebih besar dari 25 Nm dan diharapkan menjadi yang tertinggi di kelasnya.. Indonesia menjadi negara pertama yang meluncurkan CBR250RR karena animo masyarakatnya yang begitu besar.. Sayangnya, beberapa parts masih harus diimpor karena vendor lokal masih belum dapat memenuhi kualitas yang diinginkan..

Itu saja sedikit info yang dapat saya sampaikan.. Semoga bermanfaat..

Sistem Lisensi Eropa Penyebab Banyaknya Motor Sport 125cc


Seperti yang kita bahas beberapa hari lalu, mengenai mengapa motor 125cc di Eropa dan beberapa negara lainnya sangat mahal dan banyak digunakan oleh para rider di sana.. Harga Motor Sport 125cc Mahal..
Setelah membahas posting kemarin itu, sempat terlintas di pikiran.. Bagaimana proses yang perlu dilewati supaya dapat menggunakan motor dengan kubikasi besar seperti ZX-10R, R1, CBR1000RR dan masih banyak lagi..

Oke langsung kita bahas saja, ternyata untuk mendapatkan full license sebuah motor diperlukan 4 tahapan, mulai dari AM, A1, A2 hingga A.. Lebih hebohnya lagi, setelah umur minimum 24 tahun, baru seorang pengendara dapat mengendarai motor apa saja yang mereka mau..

CategoryVehicle typeMinimum ageNotes
AMMotorcycle16Light motorcycle with a design speed of less than 45 km/h (28 mph).
A1Motorcycle17Light motorcycles with a cubic capacity not exceeding 125 cc and of a power output not exceeding 11 kW (14.6 bhp). A motor tricycle less than 15 kW power output
A2Motorcycle19Motorcycles up to 35 kW (47 bhp) and a power to mass ratio not exceeding 0.2 kW/kg. Motorcycle combination with a power mass ratio not exceeding 0.2 kW/kg.
AMotorcycle24 Any size motorcycle with or without a sidecar. A Motor tricycle power output over 15 kW
Wikipedia

Di Inggris, untuk mendapatkan lisensi A2, dibutuhkan waktu selama 2 tahun dan pelatihan hingga lolos, maka akan dapat mengendarai motor dengan kubikasi mesin 250-300cc yang tidak boleh melampaui 35kW.. Terakhir, agar dapat menggunakan motor dengan kubikasi lebih besar lagi, maka dibutuhkan 5 tahun untuk mendapatkan lisensi A, yakni minimal Anda berumur 24 tahun..

Bayangkan di Indonesia saja, anak di bawah umur sudah dapat mengendarai Ninja 250cc.. Sebenarnya dalam proses ini, para rider diajarkan secara bertahap untuk beradaptasi dengan motor berkubikasi kecil dan waktu 1-2 tahun adalah waktu yang cukup singkat, untuk menguasai motor dengan kubikasi tertentu..

Keselamatan di sini menjadi nomor satu, serta pengalaman dan kesiapan pengendara di jalan.. Itu menjadi penyebab ketatnya mendapatkan lisensi penuh..

Sekiranya itu saja yang dapat saya sampaikan.. Sekian dan terima kasih..

ZX-10R 2016, Tampil Lebih Manis


Jika pada versi sebelumnya, Kawasaki mendesain ZX-10R dengan headlamp yang runcing dan tajam.. Pada ZX-10R 2016 ini, Kawasaki mengeluarkan desain yang lebih manis dengan lengkungan halus pada bagian ujung dalam lampu.. Bagian yang berbeda juga terlihat pada bagian knalpot, dimana pada desain sebelumnya knalpot membesar pada ujungnya, sedangkan pada versi 2016, ukuran lebih konsisten dari depan ke belakang..

Sempat mengagetkan dengan desain render mirip H2, ternyata, Kawasaki tidak menggunakan desain tersebut dan ternyata beda jauh dengan prediksi.. Dan ternyata konsep desain yang digunakan masih sama dengan klan ZX sebelumnya..
Selain lampu depan yang mengalami perubahan, lampu belakang pun tidak terlewat dari perubahan.. Lampu belakang yang pada desain sebelumnya hanya berbentuk persegi panjang, untuk desain 2016 ini, lampu belakang juga terlihat berbeda dengan bentuk segitiga yang terkesan sangar..

