Pages

Friday, March 25, 2016

Ride-by-wire Throttle, Apa an sih tu..?


Bagi agan-agan di sini yang baru mengenal roda dua, termasuk saya sendiri.. Kali ini saya akan membahas salah satu teknologi yang boleh dibilang advance.. Teknologi ini mayoritas ada di moge2 sekelas CBR dan R series atau BMW dan Ducati dengan kubikasi mesin 600cc ke atas..

Ride by wire sendiri adalah teknologi dimana bukaan gas tidak langsung berhubungan dengan katup bahan bakar.. Melainkan melalui ECU yang akan mengontrol aliran bahan bakar bukan berdasarkan bukaan gas..

Analogi sederhananya adalah gerak refleks dan gerak sadar pada manusia.. Teknologi ride by wire seperti gerak sadar dimana apa yang kita lakukan diproses dulu melalui otak (ECU adalah otaknya) baru di terjemahkan dalam bentuk gerakan.. Sebaliknya, teknologi standar berdasarkan refleks tanpa melalui otak atau ECU (Engine Control Unit) pada motor.. Efeknya refleks memang cepat, namun kurang efisien..


Kelebihannya..? Pengoptimalan pengeluaran tenaga dan bahan bakar.. Sebesar apapun bukaan gas yang berdampak pada boros tidaknya bahan bakar akan dioptimalkan sehingga mampu menghemat bahan bakar..

Pengaturan tenaga lebih optimal dan teknologi ini biasanya menggunakan riding mode yang akan saya jelaskan pada kesempatan berikutnya..

Kekurangannya..? Kita kurang bebas menggunakan gas.. Tetapi tenang saja, pada power modes terdapat beberapa pilihan seperti rain, sport/race, custom yang akan mengatur besaran power dan torsi yang akan digunakan..

Sekian dari saya.. Sampai ketemu di artikel berikutnya..

Thursday, March 24, 2016

Yamaha MT-10, Versi 'Telanjang' dari YZF-R1..

Yamaha kembali mengeluarkan jagoan terbarunya, yakni MT-10 yang tergolong baru karena sebelum-sebelumnya Yamaha baru mengeluarkan MT-07 dan MT-09, baru-baru ini Yamaha juga meluncurkan MT-25 dan MT-15 yang di Indonesia dinamakan Xabre 150..

Kemunculannya cukup mengejutkan dengan desain yang berani layaknya R1 versi sebelumnya yang menggunakan desain mata kucing dengan lampu bulat yang terang..


MT-10 berkubikasi 998cc 4 silinder segaris.. Dengan diameter pipa bore dan stroke, 79 mm x 50.9 mm dengan kompresi mesin 12:0 dan menggunakan teknologi ride by wire throttle..

MT-10 tidaklah seperti FZ-1 yang berbagi suku cadang dengan YZF-R1S.. MT-10 dikarakterkan sebagai motor bertenaga dan lincah.. Tenaga yang dihasilkan diperkirakan di atas 150 hp mengingat R1 dapat memuntahkan tenaga sebesar 167,4 hp..

Ban depan berukuran 120/70-17 dan belakang 190/55-17.. Wheelbase 55.1 inci dan suspensi depan berukuran 43 mm upside down dan lengan ayun twin arm berbahan alumunium.. Tersedia dalam 3 warna, hitam, abu-abu dan biru dengan pelek yang eye catching..


Sekian dari saya.. Semoga bermanfaat..

Wednesday, March 23, 2016

Winglet..? Apa Maksud dari Aerodinamika dan Downforce..?

Singkatnya, aerodinamika adalah aliran angin yang terbentuk dari sebuah benda yang sedang bergerak. Aliran angin ini akan disebut aerodinamis apabila alirannya rapi mengikuti kontur benda yang dilaluinya.. Desain kendaraan dari awal mula hingga saat ini mengalami banyak kemajuan sehingga semakin lama bentuk kendaraan semakin mempertimbangkan aspek ini..

