Pages

Wednesday, April 27, 2016

Mesin DOHC Overstroke Ternyata Ada Juga Lo..


Jika kita mengikuti perkembangan roda dua di tanah air pasti tidak heran dengan teknologi mesin DOHC (Double Over Head Camshaft) dimana menggunakan dua noken as seperti gambar di bawah.. Bedanya dengan SOHC (Single Over Head Camshaft) adalah katup yang mengatur masuknya bahan bakar dan pembuangan dibedakan noken as-nya.. Sedangkan mesin SOHC, katup pembuangannya diatur oleh satu noken as.. Karena bekerja secara individual, maka katup dapat bergerak independen dan lebih cepat..
Camshaft : Noken As, Valve : Katup

Ini menyebabkan pasokan bahan bakar pada mesin DOHC melimpah dan berpengaruh pada putaran mesin yang lebih tinggi.. Ini jugalah yang menyebabkan power pada motor ini besar dan berpengaruh pada top speed-nya.. Motor ini cocok untuk perjalanan jauh karena nafasnya panjang (rpm tinggi) sehingga mesin tidak ngotot.. Sayangnya, motor bermesin DOHC jauh lebih boros karena pasukan bahan bakar yang besar.. Karena itu, motor keluaran terbaru dan yang saya tahu adalah duo Honda, CB150R dan Sonic sudah menggunakan mesin DOHC, tetapi overstroke/square (biasanya DOHC overbore).. Mengapa saya menyebut antara square atau overstroke karena perbandingan pipa bore dan stroke-nya nyaris sama.. Untuk lebih jelas tentang mesin square, overbore dan overstroke klik di sini : Perbedaan Mesin Overstroke, Overbore dan Square


Pipa bore pada Sonic dan new CB sekitar 57,3mm dan 57.8mm.. Sedikit sekali perbedaannya, namun saya tetap menggunakan kata oversquare karena istilah ini lebih umum dibanding mesin square.. Kelebihannya dari mesin DOHC overstroke ini adalah nafas tetap panjang, meskipun tidak sepanjang overbore (rpm sedikit lebih rendah).. Namun tetap powerful, tarikan lebih enteng dan penggunaan bahan bakar lebih irit.. Ini dilakukan Honda sebagai bentuk penyesuaian motor yang lebih banyak digunakan untuk dalam kota dan mengimbangi keiritan pesaing-pesaing motor lain, seperti Vixion yang irit karena menggunakan mesin SOHC..

Kira-kira seperti itulah penjelasan yang dapat saya berikan.. Sekian dari saya.. Semoga bermanfaat..

Apakah Motor ber-cc Besar Lebih Boros dari Mobil..?


Tergantung, itulah kira-kira jawaban yang terbesit dari pertanyaan di atas.. Kenapa bisa..? Inilah yang menjadi poin penting dalam memahami mengapa motor ber-cc besar layaknya moge-moge dengan kisaran mesin 1000cc sebagai contohnya.. Saya mengambil contoh motor dengan 1000cc ke atas karena rata-rata mobil sekarang memiliki kubikasi mesin kira-kira di atas 1000cc..

Kali ini lagi-lagi saya membahas topik yang 'nyerempet' ke bahasan roda empat karena mereka sama-sama kendaraan bermotor yang teori dan konsepnya memiliki beberapa kesamaan.. Jawaban paling simpel kenapa motor ber-cc besar lebih boros dibanding mobil biasa karena wajarlah, kalo dibandingkan motor ber-cc besar pasti lawannya juga mobil-mobil ber-cc besar layaknya Ferrari atau Lamborghini.. Tetapi di sini saya ingin mengutarakan sesuatu yang berbeda, kalo mobil ber-cc sama, misalnya 1400cc, dengan beban yang lebih berat kenapa motor bisa lebih boros.. Jawabannya sedikit berhubungan dengan artikel sebelumnya.. Mengapa RPM motor lebih tinggi dari mobil

BMW R1200GS

Motor-motor sport ber-cc besar rata-rata memiliki pipa bore dengan diameter besar, yang membuatnya memiliki rpm yang tinggi.. Untuk mencapai rpm yang tinggi dibutuhkan puntiran gas yang lebih besar sehingga membuat mesin mengucurkan bahan bakar lebih banyak.. Nah, berdasarkan jawaban saya yang pertama, ternyata menurut sedikit research yang saya lakukan, motor besar ternyata bisa setidaknya dikatakan irit, yakni dengan membuat rpm atau putaran mesin yang kecil setiap ganti gigi.. Contohnya, mobil standar umumnya memiliki rev limiter di angka 5000-6000, jadi setidaknya pengemudi mengganti gigi di kisaran rpm 3000 hingga 4000..

