Pages

Thursday, June 30, 2016

Modifikasi Xabre 150, Minor Fighter Yamaha


Yamaha merupakan salah satu produsen motor Jepang terkemuka yang produknya dikenal dunia sebagai motor yang berfokus pada sensasi berkendara yang asik.. Tidak hanya secara feel, namun juga desain yang menarik.. Salah satu produk terbaru yang menggunakan desain minor fighter dengan suspensi upside-down yang masih terbilang baru untuk motor dengan kubikasi mesin di bawah 200cc.. Di Thailand, motor ini juga diproduksi dengan nama M Slaz.. Dengan tujuan mengeksplor kreatifitas para modifikator, Yamaha mengadakan kontes modifikasi yang membebaskan modifikator untuk merombak motor ini secara besar-besaran dengan syarat tetap dapat digunakan sebagai kendaraan selayaknya..

Beberapa prerombakan terbilang total dengan bentuk yang ternyata berubah menjadi model lain, seperti cafe racer, street racer, dan masih banyak lagi.. Langsung saja kita simak..









Bagaimana..? Apakah Anda tertarik untuk memodifikasi Xabre seperti ini..? Tentu beberapa model akan menghabiskan biaya yang besar, tetapi prestise dan rasa bangga pasti akan Anda dapatkan.. Model yang ditawarkan tidak akan mengecewakan, justru penampilan akan makin gahar dan menarik.. Sekian dari saya.. Semoga bermanfaat..

Monday, June 27, 2016

Cornering ABS, Rem Cerdas Saat Tikungan


Seiring berjalannya waktu, teknologi pun semakin maju dan canggih, semua ini ditujukan untuk keselamatan dan kenyamanan pengguna dalam memakai produk.. Rem merupakan piranti vital dalam sebuah kendaraan yang akan membantu deselerasi saat tikungan atau menghindari objek lain di jalan.. Semakin pentingnya keselamatan bagi para pengendara, maka pabrikan secara bertahap memperbaiki terus menerus piranti keselamatan ini..

Mulai dari penggunaan rem cakram depan-belakang, dual disk untuk moge, rem kombinasi hingga yang mulai merajalela adalah teknologi Anti-lock Braking System yang lebih dikenal dengan nama ABS.. ABS sendiri merupakan piranti canggih yang menggunakan ECU sebagai perhitungan cengkeraman kaliper agar tidak membuat roda terkunci.. Sebelum lebih jauh membahas teknologi ABS, mari kita bahas kegunaan dari ABS, yakni untuk mencegah roda terkunci saat hard braking atau rem maksimal yang akan menyebabkan selip dan kehilangan kontrol akan kendaraan..

ABS yang kita temui pada motor-motor sekarang ini kebanyakan hanya meng-handle rem saat jalan lurus dengan mengukur kecepatan perputaran ban secara terus-menerus dengan sensor kecepatan pada tiap ban.. Saat tekanan kaliper ke cakram terlalu besar, maka ABS akan menguranginya sehingga motor deselerasi secara optimal dan tanpa ban terkunci..


Seperti gambar di atas, jika tanpa menggunakan ABS, ban akan selip dan kemungkinan menghindari objek akan semakin kecil karena kontrol hilang saat traksi kecil.. Inilah yang dilakukan ABS untuk meningkatkan keselamatan pengendara.. Saat roda terkunci ECU (Engine Control Unit) memerintahkan rem untuk mengurangi tekanannya sehingga roda kembali berputar..

Seiring berjalannya waktu, teknologi ABS ditingkatkan sehingga semakin efektif, cepat dan sensitif.. Dengan begitu, ABS bekerja lebih baik.. Waktu berjalan dan para ahli semakin memikirkan, bahwa ternyata ada celah yang belum diisi, yakni kontrol putaran ban saat menikung dimana traksi akan sangat rendah, plus tekanan yang diterima ban lebih besar dibanding dalam keadaan lurus..

Terlebih saat kemiringan mencapai maksimum, maka akan hanya ada sedikit cengkeraman pada ban dan akan membuat ban tergelincir.. Ini sebenarnya jauh lebih rumit dimana kontrol yang dilakukan, tidak hanya seberapa cepat putaran ban, namun juga tekanan saat berbelok dan juga sudut kemiringan motor..