Nah, aliran udara inilah yang menciptakan downforce pada kendaraan. Downforce sendiri adalah gaya tekan ke bawah yang disebabkan oleh angin.. Downforce ini memiliki memiliki dampak positif dan negatif pada kendaraan..


Dampak positifnya adalah menambah beban kendaraan. Secara umum kendaraan yang baik biasanya memiliki bobot yang pas sesuai dengan kubikasi mesin sehingga stabil saat digunakan, nah beban tambahan dari downforce ini sengaja dirancang oleh pakar desain dan aerodinamika untuk menambahkan bebean sesuai dengan kecepatan kendaraan, semakin cepat kendaraan ini dapat melaju, tekanan ke bawah yang didapat dari aliran angin juga bertambah agar kendaraan tidak goyang dan stabil..

Dampak positif kedua adalah menambah cengkeraman kendaraan pada permukaan jalan.. Secara perlahan, kecepatan tinggi akan menambah beban ke bawah dan membuat cengkeraman ban semakin tinggi.. Ini sangat berpengaruh pada pengendalian motor..

Kekurangannya, akan mengurangi kecepatan kendaraan, jika downforce terlalu besar, akibat beban kendaraan terlalu berat, jika dianalogikan..

Winglet pada MotoGP.. Apa sih Kegunaan Sebenarnya..?


Tahun ini di MotoGP, yakni 2016 ini, MotoGP melakukan sebuah ubahan kecil yang terlihat mencolok jika dilihat dari depan dan samping.. Apalagi kalau bukan sebuah winglet yang diletakkan pada sisi depan dan samping fairing.. Sebuah alat kecil ini memberikan efek yang cukup besar pada ajang bergengsi ini.. Bagaimana tidak..? Winglet merupakan sebuah benda pipih yang diletakkan pada sisi-sisi motor untuk meningkatkan aerodinamika dan juga downforce.. Apakah agan-agan masih asing dengan dua kata tadi..?
Cek di sini Downforce dan Aerodinamika

Jadi, penambahan aerodinamika akan berdampak pada stabilitas kendaraan saat melaju, menikung ataupun menyalip.. Beberapa sumber mengatakan, downforce yang diciptakan winglet akan mengurangi efek wheelie atau ban depan ngangkat yang akan menambah waktu per sepersekian detik per putaran dan juga menguras tenaga pembalap untuk mengendalikan motor..


Nah, di musim 2016 ini, Ducati tampil beda dengan menggunakan winglet ini yang mendapat berbagai macam respon seperti adanya turbulensi atau aliran angin yang mengacaukan kecepatan aliran angin kendaraan di belakangnya yang berdampak cukup besar bagi para pengendara.. Tetapi, beberapa pembalap yang menggunakan winglet ini justru mendapat efek positif dalam catatan waktu.. Ducati menggunakannya dan Jorge Lorenzo akhirnya ikut tertarik menggunakan ini yang kemudian digunakan juga oleh Rossi..

Sebenarnya, winglet ini sudah pernah diuji coba oleh Max Biaggi satu dekade lalu.. CMIIW.. Dan sempat digunakan Ducati pada musim 2010 dan 2011 lalu oleh Ducati, tetapi dengan alasan estetika atau keindahan penampilan, maka dilepas.. Tetapi pada tahun ini kembali digunakan dengan mengesampingkan sisi estetika dan menambah sisi performa.. Setidaknya itulah yang dikatakan pihak Ducati..


Last, perkembangan teknologi menuntut adanya hal-hal baru dalam balapan.. Sisi positifnya, pembalap semakin dibantu dengan teknologi yang ada.. Dampak negatifnya, persaingan lama kelamaan menjurus ke arah teknologi, meskipun tidak terlepas juga dari keahlian pembalap dalam menggunakan kendaraannya.. Sekian dari saya.. Semoga bermanfaat..

Saturday, March 19, 2016

Samsung Smart Windshield, Teknologi Terbaru Integrasi Smartphone dan Windshield Melalui Wifi


Samsung bekerjasama dengan Yamaha untuk membawa motor purwarupa atau prototipenya untuk dijadikan contoh sebuah teknologi berkendara satu level ke masa depan, perkenalkan yakni Samsung Smart Windshield yang akan mengintegrasikan ponsel pintar Anda ke layar kemudi Anda.. Teknologi ini akan membantu Anda berkomunikasi dengan teman atau kerabat Anda, tanpa perlu mengeluarkan ponsel pintar Anda dari saku Anda..


