Pages

Thursday, August 13, 2015

Satria FU, Honda Sonic, Jupiter MX-King, siapakah juaranya..? Part 2

Jika tadi kita membahas ketiga jagoan ayago ini dari sisi desain, yuk sekarang kita bahas segi performa dan fitur yang dimilikinya.. Tanpa basa basi yuk kita simak..


Satria FU menggunakan mesin 150cc, DOHC, dengan sistem pendinginan udara. Mesin diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 16 ps pada 9,500 rpm dan torsi sebesar 1.27 kgm pada 8,500 rpm (12.45 Nm). Ditambah sistem transmisi 6 percepatan membuat motor ini disenangi oleh anak-anak muda, ditambah harga yang cukup terjangkau, plus performa menyerupai motor sport menjadikan motor ini digandrungi. Memiliki kompresi mesin 10.2 : 1 dan bobot sebesar 95 kg, secara keseluruhan motor ini enak untuk diajak berkendara.

Setelah membahas bagian mesin, yuk kita membahas fitur-fitur pada motor satu ini. Salah satu fitur pencegah keborosan adalah adanya indikator eco mode, sesuai setingan yang diinginkan, performa mesin handal dan juga sistem pengereman yang sudah menggunakan cakram pada ban depan dan belakang. Sayangnya motor ini cenderung boros dan memiliki tangki yang kecil, yakni 4.9 liter membuat para penggunanya sedikit kerepotan dengan masalah ini.

Sekarang yuk kita bahas power weight to ratio yang secara di atas kertas mampu menelusuri tenaga murni yang dihasilkan dari mesin dengan bobot yang dimiliki motor. Dari mesin yang mampu menghasilkan 16 ps (pferdestarke) bahasa Jerman-nya horsepower atau tenaga kuda, setelah dikonversi didapatkan hp sebesar 15.57.. Sedangkan bobot sebesar 95 kg didapatkan power sebesar 0,164 hp/kg. Sedangkan untuk torsi didapat 0.131 Nm/kg. Yuk kita tampung dulu power and torque to weight ratio dari Satria FU.



Untuk Sonic sendiri, pabrikan Honda telah memasang mesin dengan kapasitas sebesar 150cc atau lebih tepatnya sekitar 148.2cc yang sanggup menyemburkan tenaga sebesar 11.5 kw pada 9,000 rpm dan torsi sebesar 13.5 Nm pada 8,500 rpm. Dengan mesin DOHC berpendingin air digadang-gadang motor ini memiliki tarikan yang mantap. Honda Sonic ini memiliki kompresi mesin yang tinggi, yakni 11.3 : 1 dan bobot sebesar 114.2 kg. Desainnya yang agresif dan futuristik membuat motor ini cukup ditakuti pabrikan 'S'.

Untuk fitur-fiturnya Honda sudah mempersiapkan secara matang untuk motor satu ini.. contoh, lampu LED sebagai lampu senja, lampu utama dan lampu belakang, layar konsol Full digital dan masih banyak lagi. Sayangnya, tangki juga terbilang kecil, hanya mampu menampung 4.3 liter bahan bakar saja.

Sekarang kita bahas power and torque to weight ratio dari motor ini. Setelah dikonversi ke horse power, maka didapat tenaga sebesar 15.41 hp. Sehingga power to weight ratio nya adalah 0.135 hp/kg. Sedangkan untuk torsinya 0,118 Nm/kg. Maka di atas kertas, Satria masih lebih unggul dibanding kompetitornya.


Now for the last, MX-King dengan mesin 149.7cc nya yang sanggup menyemburkan tenaga sebesar 15.4 ps pada 8,500 rpm dan torsi sebesar 13.8 Nm pada 7,000 rpm. Satu2nya ayago yang masih menggunakan mesin SOHC, 4 tak berpendingin cairan dengan sistem transmisi 6 percepatan dan berat 115 kg membuatnya menjadi motor terberat dibanding dua motor lainnya. Kapasitas tangki berkisar 4.2 liter dan menjadi motor dengan ukuran tangki paling kecil.. harga nya pun terbilang lebih murah dibanding pesaingnya, yakni 18 juta 950 rbu an..

Untuk fitur-fiturnya terdapat lampu LED menyipit pada tebeng depannya, khusus untuk MX-King saja, panel indikator dan speedometer futuristik layaknya motor sport dan juga spakbor model gantung. Bannya yang gambot pun turut memberikan sumbangsih terbesar untuk kenyamanan dan pengendalian (ukuran 120mm untuk ban belakang).