Membutuhkan sensor yang membaca perubahan dengan cepat, kerumitan perangkat lunak dan mengkalkulasikan tenaga.. Bosch dan Continetal adalah dua pabrikan besar Jerman yang terjun ke sistem ini.. Selain itu penggunaan rem kombinasi juga dilakukan sehingga kita hanya perlu menggunakan salah satu rem dan kedua rem akan bekerja..

Teknologi ini akan membantu pengendara masuk dan keluar tikungan dengan lebih cepat dan aman.. Saat ini sudah beberapa pabrikan menerapkan teknologi ini, seperti BMW S1000XR, Continental dengan Optimized Curve Braking, Kawasaki dan Ducati yang juga sudah mulai menggunakan ini dengan namanya sendiri-sendiri..


Sekian dari saya, semoga bermanfaat..

Saturday, June 25, 2016

Perlengkapan Berkendara Standar Pengguna Motor


Berkendara dengan motor memang sangat menyenangkan, merasakan hembusan angin, bermanuver, kompak dan simpel, layaknya menunggangi kuda, kita adalah koboinya.. Sayangnya setiap benda yang diciptakan pasti memiliki kelebihan, namun juga kekurangan.. Mengapa..? Itulah kehidupan, tidak ada yang sesempurna selain yang di atas.. Ibarat Yin Yang, benda yang buruk sekalipun memiliki manfaat, sebaik-baiknya sebuah benda, ada kekurangannya..

Kali ini kita membahas sisi lemah dari salah satu benda yang dijuluki kuda besi ini, bentuknya yang lebih kompak dan simpel dibanding mobil ini memiliki beberapa kelemahan seperti piranti keselamatan yang lebih sedikit dibanding mobil, dibutuhkan keseimbangan lebih, pengendaranya yang hanya dilindungi oleh helm dan semua yang melekat pada tubuh..
  • Helm

Inilah berbagai macam helm yang ada sesuai dengan jenis motor yang dikendarai pula.. Untuk motor cruiser layaknya Harley, open face helmet biasanya digunakan untuk pengguna motor klasik, full face untuk street bike, off-road, modular untuk motor bebek atau skutik, snowmobile untuk motor salju, tipe German biasanya digunakan pada perang dunia ke-2, namun sangat cocok bagi yang ingin tampil beda dan juga helm jockey untuk motor balap klasik..

Perhatikan ukuran helm dengan ukuran kepala, jenis sepeda motor dan juga bahan helm, apakah sudah terlisensi ataukah belum karena helm merupakan alat perlindungan utama bagi para pengendara.. Karena kepala sangatlah vital, maka di seluruh dunia menetapkan para pengendara untuk menggunakan helm sebagai kewajiban dan tidak bisa ditawar lagi..

  • Jaket

Untuk jaket, sebenarnya terdapat beberapa jenis, untuk para pengguna Harley biasanya menggunakan jaket kulit, tetapi untuk pengendara usahakan yang memiliki pelindung bahu, siku tangan dan punggung.. Ini akan membantu mengurangi cedera di bagian yang rawan.. Pilihlah yang memiliki bahan yang sejuk dan tidak terlalu sempit karena akan mempengaruhi pengendara saat berkendara, terutama jarak jauh.. Akan sangat disayangkan apabila saat berkendara, kita semakin tidak nyaman karena kepanasan dan tidak dapat bergerak fleksibel karena terlalu ketat..
  • Sarung Tangan
Gunakan sarung tangan dengan ukuran yang pas dan nyaman dan usahakan menggunakan sarung tangan yang memiliki pelindung kepal tangan dan jari.. Selain melindungi dari cedera juga dapat melindungi tangan dari teriknya sinar matahari..
  • Celana

Celana berkendara sebaiknya menutupi seluruh kaki dan terdapat pelindung lutut karena pada bagian kaki, lutut sangatlah rawan dengan benturan karena menahan bobot tubuh secara keseluruhan, terdapat berbagai jenis celana yang dapat digunakan, model jeans atau kulit..
  • Sepatu

Untuk berkendara sebaiknya menggunakan sepatu karena sepatu melindungi kaki lebih dibanding sandal atau sejenisnya.. Lebih baik lagi, jika menggunakan sepetu boots karena akan melindungi tidak hanya kaki, melainkan juga pergelangan kaki yang rentan akan cedera..