Motor yang digunkan adalah skutik tiga roda Yamaha. Teknologi ini akan menampilkan informasi melalui layar transparan yang berada di kaca pelindung dan diletakkan tidak terlalu tinggi dengan tujuan tidak mengurangi visibilitas pengandara saat berkendara. Ponsel akan terhubung dengan layar melalui wi-fi yang akan menampilkan petunjuk jalan melalui GPS, email, pesan dan telepon masuk. Teknologi ini juga akan secara otomatis mengirimkan pesan kepada penelepon untuk memberitahu bahwa pengendara sedang berada di jalan dan tidak dapat mengangkat telepon saat ini..

Yamaha juga bekerjasama dengan BMW dan Honda untuk mengembangkan teknologi ini dan menciptakan koneksi antar motor..


Tknologi ini masih dalam tahap prototipe.. Kedepannya, Smsung akan terus engembangkan teknologi ini hingga siap dipasarkan pada motor-motor skutik dan motor jenis lainnya.. Sekian dari saya.. Semoga bermanfaat..

Wednesday, March 16, 2016

Yamaha R15 Perlu Berhati-hati dengan Honda CBR150R


Sebagai pemain baru, R15 memang cukup mengejutkan dengan total raihan penjualan yang cukup besar.. Hal ini dapat dilihat dari animo masyarakat akan motor full fairing satu ini.. Tetapi per Februari 2016 lalu, Honda kembali membuat gebrakan dengan hadirnya All-new CBR150R. Dengan segudang fitur yang ditawarkan, seperti lampu LED, speedometer digital, desain terbaru dan masih banyak lagi..

Untuk sekarang, kita tidak dapat menebak apa langkah Yamaha untuk melakukan perlawanan.. Pasalnya, Yamaha sudah meluncurkan R15 versi 2016 yang ternyata hanya mendapatkan penyegaran penampilan dengan striping baru.. Selain warna baru, Yamaha juga menawarkan paket tambahan, yakni suspensi Ohlins dengan banderol total dengan motor menjadi 32,8 juta rupiah.. Sedangkan untuk versi standar hanya dikenai 29,8 juta..

Secara harga mungkin R15 masih mampu bersaing, tetapi secara fitur dan desain CBR lebih unggul.. Selain itu penjualan R15 Februari 2016 lalu merosot hingga 58,8 % dari penjualan bulan Januari 2016 menjadi hanya 1.135 unit yang pada bulan sebelumnya menembus 2.754 unit.. Ternyata penyegaran CBR mendapat respon positif dilihat dari penjualannya yang meroket hingga 2.666 unit Februari lalu.. Penjualan CBR150R tahun 2015 kemarin pun Yamaha kalah dengan raihan 54,495 unit, sedangkan Honda berhasil mencatatkan 69.420 unit tahun lalu..


Honda belakangan ini memang gemar meng-update pasukan-pasukannya dan berusaha mengejar Yamaha dengan menawarkan hal yang berbeda dari Yamaha.. Secara cost memang Honda akan terpaut lebih mahal, tetapi bagi penggemar teknologi itu bukanlah masalah.. Dari pihak Yamaha pun tetap dengan tenang memberitakan bahwa, mereka sudah memiliki strategi dan rencana untuk R15.. Kita tunggu saja apa strategi yang mereka tawarkan..

Monday, March 14, 2016

Suzuki G-Strider, Ternyata Vultus Bukan Yang Pertama


Jika melihat sosok Vultus yamg begitu out of the box secara desain, 90% dari agan-agan pasti mengira motor satu ini adalah motor pertama yang memiliki desain seperti ini.. Ternyata tidak seperti itu, 13 tahun silam, sebuah motor dari perusahaan berinisial 'S', yakni Suzuki sudah pernah membuat motor dengan bentuk dan desain yang hampir sama..