Jadi, untuk membuat motor ber-cc besar bekerja lebih irit adalah dengan cara tersebut.. Namun mengganti gigi di rpm tersebut sangatlah rendah karena motor besar memiliki rpm di atas 10.000 dan menjalankan motor dengan beban berat dan pelan selain sedikit sulit dan beberapa asumsi kalo menggunakan kendaraan dengan cc besar, namun terlalu pelan akan menyebabkan mesin cepat panas.. Untuk hal ini, saya pun masih belum mendapatkan bukti yang kuat.. Untuk itu, kira-kira seperti itulah penjelasan yang saya berikan.. Sekian dari saya.. Semoga bermanfaat.. :D

Monday, April 25, 2016

MotoGP : Jerez 2016, Rossi Pole Position dan Juara Pertama


Minggu kemarin adalah minggu yang menyenangkan serta bersejarah bagi Valentino Rossi.. Kenapa tidak setelah juara empat pada race pertama di Qatar dan keluar dari balapan karena jatuh pada race ketiga di Amerika, Rossi akhirnya kembali menunjukkan performa terbaiknya di MotoGP Jerez, Spanyol.. Menjadi pembalap tercepat pada sesi kualifikasi dan memenangkan lomba di Jerez membuat Rossi mencetak kemenangan keenamnya di Jerez..

Sejak 2002-2003 saat menggunakan Honda, Rossi sudah memenangi balapan di Jerez, kemudian pada 2005, 2007, 2009 dan setelah 7 tahun menunggu akhirnya pada 2016 ini Rossi kembali memenangkan race di Spanyol dengan perolehan skor 24 poin menjadi total 58 poin dan saat ini Rossi menempati posisi ketiga pada daftar poin total dan ini dapat digunakan sebagai ajang pembuktian, bahwa kekalahannya pada balapan lalu bukanlah akhir dari segalanya..

Kemenangan Rossi di Jerez pada 2002

Masih tersisa 14 race lagi dan kesempatan Rossi untuk mengambil alih juara dunia masih terbuka lebar, begitu juga untuk Marquez dan Lorenzo, tidak ketinggalan Dani Pedrosa dengan pembalap lainnya.. Sempat terjadi kejar mengejar antara Lorenzo dengan Rossi, beberapa kali Lorenzo mengeluarkan perlawanannya, tetapi pada akhirnya, Rossi justru memperpanjang gap waktu dengan rekan setimnya, Lorenzo..

Kemenangan mutlak ini dapat dijadikan motivasi untuk Rossi menghadapi race berikutnya, peluang masih terbuka lebar.. Lorenzo pun selain bersaing merebut posisi pertama juga mendapat perlawanan dari Marquez yang akhirnya harus puas di posisi ketiga..

Oke, sekian dulu berita dari saya.. Semoga bermanfaat..

Thursday, April 21, 2016

Mengapa Motor Memiliki RPM Lebih Tinggi dibanding Mobil..?

RPM Vixion

Sebuah pertanyaan yang mungkin sempat terbesit di pikiran kita yang cukup membuat kita berpikir dalam, sebenarnya kenapa sih rpm (rotary per minutes) sebuah motor itu rata-rata lebih tinggi dibandingkan mobil pada umumnya..? Jika kita lihat motor-motor seperti Vixion, CB, Satria mampu menembus lebih dari 10.000 rpm, sedangkan pada mobil rpm kebanyakan di bawahnya kisaran 4.000-5.000 rpm untuk mobil harian semacam Innova dan Ertiga dan sekitar 7.000-8.000 rpm pada mobil sport..

RPM Toyota 86

Sebagai penjelasan singkat, Toyota 86 adalah mobil sport kelas entry yang harganya lebih terjangkau dibanding mobil sport pada umumnya.. Sebagai pembanding, bahkan yang notabenenya 'sesama' sport, putaran mesin mobil tidaklah terlalu tinggi.. Beberapa sumber mengatakan, bahwa mobil memiliki berat yang jauh di atas motor, karena itu mobil dirancang memiliki jarak sroke yang lebih panjang.. Dimana stroke yang panjang menghasilkan tarikan yang lebih baik, tetapi karena jarak yang panjang, piston akan membuat sebuah perjalanan naik turun lebih lama dan terbatas dibanding sebuah motor yang memiliki jarak stroke lebih pendek dibanding mobil.. Beban mobil yang begitu berat memaksa para engineer membuat jarak stroke yang panjang untuk mengimbangi tarikan dan bebannya..