Mesin yang disandang adalah 998cc dengan tipe DOHC yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 207 bhp pada 13,000rpm dan torsi sebesar 113,8 Nm pada 11,500 rpm.. Yang mengejutkan, tenaga, ZX-10R 2016 ini menyamai Ninja H2.. Bedanya, pada 10,000rpm H2 sudah mencapai tenaga maksimalnya, sedangkan pada ZX-10R 2016 pada 13,000 rpm.. Yang berbeda adalah torsi puncak yang terpaut  yang mencapai 140 Nm..

Disini dapat dilihat memang harga tidak dapat dibohongi.. Besarnya tenaga dan torsi yang dimiliki Ninja H2 tidak lepas dari peran supercharger yang menyokong tenaga Ninja H2..

Yang tak kalah menarik dari ZX-10R 2016 adalah adanya BFF Suspension (Balance Free Fork), yang memberikan keseimbangan tekanan pada tiap sisi suspensi.. Yang meningkatkan kenyamanan dan pengendalian..


Terdapat perbedaan juga dari posisi mengemudi yang lebih baik dengan adanya BFF Suspension, gear dan crankshaft yang lebih ringan yang meningkatkan akselerasi, pengendalian, memasuki tikungan dan mengganti arah..


Selain itu, terdapat tambahan elektronik seperti launch / traction control, corner management, engine braking dan ABS.. Semakin lengkaplah sudah ZX-10R model 2016.. Sekiranya, itu yang dapat saya sampaikan.. Sekian dan terima kasih..

Sunday, July 24, 2016

BMW K1300R, Motor dengan Model Distinctive


BMW merupakan salah satu merek motor premium yang masih belum begitu dikenal di kalangan masyarakat Indonesia.. Produknya yang sudah sangat dikenal adalah produk roda empat yang sudah lebih dulu melakukan penetrasi beberapa puluh tahun di Indonesia.. Untuk motor yang ada sekarang ini biasanya memiliki model yang agak 'nyeleneh'.. Seperti BMW S1000RR yang memiliki fairing dengan lampu berbeda antara kiri dan kanan, S1000R, motor naked dengan lampu yang berbeda pula..

Kabarnya, motor ini adalah motor naked dengan power terbesar.. Itulah yang ingin ditonjolkan oleh BMW.. Sayangnya, beberapa sumber mengatakan bahwa power yang besar bukan menjadi penentu sebuah motor yang baik, terutama jika motor tersebut adalah motor naked..

Sebelum adanya motor ini, BMW pernah mengklaim bahwa seri K1200R adalah motor dengan power terbesar, yakni mencapai 163 bhp dan 90 lf-bt untuk torsinya.. Setelah keluarnya K1300R, motor ini menjadi motor naked dengan power terbesar, yakni menjadi 173 bhp dan torsi 103 lb-ft..


Kabar buruknya, 2016 menjadi akhir masa produksi motor satu ini..

Yup, pada 2016 motor ini diberhentikan produksinya tanpa sebab yang belum diketahui dengan jelas.. Tetapi yang ingin saya bahas disini bukan pemberhentiannya, tetapi salah satu hal yang membuat motor ini distinctive atau berbeda dari motor umumnya, yakni suspensi depan yang dinamakan BMW Duolever, yakni suspensi yang menggunakan spring atau per, bukan model pipa tabung seperti pada umumnya..


Per diletakkan pada dekat sasis dan menopang goncangan layaknya lengan ayun pada bagian belakang motor.. Terbuat dari alumunium, suspensi jenis ini membantu mengurangi getaran pada stir karena stir dengan suspensi tidak terhubung langsung seperti pada model konvensional.. Ini meningkatkan kenyamanan, stabilitas saat pengereman dan pengendalian yang lebih baik..

Pertama kali digunakan pada BMW K1200S, suspensi ini merupakan kemajuan dan inovasi teknologi suspensi.. Itulah kira-kira yang ingin saya sampaikan pada artikel kali ini.. Sekian dari saya.. Semoga bermanfaat..

Saturday, July 23, 2016

Bagaimana Knalpot Dapat Menyaring Suara..?

Muffler / Knalpot

Apakah Anda sekalian pernah bertanya-tanya dalam pikiran, bagaimanakah suara sepeda motor dapat disaring hingga mengeluarkan suara yang lebih halus dan tidak bising.. Seperti yang kita tahu, sebuah motor standar menggunakan ujung knalpot yang didalamnya terdapat rangkaian yang membuatnya menghasilkan suara lebih pelan dan ternyata berhubungan dengan tenaga yang dikeluarkan.. Mengapa..?