Apakah memang pabrikan Honda akan Vultus terinspirasi dari Suzuki G-Strider..? Diperkenalkan pada Tokyo Motor Show 2013 lalu, Suzuki G-Strider tidaklah sekuno umurnya.. Sudah menggunakan lampu LED, panel speedometer full digital, desain yang keluar dari pakem, tetapi tetap enak dipandang mata dan masih banyak lagi.. Selamat membaca..


Seperti yang dapat kita lihat pada gambar di atas, Suzuki G-Strider menawarkan teknologi yang setara motor kekinian.. Lihatlah panel digital yang tertera pada stang.. Sangat futuristik, tidak terlihat motor ini dibuat pada 2003 lalu.. Bedanya dengan Vultus, motor ibni dibekali mesin 916cc, sedangkan pada Vultus hanya 749cc..

Kesamaan lainnya..? Motor ini dibekali dual-clutch yang memungkinkan dua jenis pengendaraan, manual dan otomatis yang dinamakan Efficient Electronically-Controlled Continuously Variable Transmission atau DCT (Dual-Clutch Transmission) pada Honda..


Hanya itukah fitur pada G-Strider..? Ternyata tidak, G-Strider juga dibekali Inteligence Telematics yang akan memantau kondisi terkini motor melalui chip microprosessor yang terhubung ke jaringan dan juga Self-Diagnosis System yang akan menghubungkan kamera belakang ke layar pada stang kemudi sebagai pengganti spion.. Spionnya pun sudah terintregasi dengan kamera yang diletakkan menghadap ke belakang sehingga teknologi yang disematkan pada motor satu ini tergolong advance atau canggih..

Sayangnya, motor ini hanya ditunjukkan dalam pameran sebagai prototipe.. Sekian dulu artikel dari saya.. Semoga bermanfaat..



Wednesday, March 9, 2016

Tips Irit BBM


Keiritan BBM dipengaruhi oleh banyak faktor.. Selain teknologi dan juga kapasitas mesin salah satu penyebab irit atau tidaknya sebuah kendaraan adalah human factor atau manusia sebagai pemakainya lah juga yang menjadi penentu boros tidaknya sebuah kendaraan.. Oke langsung saja kita masuk ke topik..

1. Bukaan Gas


Throttle atau yang biasa kita sebut bukaan gas adalah sebuah perangkat pada kendaraan bermotor yang mengatur banyaknya bahan bakar yang akan masuk ke dalam ruang bakar yang akan mempengaruhi tarikan dan kecepatan kendaraan hasil bakaran bahan bakar yang diubah menjadi tenaga..

Nah, jadi semakin sering kita membuka gas besar, bensin akan mengucur lebih banyak ke ruang bakar.. Hal ini banyak terjadi terutama untuk kendaraan matic yang akan menanggulangi kekurangan tenaga dengan membuka gas.. Lain halnya dengan motor bergigi yang dapat menggunakan sistem percepatan untuk mendapatkan tenaga lebih..

2. Putaran Mesin (RPM) Terlalu Tinggi


Untuk tips kedua ini berhubungan dengan yang pertama.. Putaran mesin tinggi berarti kita membuka gas besar-besaran.. Cara menanggulanginya adalah optimalkan rpm motor Anda.. Jika tidak ada panel rpm motor, gunakan suara mesin sebagai indikator..

Terlalu cepat mengganti gigi atau pada rpm rendah membuat Anda harus membuka gas lebih besar di percepatan atau gigi berikutnya.. Terlalu tinggi rpm juga membuat Anda harus membuka gas lebih besar di percepatan berikutnya..

Beberapa motor memiliki indikator rpm yang akan menyala tergantung pengaturan.. Sebut saja Satria Injeksi yang memiliki 4 mode pengaturan untuk keiritan.. Jadi pada batas tertentu indikator akan menyala dan memberitahu Anda untuk merubah percepatan..

Hal ini tentunya akan sangat berguna.. Atau ada juga eco indicator yang akan memberitahu Anda saat Anda menggunakan kendaraan dengan irit..