Contoh, seorang pelari melakukan lari bolak-balik lapangan seperti gerakan piston, satu kali bolak-balik sama dengan satu kali naik turun piston, tentunya akan lebih sedikit jumlah bolak-balik seorang pelari dengan jarak tempuh satu lapangan basket dibanding setengah lapangan basket, karena itu mobil memiliki putaran lebih sedikit dibanding motor..

Panjang stroke Vixion adalah 57 mm, sedangkan pada Toyota 86 mencapai 86mm.. Bahkan pada Suzuki Ertiga, stroke memiliki panjang 73mm.. Ini menyebabkan putaran mobil lebih sedikit dan rendah.. Seperti itulah kira-kira penjelasan mengapa rpm motor bisa lebih tinggi.. Terima kasih.. Semoga bermanfaat..

Sunday, April 17, 2016

Supra X 150 : 'MX-King, Akulah Lawanmu'


Jika bro sekalian rajin mengikuti perkembangan roda dua tanah air, pasti sudah tidak asing dengan manuver Honda untuk menghadang MX-King.. Seandainya mereka benda hidup pasti akan terjadi drama.. Supra : Kalau kau mau melawan Sonic, langkahi dulu mayatku.. MX-King : Silahkan, sebagai peringatan saja, kau akan menyesali apa yang baru saja kau katakan.. Strategi Honda cukup jitu, menyiasati segala segmentasi dengan produknya patut diacungi jempol.. Strategi ini butuh proses bertahun-tahun hingga dampaknya kelihatan..

Ini sebagai pertanda jelas bahwa Honda sebisanya ingin menguasai segala segmen, bahkan MX-King yang awalnya bersaing dengan Sonic dan juga Satria dicegat dengan adanya Supra X 150 yang di beberapa negara sudah meluncur dengan sebutan Honda Winner.. Dengan mesin 150 cc-nya diharapkan Supra X 150 mampu menahan laju MX-King.. Sebenarnya ini adalah pertarungan yang adil dimana, MX-King memiliki desain dan bobot yang berbeda.. Ini dikarenakan body yang lebih tebal dan juga ukuran ban yang lebih besar.. MX-King berbobot 116 kg dan menjadi yang terberat diantara yang lainnya dan desainnya yang lebih ke arah motor bebek dibanding ayago..


Keduanya memiliki desain sama, yakni motor bebek, tetapi lebih cocok disebut bebek super karena mesin yang digendongnya.. Ban besar pun disematkan untuk menampilkan efek kekar.. Perbedaan yang cukup mencolok ada pada mesinnya, dimana Supra X 150 menggunakan mesin DOHC 6 percepatan, beda dari Mx- King yang justru masih tetap setia dengan mesin SOHC dengan 5 percepatan..

Perbedaan lainnya ada pada lampu LED yang terpasang pada lampu belakang pada MX-King, sedangkan, Honda pada lampu depannya.. Supra X ternyata berbobot 122kg dengan tangki 4,5 liter, sedangkan MX-King hanya 4,2 liter.. Ukuran ban depan pun berbeda, pada MX memiliki ukuran 70/90-17, sedangkan pada Supra 90/80-17..

Power unggul Supra (11,5 kw/9.000 rpm), sedangkan MX (11,3 kW/8.500 rpm).. Untuk torsi sebaliknya, Supra sedikit ketinggalan dengan 13,5 Nm/6.500 rpm, sedangkan MX mencapai 13,8Nm pada 7.000 rpm.. Jadi di atas kertas, kedua motor ini boleh dikatakan seimbang dan cocok sebagai rival.. Kesimpulannya, performa mereka akan beda tipis dan kita semakin penasaran siapakah yang lebih baik dalam akselerasi, atau kecepatan, atau bahkan manuver dan kelincahannya. Kita tunggu kedatangannya..

Thursday, April 14, 2016

Menguak Brand Image dari Dua Raksasa Jepang di Indonesia, Honda dan Yamaha


Memang sedikit aneh, bila kita membayangkan pertarungan duo raksasa di tanah air ini, Honda seperti tidak memberi celah.. hanya beda model saja dicegat juga.. Contohnya, MX-King yang akan diadu dengan Supra X 150.. Sebenarnya mungkin ini strategi jitu yang dilakukan Honda sehingga pangsa pasar penjualan motor di Indonesia dikuasai oleh Honda..