Sekarang mari kita bahas bagian mesinnya setelah dikonversi ke tenaga kuda, maka didapatkan 15.18 hp dan torsi 13.8 Nm, maka power and torque to weight ratio ny 0.132 hp/kg dan 0.12 Nm/kg. Jika dibandingkan di atas kertas, maka satria FU unggul dengan PTWR 0.164 hp/kg dan torsi 0.12 Nm/kg. Sedangkan di posisi kedua, Sonic dengan PTWR 0.135 hp/kg dan torsi 0.118 Nm/kg. Terakhir, MX-King dengan PTWR 0,132 hp/kg dan torsi 0.12 Nm/kg.

Last, smuanya ini belumlah mutlak, bobot pengendara, teknik yang tepat dapat menjadikan salah satu dari ketiga motor ini bisa lebih unggul di jalanan. Sekian dari saya. Semoga bermanfaat..!




Satria FU, Honda Sonic, Jupiter MX-King, siapakah juaranya..? Part 1

Pada kesempatan kali ini saya ingin mengoprek komparasi motor ayago yang saat ini sedang hot. Siapa lagi kalo bukan ketiga ksatria, Satria FU, Honda Sonic dan Jupiter MX-King..


Dari segi desain setiap motor memiliki ciri khas masing-masing, meskipun satria fu dan sonic memiliki bentuk yang serupa, tapi sebenarnya mereka tak sama. Menggunakan pelek berjari 5 dengan dua cabang pada setiap jarinya. Warna pelek pada setiap edisi pun patut diapresiasi, secara Suzuki berani tampil beda dengan pelek berwarna hitam, merah dan juga Orange-gold. Pada new Sonic, juga mengadopsi jari dengan dua cabang, sedangkan jari-jarinya adalah enam. Pada MX King, pelek berjari lima dengan dua garis kokoh dan panjang pada setiap jarinya.


Untuk desain dari samping, tentu saja nyaris sama antara satria dan sonic. Satu hal yang menjadi catatan penting pembedanya adalah suzuki terkesan lebih berani dan tidak ada toleransi dalam mendesain striping produk andalannya.. wajar saja, ini baru merupakan awal brojolnya produk satu ini, masih banyak yang perlu dilakukan untuk menggoyahkan pangsa pasar yang saat ini masih dipegang oleh suzuki. Untuk MX King, desain benar-benar berbeda.. Yang menjadi poin plus, motor ini terlihat lebih gambot dari pesaing-pesaingnya. Oleh karena itu, MX King dapat direkomendasikan untuk mereka yang senang motor dengan ukuran lebih berisi.


pada bagian headlamp, ketiga motor memiliki perangai yang berbeda-beda, ada MX King yang terkesan gentle dan cool, Honda Sonic yang terkesan agresif dan futuristik, serta juga Satria yang dinamis dan menantang.

Untuk bagian belakang, sayangnya honda masih belum mengeluarkan segenap kemampuannya, lampu masih terkesan kotak dan kaku, meskipun sudah melancip imho.. tidak seperti satria fu yang lebih terkesan manis, namun desainnya sudah mulai termakan umur.. sedangkan untuk yamaha, cukup memberikan desain yang apik dan cukup modern.. selain itu, bentuknya yang runcing tetap menjadi sorotan, dimana desain tersebut terkesan menarik yang sudah menjadi DNA Yamaha membuat buritan dengan bentuk lancip..

Dan sepertinya jawara kita kali ini jatuh ke pihak yamaha sebagai pemenangnya.. penampilan baru yang out of the box, membuat ayago dari bebek asli dengan desain yang futuristik, spakbor gantung, ban gambot dan body berisi berhasil menciptakan image baru akan sebuah ayago yang tidak lagi kecil dan (maaf) kerempeng.. jawara kedua masih tetap sang ksatria, satria FU yang pasarnya sudah lama tidak tergoyahkan, tetapi kemenangan ini belumlah final, para kompetitor sudah mulai menghadang.. untuk itu satria perlu berbenah diri untuk menghadapi goncangan-goncangan singgasananya, tetapi desain saja tidak cukup.. untuk itu tunggu postingan selanjutnya mengenai mesin dan performa serta fitur-fitur pada ketiga motor ini.. siapa yang lebih unggul.. tunggu kelanjutannya..!

Tuesday, August 11, 2015

BMW H4 S1000RR, Mission Impossible 5 The Rogue Nation

Yuk kita bahas film yang lagi hangat-hangatnya kluar nih.. Apa lagi klo bukan mission impossible 5 Rogue Nation. Hal menarik yang saya dapatkan adalah momen ketika adegan kebut-kebutan motor yang tidak salah lagi dari wajahnya yang belang, kita sambut BMW S1000RR atau dikenal juga dengan nama H4 untuk versi spesial nya Motor ini menjadi satu paket dengan mobil-mobil lainnya yang disponsori khusus oleh perusahaan otomotif yang namanya sudah melambung dan berasal dari Eropa.. siapa lagi kalo bukan BMW.. selain memproduksi mobil, ternyata BMW juga memproduksi motor.