3. Terlalu Lama Memanaskan Motor


Memanaskan mesin terlalu lama akan membuat konsumsi bahan bakar besar.. Kendaraan sekarang ini biasanya hanya butuh waktu 2-3 menit.. Maksimal 5 menit.. Diatas itu mesin justru malah akan banyak mengkonsumsi BBM..

4. Memperhatikan Kondisi Jalan


Kondisi jalan juga berpengaruh pada tingkat keiritan kendaraan.. Jalanan macet, berlubang, tidak rata yang membuat kendaraan harus deselarasi dan akselerasi berulang-ulang mengurangi keiritan kendaraan.. Optimalkan penggunaan rem dan gas agar kendaraan lebih irit.. Menurut penelitian di ITB, rentang kecepatan kendaraan yang irit adalah 40 hingga 60 km/j.. Sekian dari saya.. Semoga bermanfaat..

Tuesday, March 8, 2016

Kenapa Yamaha Harus Khawatir dengan Singgasana Vixion


Vixion sudah lama menjadi raja motor sport Indonesia.. Sejak pertama kali meluncur 2007 silam, Yamaha sudah menunjukkan eksistensinya sebagai motor injeksi yang saat itu merupakan teknologi anyar..

Setidaknya hingga 2015 kemarin, vixion masih ditetapkan sebagai raja motor sport Indonesia.. Meskipun begitu, melihat kondisi saat ini, sepertinya Yamaha perlu mengambil tindakan lebih lanjut karena pesaingnya seperti Honda all new CB150R mengalami perubahan signifikan..


Yang unik disini adalah Yamaha tetap mempertahankan teknologi lawas.. Yuk, kita bahas apa saja itu..



1. Mesin SOHC
Bagian ini sangat vital karena salah satu bagian yang menunjang performa kendaraan.. Yamaha tetap menggunakan mesin ini dikarenakan cocok untuk kota yang mengandalkan tarikan dibanding speed.. Cmiiw..

Motor saat ini sudah banyak menggunakan mesin DOHC, seperti Satria, CB, CBR, dll..



2. Lampu Halogen
Lampu model ini sudah mulai ditinggalkan oleh kendaraan-kendaraan yang notabenenya kendaraan 'premium'.. Beberapa tahun lalu sempat booming lampu xenon atau HID dan akhir-akhir ini LED..



3. Transmisi 6 percepatan
Untuk yang satu ini fungsinya membagi tenaga mesin sehingga penyaluran tenaga lebih optimal dan meningkatkan akselerasi..

R15 dan Satria, serta CB dan CBR sudah menggunakannya



4. Speedometer Full Digital
Perubahan terasa sangat cepat dan sekarang jamannya speedometer full digital.. Memang sih, semi-digital beberapa tahun lalu sempat merajalela, tetapi tren motor kekinian sepertinya sudah mengarah ke full digital..

Last, keputusan Yamaha mempertahankan semua itu memang pasti beralasan.. Anti-mainstream mungkin sebutannya.. Sekian dari saya.. Semoga bermanfaat..

Galeri Singkat Kawasaki Ninja 250 Mono Versi WSBK 2015


Sebagai variasi jenis Ninja, Kawasaki meluncurkan Ninja 250 Mono dengan 1silinder dengan body ramping dan lampu single eye yang tajam.. Motor ini jika disejajarkan mungkin setara dengan CBR250R yang ada saat ini yang sama-sama bermesin 250 cc namun satu silinder yang dimilikinya..


Pada bagian body terdapat stiker dominasi putih dengan warna hijau khas Kawasaki.. Selain itu ada sponsor yang tercantum yakni perusahaan elf.. Sebuah perusahaan oli.. Berikut galerinya..



Selamat membaca.. :)


Monday, March 7, 2016

Sport Fairing Suzuki, Gixxer 150 Dikabarkan akan Liris Tahun Ini


Sudah saatnya Suzuki bangkit dari keterpurukan.. Selama ini hanya mengandalkan Satria sebagai tulang punggung saja, tidak akan membawa Suzuki keluar dari masalah penjualan yang segitu-gitu saja..