Itulah kira-kira perlengkapan standar yang biasa digunakan para rider, terutama yang suka melakukan perjalanan jauh atau keperluan khusus seperti balapan karena tubuh kita memiliki berbagai macam titik vital yang harus dijaga, sedikit kesalahan kadang membawa dampak yang besar.. Karena itu berkendaralah sesuai dengan aturan yang berlaku and keep riding safe.. Sekian dari saya.. Semoga bermanfaat..

Friday, June 24, 2016

Turbo Untuk Motor, Kenapa Ngga..?


Turbo adalah sebuah piranti yang digunakan untuk menambah tenaga motor secara drastis dengan cara menggunakan angin hasil pembuangan untuk memutar kipas yang terhubung dengan kipas di sisi berlawanan.. Kipas berlawanan tentu akan menghisap udara segar yang akan dialirkan ke intercooler (pendingin mesin) untuk menyalurkan udara dengan temperatur lebih rendah dan udara dingin memiliki struktur oksigen yang lebih padat sehingga akan membantu pembakaran yang lebih baik..

Pada putaran rendah angin yang masuk akan lebih banyak dibanding saat piston bergerak semakin cepat (putaran tinggi) angin yang masuk akan semakin sedikit dan inilah yang membuat pembakaran semakin tidak sempurna sehingga keluarlah asap yang banyak (khususnya kendaraan diesel)..

Untuk itu, kita sedikit bahas roda empat, menggunakan turbo sebagai suplai angin yang akan membantu pembakaran yang lebih sempurna dan digunakan saat putaran mesin menengah hingga tinggi karena pada saat tersebut mesin sangat membutuhkan udara untuk pembakaran..

Nah, untuk turbo motor, ada beberapa jenisnya.. Kita akan membahas turbo untuk motor di bawah 400cc.. Turbo dapat memberikan tambahan tenaga 1,5 kali lebih besar dan harganya mulai dari 4 juta hingga 8 juta.. dan itu hanya turbonya saja, belum termasuk oil cooler, piping dan knalpot..

Penambahan tenaga bisa mencapai 23dk.. Beberapa persyaratan untuk pemasangan turbo adalah mesin tidak ada masalah, mesin harus bebas dari kebocoran oli karena turbo menggunakan oli untuk pelumas bearing, mesin bore up, dan pengapian yang lebih besar..


Berikut kemampuan motor yang sudah dibekali turbo.. Akan terasa sekali perbedaan tenaganya.. Sekian dari saya.. Semoga bermanfaat..

Tuesday, June 21, 2016

Forza 150, Rival Tangguh Nmax


Honda memang terkenal dengan gencaran produknya yang selalu membawa warna sendiri bagi konsumen, bagaimana tidak, penjualan skutik saat ini dikuasai oleh Honda, segmentasi sport pun mulai goyah dengan adanya klan CB dan CBR yang tampil dengan fitur-fitur yang menggoda konsumen.. Sebagai salah satu penguasa di bidang otomotif, Honda berusaha dengan sekuat tenaga mengambil tahta kekuasaan di berbagai tipe motor..

Honda memang memiliki sebuah motor skutik besar, yakni PCX.. Tetapi, harga sebuah PCX tidaklah sebanding dengan sebuah Nmax.. PCX di Jabodetabek berharga sekitar Rp39.800.000 dan itu terpaut sangat jauh dengan Nmax yang berharga 24 juta untuk versi non-ABS dan 27 jutaan untuk versi ABS.. Secara desain pun Nmax masih terbilang sederhana dibanding PCX yang merupakan motor kelas premium dengan penampilan yang lebih elegan..


Oke, seperti tidak kehabisan akal, Honda berusaha memblokir segala akses Yamaha, mulai dari CB, CBR, Supra GTR 150, hingga kabar terakhir adalah Honda akan mencegat Nmax dengan lawan sebandingnya, yakni Forza 150 yang didesain dengan body yang bongsor, namun memiliki fitur-fitur yang membuat harganya lebih terjangkau dibanding PCX yang dikaterogikan sebagai skutik premium.. Tentunya ini adalah celah yang dapat dimanfaatkan Honda..