2015 BMW S1000RR HP4 merupakan salah satu jenis motor fairing dengan mesin 999cc berpendingin cairan, empat segaris yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 199 hp pada 13,000 rpm dan torsi 83 lb-ft pada 9750 rpm. Yang mampu melesatkannya dari berhenti hingga 100 km/j dalam hanya waktu 2.6 detik.

Untuk versi 2015, BMW telah meng-upgrade mesinnya dan didapatkan 6 tenaga kuda hingga menjadi 199 hp dari model 2014 yang hanya memiliki tenaga sebesar 193 hp. Desainnya yang unik membuat motor ini 'one of a kind' dari lampu yang separuh bulat separuh tajam. Desain fairing yang nampol layaknya sirip ikan hiu membuat motor ini terkesan garang sekali..

Jika agan-agan sekalian penasaran dengan perbedaan pada seri H4 dan versi biasanya di sini saya ajak untuk mengenal sosok H4 lebih dalam. Beberapa perombakan yang dilakukan adalah versi H4, 9 kg lebih ringan, penyempurnaan sistem elektronik, ban dan rem yang lebih besar yang menjadikannya lebih gesit, mudah dikendarai dan lebih halus. Sekian informasi dari saya.. semoga bermanfaat..!

Thursday, April 16, 2015

Honda Jago Bikin Skutik Ciamik dengan Fitur Menarik

Siapa yang ngga tau merk motor satu ini. Perusahaan yang berkecimpung di zona red ocean (berdagang dengan banyak pesaing) ini, tetap tak lekang oleh waktu. Lawannya, yang saat ini terus menggeber di belakangnya, yakni Yamaha, tidak mau kalah dengan terus memunculkan inovasi-inovasi, yang hingga saat ini belum bisa mengungguli skutik Honda. Fresh design, kira2 itulah yang coba Honda lakukan untuk menarik pembeli. Mulai dari duo honda beat, honda vario 110, 125, dan yg terakhir Vario 150 yang agresif dan juga enak dipandang mata.

Desain honda yang ciamik ini sempat membuat kehebohan, yakni desain head light Kawasaki Ninja 250 yang mirip dengan Honda old Vario 125.. cmiiw.. Dari situ dapat dibuktikan, Honda tidak main-main dalam urusan meracik motor keren, namun tetap nyaman dikendarai. Selain itu, fitur-fitur yang dibenamkan seperti side stand switch (standart elektrik), lampu headlight led plus idling stop system tech dan juga esp (enhanced smart power). Semakin memperkuat singgasana Honda sebagai raja skutik.

Bisa agan-agan sekalian bayangkan, betapa kokoh dan agresifnya motor ini. Last, masa depan bukanlah kepastian. Dari sini tidak ada yang pasti. Apakah Honda mampu tetap mempertahankan singgasananya sebagai produsen skutik paling nampol ataukah Yamaha akan tetap menjadi raja sport. Hanya waktu yg dapat menjawabnya.

Sunday, March 22, 2015

Ninja 150 R dan SS Special Edition

Meskipun masa produksinya akan diberhentikan tidak lama lagi (kabar burung yang saya dengar), Kawasaki terus-terusan menggarap motor satu ini berulang-ulang. Dengan embel-embel special edition, Kawasaki terus mengeksplorasi livery dan striping dari motor ini. Jika beberapa waktu lalu, Ninja RR yang kena refreshment, kali ini justru Ninja tipe R dan SS yang mendapatkan penyegaran.


Penyegaran dilakukan dengan merubah striping menjadi lebih keren dengan kombinasi warna hijau-hitam khas Kawasaki dengan pelek yang dilabur dengan warna gold atau emas. Untuk warna kedua, maka Kawasaki menggunakan warna oranye sebagai pendaping warna hitam. Sekali lagi, pelek pun tetap diberi warna emas


Last but not least, Ninja tipe R dan SS adalah dua tipe dari motor Kawasaki Ninja 150 cc versi naked. Selain itu, harga yang ditawarkan pun naik dari 28.4 juta menjadi 28, 9 juta. Kenaikan ini dapat dibilang wajar, mengingat varian ini adalah tipe spesial edition. Sekian dari saya. Semoga bermanfaat!