Ternyata di dalam muffler terdapat rangkaian seperti di atas.. Ada benda yang dinamakan resonator chamber, adalah ruangan besar seperti kepompong knalpot.. Yang kedua catalyzer / perforations adalah pipa yang memiliki lubang-lubang kecil yang akan memecah suara sehingga saat keluar dari knalpot nanti akan semakin halus..


Seperti bagan di atas, suara yang masuk akan berputar-putar dan memantul di dalam muffler tersaring catalyzer sehingga suara akan halus.. Itulah cara kerja knalpot standar.. Sayangnya knalpot model ini selain menyaring suara juga menyaring tenaga sehingga mesin tidak mampu mengeluarkan tenaga terbaiknya.. Pertanyaan lagi..

Mengapa hal ini bisa terjadi..?

Pernah mendengar free flow muffler adalah knalpot sedikit hambatan.. Semakin sederhana rangkaian muffler akan mengeluarkan suara yang lebih keras dan tenaga lebih maksimal.. Ini dikarenakan adanya back pressure pada knalpot standar yang memotong tenaga..

Jadi, back pressure terjadi ketika tekanan pada muffler menjadi besar dan terhambat oleh penyaringan pada muffler.. Udara hasil pembuangan tertahan dan sulit keluar.. Itulah kenapa ada knalpot yang disebut free flow, berarti bebas hambatan dan lebih ringkas desainnya sehingga udara mengalir lebih lancar, suara semakin keras dan tenaga lebih maksimal..

Seperti itulah kira-kira penjelasan bagaimana knalpot menyaring suara dan apa proses yang terjadi sehingga knalpot bersuara keras menghasilkan tenaga yang lebih baik.. Sekian dari saya.. Terima kasih..

Friday, July 22, 2016

Mengenal Ajang Balap Superbike Dunia, WSBK


Setelah kemarin kita membahas berbagai macam balapan seperti Endurance World Championship, ajang balap ketahanan, Isle Man of TT, ajang balap jalan raya yang berbahaya dan mengulik beberapa bahasan mengenai MotoGP, sekarang kita membahas salah satu ajang balap yang juga tidak kalah beken dan bedanya dengan MotoGP sudah jelas.. WSBK menggunakan motor-motor yang juga dijual untuk publik tetapi sudah mengalami perombakan atau tuning sehingga mampu memenuhi kebutuhan untuk balapan di salah satu ajang balap terbesar ini..

Jika pada balapan roda empat, MotoGP dikaitkan dengan balapan F1, sedangkan pada WSBK dikaitkan dengan balap Touring Car yang memang menggunakan kendaraan yang diproduksi massal.. Dilaksanakan di berbagai tempat di dunia, mulai dari Amerika, Selandia Baru, Malaysia, Canada dan masih banyak lagi, ternyata Indonesia pun sempat mengajukan diri untuk menjadi salah satu tuan rumah pada 2008, namun ditolak oleh pihak FIM..


Beberapa pabrikan yang saat ini mengikuti ajang balap besar ini adalah, Aprilia, BMW, Yamaha, Ducati, Honda, Kawasaki dan MV Agusta..
Aprilia RSV4

Aprilia menggunakan motor RSV4 yang memiliki 4 silinder dengan sudut kemiringan 65 derajat konfigurasi V yang dapat menyemburkan tenaga sebesar 200hp dan disediakan dalam dua jenis, yakni RSV4RR dan RSV4 RF untuk musim 2016 ini..

BMW S1000RR

Yamaha R1

Untuk R1 digunakan body racing dengan persyaratan minimal bobot 168 kg dan beberapa ubahan pada sektor perangkat lunak, knalpot, ban, suspensi, pengereman dan masih banyak lagi yang membuat motor ini siap untuk ajang balap ini..

Ducati Panigale 1198 R

Menggunakan Panigale R yang memiliki power sebesar 212HP dan dapat melaju lebih dari 195mph (312 kmh), mesin 1198cc dengan update suspensi, komponen mesin dan elektrik..

Kawasaki ZX-10R

Kawasaki dituntut untuk tidak memberikan perubahan besar pada motornya, sehingga hanya bagian depan dan bak mesin yang boleh diubah..

MV Agusta F4

Honda CBR1000RR

Sepertinya itu saja yang bisa saya sampaikan.. Sekian dan terima kasih..