Beberapa kelebihan Forza 150 adalah desain yang elegan yang diturunkan dari kakaknya, PCX.. Kemudian speedometer keren dual cluster, ban depan dan belakang yang besar, yakni ukuran 120 dan 140 dengan kapasitas tangki yang mencapai 11,5 liter untuk mengimbangi kapasitas mesin yang besar, spionnya pun sudah dilengkapi dengan lampu sein yang semakin menarik konsumen, kapasitas bagasi mencapai 48 liter dan juga ada pengaturan ketinggian windshield (6 setelan) dan juga pengaturan suspensi belakang yang memiliki 5 setelan..

Sayangnya, Forza memiliki kelemahan, yakni klaim mesin yang menggunakan mesin Vario 150 yang dianggap kurang bertenaga dan semoga ada perbaikan di sektor ini, windshield yang dapat diatur tentu akan sedikit sulit untuk mencarinya di aftermarket dan harganya yang kemungkinan tidak bisa di bawah Nmax, jika fitur yang diaplikasikan seimbang dengan Nmax karena sempat beredar isu Forza 150 akan dijual lebih murah dibanding Nmax..

Beberapa fitur yang sama pada Nmax dan Forza adalah ABS depan-belakang, speedo yang lengkap dan juga dual cakram.. Semoga saja motor ini segera diproduksi.. Sekian dari saya.. Semoga bermanfaat..

Tujuh Perusahaan Motor Listrik Keren Versi RNM

Sekarang ini, motor-motor di dunia sebagian besar masih menggunakan bahan bakar fosil yang semakin hari semakin menipis karena bahan bakar fosil membutuhkan waktu beribu-ribu tahun pengendapan sehingga bisa ditambang untuk dijadikan bahan bakar.. Sayangnya, selain menipis, emisi dari bahan bakar fosil juga menyebabkan polusi dan kerusakan alam serta kesehatan makhluk hidup.. Dengan penebangan liar lengkaplah sudah penderitaan bumi kita tercinta ini.. Oleh karena itu, orang-orang mulai berpikir untuk melakukan gerakan perubahan untuk mempertahankan bumi ini..

Pabrikan kendaraan pun berlomba-lomba membuat kendaraan ramah lingkungan, salah satunya adalah menciptakan motor berbahan bakar elektrik yang dapat digunakan ulang dengan men-charge kendaraan dengan listrik.. Sayangnya, kendaraan seperti ini memakan biaya tinggi dan masih tergolong sulit untuk penjualan, selain harganya yang masih mahal, motor ini pun susah ditemui..

Oke, itu sedikit pembukaan, nah, selain bermesin ramah lingkungan, motor-motor ini pun didesain sedemikian rupa sehingga tidak kalah dengan motor-motor konvensional dan memiliki kemampuan yang tidak kalah dengan mesin berbahan bakar fosil.. Langsung saja..

1. Zero Motorcycles



Zero merupakan sebuah perusahaan yang didirikan di Amerika didirikan pada tahun 2006 dan menjual motor listrik yang memiliki desain simpel namun enak dipandang mata. Menyediakan motor naked (tanpa fairing) dari jenis street bike hingga trail.. Selainitu, Zero juga memproduksi motor khusus polisi bermesin elektrik yang senyap dan responsif dikarenakan mesin listrik tidaklah bising..

2. Brammo Motorcycles

Brammo merupakan sebuah perusahaan motor listrik yang akhirnya diambil alih oleh Victory dengan satu jenis motor yang sama, yakni Empulse yang merupakan sebuah motor listrik dengan desain yang lebih berisi dan besar bila dibandingkan dengan pabrikan Zero..

3. Brutus Motorcycle


Brutus Motorcycle adalah pabrikan kendaraan listrik yang bermain di segmentasi berbeda, yakni motor-motor berbentuk klasik seperti di atas, ada juga versi cafe racer yang merupakan versi yang cukup digandrungi anak-anak muda Indonesia. Selain ini, ada pula motor lainnya yang berdesain klasik, namun tetap menawan.