Thursday, March 12, 2015

Kawasaki Vulcan S 650 Sudah Mulai Terdeteksi

Tak henti-hentinya Kawasaki menghujani produk-produk mereka yang beraliran 'sport' dengan berbagai macam tipe dan produk, mulai dari Ninja 250 Mono, Ninja 150 2 tak, Ninja 250 dan juga Ninja 650 dan masih banyak lagi. Kali ini kita membahas sebuah motor yang bertemakan 'cruise'. Bukan Tom Cruise pemain film lo ya.. xixixi..

Siapa lagi kalo bukan Kawasaki Vulcan S 650. Motor 'cruiser' yang dibekali mesin 650 cc ini sudah dipajang di salah satu dealer di Jakarta, yakni di kawasan Fatmawati. Motor dengan tampang sangar ini dapat memuntahkan tenaga sebesar 63 ps @7500 rpm dan torsi sebesar 64 Nm @6500 rpm.

Dibanderol dengan harga 155 juta rupiah, motor ini diluncurkan bersamaan dengan perhelatan Java Jazz Festival beberapa waktu lalu. Tertarik..?! Siapkan saja budget dulu.. Sekian dari saya.. Semoga bermanfaat

Thursday, February 19, 2015

Honda Vario 150, Masterpiece..!

Honda kembali menelurkan produk terbarunya, yakni sebuah skutik mid-size 150 cc, yakni Honda Vario 150 cc yang hadir berbeda dari saudaranya, Honda PCX 150. Selagi pabrikan sebelah berusaha meluncurkan motor dengan teknologi terbarunya, serta meluncurkan skutik gambot yang akan menjadi pesaing PCX 150, di sini Honda meluncurkan motor dengan kubikasi yang sama, yakni 150 cc , tetapi dengan model yang lebih slim dan menawan seperti saudaranya Vario series.

Seperti yang dapat kita saksikan lampu LED yang menawan pada bagian moncong Honda Vario 150cc ini terkesan mewah dan elegan. Begitu pula warna yang dianutnya. Jika tidak salah menggunakan warna abu-abu tua doff yang terkesan semakin angker dan membuat penampilannya semakin menarik. Kita tunggu saja berita selanjutnya. Sekian dari saya. Semoga bermanfaat

Monday, February 16, 2015

Top Speed Yamaha Nmax Mencapai 115 km/j

Setelah membaca-baca blog lain,  didapatkan bahwa motor Yamaha keluaran terbaru, Nmax 150, mampu mencapai kecepatan 115 km/j. Sempat terjadi kerancuan bahwa menurut testimoni tester lain, bahwa Nmax mampu mencapai top speed 155 km/j, tetapi ternyata terjadi kesalahan dan segera diralat, bahwa top speed 155 km/j ternyata salah ketik dan diubah, ternyata maksimal adalah 115 km/j. Tester lain juga mengatakan bahwa Nmax yang dijejali ban ukuran 110 (depan) dan 130 (belakang) mampu mencapai kecepatan puncak melebihi 120 km/j dengan catatan berat badan pengendara lebih ringan.

Nmax yang merupakan skutik bermesin 150 cc ini mencapai kecepatan tersebut (115 km/j) dengan berat badan pengendara 84 kg. Selain itu, posisi pengendara adalah tegak, tidak nunduk karena harus menjaga kamera merekam top speed motor. Sedangkan Rey Ratukore, pembalap nasional, mampu meraih 125 hingga 128 km/j. Sungguh pencapaian yang luar biasa, dimana Nmax adalah motor skutik gambot yang terkesan lamban dan kurang bertenaga. Tetapi semua itu dapat ditepis dengan pencapaian top speed yang tergolong tinggi di kelasnya. Tak heran Yamaha dicap sebagai motor dengan performa nampol, berkat pencapaian-pencapaian yang didapatnya. Sekian dari saya. Semoga bermanfaat.

Friday, February 6, 2015

Penampakan Yamaha Vixion facelift

Setelah lama tidak tersiar kabar akan motor sport 150cc ini. Yamaha kembali mengejutkan dunia otomotif roda dua dengan munculnya facelift dari gacoan mereka, yakni new vixion yang tampil lebih segar didampingi oleh the next Byson FI. Kabar ini memang beberapa waktu lalu, sempat mencuat, sebelum akhirnya kabar itu tenggelam dan kini kembali muncul ke permukaan. Perubahan-perubahaan ini tidak lepas dari perubahan-perubahan minor lainnya, seperti yang dijabarkan oleh saksi mata, yakni oleh Suwito yang menjelaskan perubahan-perubahan yang tertanam pada New Vixion satu ini.