Untuk itu disini saya ingin membahas kapan kedatangan motor ini.. Banyak yang berasumsi motor ini akan liris pada pertengahan tahun ini, sekitar bulan Juni..


Yup, sesuai dengan perkiraan, sales yang saya temui kemarin juga berkata hal sedemikian rupa.. Awal tahun ini rilis Satria dulu, 3 bulan lagi kemungkinan Suzuki akan merilis GSX-R 150..

Kita tunggu saja semoga prediksi ini tidak menyimpang jauh.. Sekian dari saya.. Terima kasih..

Sunday, March 6, 2016

Galeri Satria Injeksi, Dibekali Alarm..



Suzuki sudah mulai menjual jagoan terbarunya, Satria FU fuel injection yang hadir awal 2016 ini.. Ternyata banyak hal baru yang saya dapatkan dengan bercakap-cakap dengan sales Suzuki, seperti ada jam digital yang tertera di layar digital, mode pengaturan mesin yang dapat diatur ada 4 mode mode low, medium, high, serta normal mode..


Fungsinya seperti eco mode, tetapi lebih advance (canggih, bro).. Pada low mode kecepatan akan lebih rendah, rpm akan menyala pada putaran rendah sehingga memaksimalkan penghematan bahan bakar.. Pada high mode, maka kecepatan lebih tinggi, rpm akan menyala saat tinggi.. FYI, putaran mesin Satria maksimal hingga 13.000 rpm.. Medium mode pengaturan berada di antara low dan high.. Dan normal mode untuk pemakaian biasa..


Kemudian lampu depan LED dan running day light layaknya mobil.. Pada mud guard bisa dilepas sehingga tampilan motor Anda semakin sporty.. Selain itu untuk 2 model termahal (versi livery dan warna hitam dengan pelek merah), dilengkapi alarm yang dapat beroperasional hingga jarak 80 meter untuk keamanan.. Dan Anda hanya perlu menambahkan 300 ribu rupiah dari versi standar..


Harganya pun mengalami peningkatan cukup banyak menjadi 22.900.000 (Semarang) khusus dua versi termahal dan warna lainnya dijual seharga 22.600.000..

Untuk Semarang, khusus cash akan mendapatkan potongan 300 ribu, sedangkan kredit mendapat potongan hingga 1 juta saat membayar DP.. Berikut galeri lengkapnya..





Versi standar..


Sekian dari saya.. Semoga bermanfaat..



Tuesday, March 1, 2016

Suzuki GSX-R 150, Sudah Launching di India


Suzuki kembali membuat gebrakan dengan meluncurkan motor legendanya GSX-R atau yang biasa dikenal dengan sebutan Gixxer dalam kapasitas mesin 150cc..

Rivalnya di India adalah Yamaha Fazer dan juga Bajaj Pulsar 150 AS yang notabenenya merupakan motor sejenis.. Di Indonesia, beberapa sumber mengatakan motor ini akan head to head dengan CBR 150 dan R15, jika dirilis di Indonesia..

Motor ini sudah menggunakan speedometer full digital dan tersedia dalam 3 pilihan warna, yakni Metallic Triton Blue (versi livery MotoGP), Pearl Mirage White (putih metalik) dan Glass Sparkle Black (hitam)..





Untuk mesinnya sendiri adalah 154,9cc yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 14,8 ps pada 8.000 rpm dan torsi 14 Nm pada 6.000 rpm..

Mesin ini disandingkan dengan sistem transmisi 5 percepatan.. Selain itu Suzuki juga mengklaim motor ini mampu menembus jarak tempuh 63,5 km per liternya.. Dengan teknologi yang mereka pakai yang disebut Suzuki Eco Performance..



Untuk harganya sendiri, di India motor ini dijual seharga Rs 92.596 (Rp18.204.000) untuk warna hitam dan putih.. Sedangkan versi livery MotoGP dijual seharga Rs 94.238 (Rp18.470.000).. Rs1=196.6 rupiah.. Sekian info dari saya.. Semoga bermanfaat..