4. Harley Davidson Live-Wire


Harley Davidson yang terkenal dengan konsepnya yang independen dan rebel (berontak), ternyata pun akhirnya turut turun tangan menangani sebuah projek yang disebut Live Wire yang berisikan sebuah motor elektrik dengan desain yang futuristik, tanpa meninggalkan ciri motor cruiser pada umumnya, motor ini sempat dipakai oleh salah satu pemeran Avengers, yakni Scarlet-Johansson dengan perannya sebagai Black Widow..

5. Energica


Adalah sebuah perusahaan motor listrik yang didirikan di Itali dan merupakan pabrikan motor yang mengeluarkan motor fairing yang berharga $34.000 dan berhadapan langsung dengan Ducati 1199 Panigale R dinamakan Ego 45 yang juga memproduksi motor elektrik naked yang dinamakan Eva..

6. Lightning Motorcycle


Sebuah motor yang diproduksi oleh Lightning Motorcycle yang mengeluarkan sebuah tipe, yakni LS-218 yang mampu mencapai kecepatan hingga hampir 350 km/j menjadikan motor ini salah satu motor yang bertenaga besar meskipun bermesin elektrik, dengan semburan tenaga mencapai 200 HP dan torsi 168 ft-lbs dan mampu digunakan hingga 160 km setelah pengisian dengan rpm mencapai 10.500..

7. Mission Motorcycle


Dan yang terakhir, sekali lagi sebuah perusahaan motor listrik yang memiliki 2 tipe, yakni R untuk versi standar dan 40 unit tipe RS yang dengan performa yang lebih liar, sayangnya motor ini tidak secepat LS-218, yakni hanya 240 km/j kecepatan tertingginya dan dijual dengan harga $32,499..

Itulah yang dapat saya sampaikan, sekian dari saya.. Semoga bermanfaat..

Monday, June 20, 2016

Zero Motorcycles, Pabrikan Pembuat Motor Polisi

Zero DSP

Pabrikan satu ini mungkin terdengar asing bagi agan-agan sekalian karena pabrikan ini hanya menyediakan motor bertenaga listrik.. Uniknya, pabrikan ini juga memproduksi motor khusus polisi yang ramah lingkungan dan memiliki kemampuan berbeda-beda.. Untuk kota, offroad dan gabungan keduanya (seperti gambar di atas) dengan nama Zero DSP.. Zero SP untuk onroad dan Zero FXP khusus offroad..
 Zero SP

Kelebihan dari motor ini tidak jauh dari motor listrik lainnya, yakni kesenyapannya dari suara yang sangat membantu untuk mengendap-endap karena motor listrik tidaklah bising.. Selain itu kelebihan lain dari motor ini adalah akselerasi mantap untuk respon yang baik, motor ini tidak menggunakan kopling dan gigi cmiiw, sehingga sekali lagi membantu polisi dalam elemen kejutan dan respon cepat, beban yang ringan untuk manuver yang asyik..
Zero FXP

Pada tipe untuk polisi terdapat tambahan huruf 'P' yang berarti Police.. Pada satu jenis motor ini terdapat dua sub-jenis lagi yang memiliki spesifikasi berbeda.. Pada Zero SP dan DSP terdapat tambahan power tank yang akan menambah kapasitas baterai dan daya jelajah bervariasi setiap tipe dari 63 km sampai 304 km dalam kota.. Motor ini dapat diisi ulang dengan rentang waktu 3 hingga 10 jam.. 3 jam dapat dicapai dengan bantuan kapasitas charger yang lebih besar..

Fitur-fitur yang dimiliki motor ini juga terbilang advance dengan adanya upside-down shockbreaker, piranti karet bundar Pirelli.. Penggunaan bahan bakar setara dengan 1,38 liter bensin untuk 100 km dan hanya membutuhkan cost sebanyak kurang dari 1 dollar untuk sekali pengisian..

Tentu ini sangat membantu dan bermanfaat untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan.. Top speed mampu mencapai 153 km/jam pada tipe SP dan DSP, serta 137 km/jam pada tipe FXP.. Sekian info dari saya.. Semoga bermanfaat..