Perubahan yang pasti yang terlihat pada gambar adalah headlamp baru yang lebih meruncing ke bawah, terlihat semakin menawan, namun tetap tidak meninggalkan konsep desain awal New Vixion. Menurut bang Suwito, terdapat beberapa perubahan selain bentuk headlamp saja, yakni shroud yang terlihat lebih kecil dan rear fender lebih pendek, serta engine cover terletak di bagian bawah mesin. Sayangnya, karena bertemakan 'facelift' saja, maka tidak ada perubahan lain, seperti tangki, jok, rear lamp dan body yang masih terbilang sama.
Sekian dari saya. Semoga bermanfaat.

Saturday, January 24, 2015

Yamaha Jupiter Z1 2015, Sudah Euro 3 bro.!

Yamaha lagi-lagi kembali me-refresh  gacoan bebeknya, yakni Jupiter Z1 dengan tidak hanya striping baru, tetapi juga dengan standar emisi bahan bakar yang diperbaharui sehingga berhasil menembus regulasi pemerintah, yakni standar Euro 3. Ini semua dapat diupayakan dengan ECU dan knalpot catalic converter dengan O2 sensor  yang merubah panjang katalis yang semula 30mm menjadi 60mm sehingga matrix volume katalis naik dari 25.7 cm3 menjadi  51.4 cm3 dan ini jelas meningkatkan keramahlingkungan motor satu ini..

Menurut salah satu petinggi Yamaha di Indonesia, sempat mengatakan bahwa motor ini memiliki saringan buang yang lebih baik dan semakin ramah lingkungan. Tidak hanya Jupiter Z1 saja yanh mendapat imbasnya. Motor-motor lainnya untuk 2015 ini sudah dipastikan sudah berstandar Euro 3. Langsung aj de kita lihat striping baru Yamaha Jupiter Z1.

Seperti biasa, Yamaha selalu menelurkan produk-produk dengan kombinasi warna yang ngejreng dan enak dipandang mata. Berikut ketigawarnanya, yakni merah, putih dan hitam. Sekian dari saya. Semoga bermanfaat

Monday, January 12, 2015

Sosok Yamaha Soul GT 125.. Sangar Bro..!

Setelah kemarin peluncuran Yamaha GT 125 Bluecore, kali ini Yamaha kembali mempersiapkan petarung tangguhnya, siapa lagi kalo bukan Yamaha Soul GT 125 Blue Core. Motor ini digadang-gadang akan menjadi the next Soul GT 125 dengan penambahan teknologi blue core diharapkan memperkokoh singgasana Yamaha sebagai penjual motor berperforma maknyuss.. Berikut saya beberkan beberapa foto yang diambil dari blog roda dua yang namanya mulai mencuat, yakni iwanbanaran.com


Dari depan Yamaha Soul GT 125 mengalami perubahan yang cukup mencolok dengan guratan lampu yang eksotis dan agresif. Sedangkan pada bagian lampu sein mendapatkan tempatnya sendiri di bagian kiri kanan tebeng yang semakin memperkokoh aura sangarnya. Selain itu, kombinasi warna hitam membuat motor ini semakin manis dipandang.


Pada bagian belakang terdapat perubahan yang cukup mencolok dengan desain pegangan belakang yang terlihat kokoh dan juga lampu belakang dengan desain yang menawan membuat siapa yang melihatnya menjadi terpesona..

Pada bagian samping tidak banyak perubahan mencolok, tetapi tetap nikmat dipandang.. Spertiny itu saja dulu berita yang bisa saya sampaikan. Sekian dari saya. Terima kasih

Harga Bahan Bakar Pertamax Turun Menjadi 8800 rupiah per liter

Setelah beberapa waktu lalu harga bahan bakar Pertamax di Semarang masih tinggi, yakni Rp 10.300. Kini harga Pertamax turun menjadi hanya 8800 rupiah per liter. Penurunan harga Pertamax ini diakibatkan penurunan harga minyak mentah yang terus turun dan dikabarkan akan terus turun hingga angka 7000 rupiah per liter pada Februari depan. Penurunan ini begitu drastis dan mendadak mengingat harga Pertamax sebelumnya yang masih terbilang tinggi. Di beberapa SPBU di Semarang juga kehabisan stok Pertamax karena harganya yang begitu murah mencapai di bawah 9000 per liter. Saya pun mencoba mengisi bahan bakar kendaraan saya dengan Pertamax. Dari yang awalnya hanya mendapat 4.8 liter, sekarang beralih menjadi 5,68 liter (hampir ketambahan 1 liter Pertamax). So, masih demen menggunakan Premium. Yuk, beralih ke Pertamax.