Memang ciri khas Honda, mereka membuat motor yang memiliki fitur-fitur yang menyenangkan, sedangkan Yamaha lebih peduli dengan feeling pengendara akan identitas sebuah motor yang memiliki performa menakjubkan.. Terkesan ketinggalan, memang, tapi mungkin itulah yang mereka rencanakan.. Posisi mengendara yang memacu adrenalin, suspensi keras untuk kelincahan dan manuver, desain yang berani keluar dari pakem.. Itulah kelebihan Yamaha..

Honda di satu sisi juga berusaha menampilkan sisi desain yang menarik, tetapi ada kesan Honda menjaga brand image sehingga mudah sekali untuk ditebak inilah Honda.. Sebagai identitas produk, itu adalah cara yang cerdas, namun bagi penggemar sesuatu yang out of the box.. Sorry to say, tetapi jika Anda menginginkan sesuatu yang berbeda, Yamaha bisa menjawabnya..

Last, kedua pabrikan ini bermain di segmen yang sama, bagaimana cara mereka mengambil hati konsumen lah yang menjadi pemenangnya..

Tuesday, April 12, 2016

Penjualan Vixion Turun, CB150R Unggul..


Data penjualan motor untuk bulan Maret 2016 ini sudah keluar dan terjadi perubahan yang mengejutkan.. Penjualan Vixion kalah dari CB150R.. Bagaimana ini bisa terjadi.. Belum diketahui sebab pastinya, namun, dari data yang tertera penjualan Vixion merosot dari 21.139 unit pada bulan Februari menjadi 8.213 unit pada Maret ini.. Belum diketahui penyebab pastinya, tetapi ini bisa menjadi tanda untuk Yamaha mulai berbenah untuk penjualan sport-nya.. Memang sulit jika diibaratkan suatu benteng diserang tak hanya kiri-kanan, tapi juga depan-belakang..

Podium skutik sudah dikuasai Honda dengan, beat, vario dan scoopy.. Kabar baiknya, Nmax mengalami peningkatan penjualan, bahkan menyalip penjualan Mio dan Fino, yakni dengan torehan 20.998 unit..

Secara total penjualan motor di Indonesia meningkat dari 524.864 pada Februari lalu menjadi 563.341 pada bulan Maret 2016.. Setidaknya perjuangan Yamaha menahan penjualan skutik berbuah baik dengan penjualan Nmax.. Sayangnya penjualan Vixion turun.. Untuk ke depannya kita lihat apakah Yamaha dapat konsisten dengan penjualan skutiknya dan mempertahankan kedudukan Vixion.. Sekian dari saya.. Semoga bermanfaat..

Dani Pedrosa, Pelajaran Akan Sportivitas


Pada postingan kali ini kita tidak akan membicarakan bagaimana kemenangan Marquez di Austin, begitu pula winglet yang saat ini sedang dipermasalahkan, tetapi artikel kali ini akan membicarakan bagaimana sportivitas perlu dijunjung tinggi.. Tidak hanya persaingan saja yang ditampilkan, melainkan hati seorang pembalap yang peduli, meskipun kejadian kecelakaan ini terjadi pada Pedrosa dan Ianone, tetapi Pedrosa tidak mempedulikan kondisi badannya atau motornya, melainkan langsung membantu Iannone dan menanyakan keadaannya..

Tidak hanya sekali, saat di pit, Dani pun mengunjungi pit Iannone dan meminta maaf, sungguh momen yang dramatis yang patut dicontoh oleh kita semua.. Dimana kepentingan pribadi diabaikan untuk menolong sesamanya..


Pihak Ducati pun mengakui sportivitas Dani dengan datang dan meminta maaf.. Iannone pun dengan ikhlas menerima insiden tersebut, meski harus kehilangan poin..


Winglet Ternyata Memiliki Dampak yang Cukup Berbahaya


Akhir-akhir ini, muncul fenomena baru pada MotoGP dengan munculnya penggunaan winglet pada motor-motor 2016 ini. Beberapa pembalap mengatakan winglet ini cukup efektif membantu perbaikan waktu setiap putarannya.. Selang beberapa minggu berlalu, ternyata teknologi ini justru malah menjadi momok bagi para pembalap, bagaimana tidak, sebuah benda dengan luas penampang yang sangat tipis sangatlah berbahaya, apalagi dengan tekanan yang tinggi, bila suatu waktu terlepas akibat tabrakan atau keteledoran pemasangan berakibat fatal..

Insiden beberapa waktu lalu yang menyebabkan kamera buntut Marquez rusak akibat winglet dari Iannone membuktikan material ini cukup keras dan dengan ketipisannya dapat dibayangkan sebuah lempengan tipis yang keras (meskipun tumpul) akan sangat berbahaya..


Pada gambar di atas diperlihatkan bagaimana winglet motor Iannone berjarak begitu dekat dengan Marquez.. Pada kejadian Pedrossa dan Iannone terlihat badan Iannone berjarak sangat dekat dengan winglet Pedrosa, untung saja winglet Honda terbilang kecil dibanding winglet milik Ducati dan Yamaha..


Meskipun, ternyata mereka berdua tidak apa-apa, tetapi Pedrosa berusaha meminta maaf pada Iannone.. Pedrosa pun menuturkan, bukanlah hal yang menyenangkan saat kita jatuh, kita membawa pengendara lain pada posisi yang sama.. Setidaknya itulah ungkapan Pedrosa atas insiden yang terjadi..


Last, kejadian ini menjadikan petinggi MotoGP kembali merevisi aturan mengenai penggunaan winglet dan peraturan untuk membuat tim-tim merubah bahan atau bahkan melepasnya demi keselamatan para pembalap.. Setidaknya itulah yang menjadi masalah pada ajang balapan roda dua bergengsi ini.. Sekian dari saya.. Semoga bermanfaat..


Sunday, April 10, 2016

Vario 110 eSP 2016, 'Advance Type' Available

Berita perubahan striping dan penambahan model baru dari Vario 110cc ini memang tidaklah baru.. Setidaknya September lalu sudah diberitakan.. Dan sekarang Vario menyandang nama Vario eSP sebagai tanda motor ini dibekali teknologi Honda yang memungkinkan pengendara mendapatkan keuntungan akan penghematan BBM yang diberikan oleh teknologi ini..

Plus teknologi idling stop system yang membantu penghematan di saat berhenti dengan mematikan mesin sementara dan  ketika jalan kita tinggal memutar tuas gas..

Teknologi ini melakukan penghematan besar-besaran oleh Honda.. Oke, kembali ke topik.. Vario 110 2016 disediakan 4 warna termasuk warna spesial hitam doff dengan kombinasi merah pada stripingnya..
Untuk harganya sendiri hanya berbeda 100ribu dari tipe standar dan tipe advance, yakni 15.800.000 untuk versi CBS warna standar dan 16.600.000 untuk versi CBS-ISS.. Dan 15.900.000 (advance) CBS dan 16.700.000 versi CBS-ISS.. Sekian informasi dari saya.. Semoga bermanfaat..

Strike Back! Lini Yamaha Movistar 2016


Yamaha akhirnya kembali mengeluarkan produk dengan livery 2016 ala Movistar.. Yamaha terkesan ingin mengambil momen dengan segera meng-update empat produknya dengan livery yang khas dengan warna biru dan hijau..

Sedangkan Honda terkesan berhati-hati dalam mengeluarkan produk.. Hingga saat ini pun livery Repsol untuk produknya masih disimpan rapat-rapat..

Produk pertama yang saya tampilkan adalah kakak tertua Yamaha, R25.. Dengan warna khas biru, hijau, dan putih..


Kedua, R15 dengan warna senada, begitu pula dengan Vixion Advance dan MX-King yang resmi diluncurkan 8 April 2016 kemarin.. Untuk harganya sendiri, MX-King dikenai 20,6 juta rupiah, 31,65 juta rupiah untuk R15 dan 56,2 juta untuk R25..

Untuk Vixion sendiri akan menyusul harganya.. Semua ini ditampilkan di ajang iims 2016.. Sekian informasi dari saya.. Semoga bermanfaat..

Note : Gambar sepenuhnya milik TMCblog.com



Saturday, April 9, 2016

Honda CB150R 2016 Special Edition, Looks Good..!


Tidak diragukan lagi, segala tindakan Honda dalam memperkuat lini pertahanannya patut diwaspadai oleh Yamaha, seperti pada versi sebelumnya dari CB150R yang mengeluarkan special edition, untuk versi 2016 ini Honda kembali mengeluarkan edisi spesial yang cukup menarik perhatian mata.. Dengan warna merah cerah, Honda mengeluarkan dua warna baru, speedy white dan raptor black.. Keduanya dilabur warna merah pada pelek dan juga rangka sasisnya..


Untuk warna putih yang diberi nama speedy white menggunakan stiker yang hampir sama dengan warna standar, bedanya versi SE (special edition) menggunakan warna hitam-merah yang senada dengan warna pelek..


Untuk warna hitam cukup spesial karena warna yang digunakan adalah hitam doff, bukan metalik seperti versi standar dengan penampilan yang lebih simpel tanpa stiker garis, melainkan hanya tertera tulisan CB150R saja.. Selain rangka dan pelek, serta warna body yang agak berbeda, warna mesin juga dilabur warna emas tua yang semakin mempertegas karakter motor ini..

Untuk harga sendiri mengalami kenaikan menjadi 25,4 juta untuk 2016 (versi standar) dan 26,4 juta untuk versi spesial.. Sekian info dari saya.. Semoga bermanfaat..

Wednesday, April 6, 2016

Isle Of Man TT, Ajang Balap Motor Mematikan


Isle of Man TT adalah sebuah kompetisi balap motor expert yang sarat akan bahaya dan kecelakaan, bagaimana tidak, jika pada MotoGP, arena yang digunakan luas sehingga bila sewaktu-waktu terjadi crash atau kecelakaan, motor akan keluar jalur berisi pasir atau rumput dan dalam jarak 15-20 meter disediakan penghalang berupa ban bekas yang ditumpuk sehingga cukup aman, meskipun kecelakaan dalam balapan motor satu ini terbilang fatal.


Bagaimana tidak, pada Isle of Man TT (Tourist Trophy) Race, pembalap tidak disuguhkan jarak pandang yang luas akan trek karena sebagian jalanan tertutup oleh daun, pepohonan, tembok, rumah dan sebagainya sehingga diperlukan latihan keras dan insting untuk mengenali jalur yang berliku dan bergelombang, tidak seperti MotoGP yang treknya lebih halus. Di sini kita disuguhkan pemandangan motor melaju dalam kecepatan tinggi dari dekat layaknya roket jalanan.. Para penontonnya pun seperti penghuni rumah, wartawan karena tempat mereka balapan adalah kawasan rumah mereka..

Bayangkan saja agan-agan ngebut di daerah perumahan.. Kira-kira ketegangan seperti itulah yang akan agan-agan rasakan.. Salah perhitungan, agan-agan langsung dihadapkan dengan tembok dan pepohonan, tidak heran ajang balap ini termasuk salah satu olahraga yang berbahaya..


Motor-motor ini sanggup melaju hingaa 180 mil per jam atau sekitar 288 km per jam. Balapan ini pertama kalui diadakan pada 1907 hingga kini berbagai jenis motor digunakan untuk race. Untuk superbike, dapat menggunakan 3 spesifikasi mesin
  • Di atas 750 cc hingga 1000 cc 4 cylinders 4-stroke
  • Di atas 750 cc hingga 1000 cc 3 cylinders 4-stroke
  • Di atas 850 cc hingga 1200 cc 2 cylinders 4-stroke


Sunday, April 3, 2016

Aerox 125, Motor Matic Cita Rasa Sport

Bagi agan-agan pecinta motor matic pasti sudah tidak asing dengan motor keluaran pabrikan garpu tala ini, siapa lagi kalau bukan Yamaha Aerox 125.. Dengan tampilan layaknya matic pada umumnya, ternyata Aerox memiliki desain yang segaris dengan saudara-saudaranya.. Sebut saja stang bar layaknya motor sport, konsol speedometer layaknya X-Ride dan lampu belakang dan lampu sign dari Yamaha Vixion Lightning dan Advance..




Didesain sporty dengan tiga pilihan warna yang menarik Racing Blue, Champion Matt Grey dan Light Speed White, Yamaha menawarkan performa yang menakjubkan dan juga pengendalian yang menyenangkan.. Bermesin 125 cc SOHC yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 8,4 Kw pada 9.000 rpm dan juga torsi 10,4 Nm pada 6.500 rpm dan kompresi mesin 10,9:1, Aerox didesain untuk para penyuka kecepatan dan juga kelincahan..


Memiliki dimensi sebesar 1857x742x1070 mm dengan berat 102 kg dengan ground clearance 135 mm termasuk tinggi meskipun tidak setinggi X-Ride.. Ban depan berukuran 70/90-14 dan ban belakang berukuran 70/100-14 dengan tangki 3,8 liter, Aerox dibanderol seharga 18,2 juta.. Sekian dari saya.. Semoga bermanfaat..