Pages

Thursday, December 26, 2013

Oplos Premium dengan Pertamax. Bolehkah?


Sekarang ini harga bahan bakar meningkat jauh hingga terakhir premium yang meningkat drastis menjadi Rp10.500,00. Praktis dengan melambungnya harga BBM, harga kebutuhan lain pun terus menigkat. Beberapa pengendara motor pun mencoba strategi oplos Premium dengan Pertamax atau Pertamax Plus. Sumber-sumber dari yang pernah saya baca pun mengatakan demikian. Bahwa pengoplosan ini aman unuk kendaraan dan tidak ada efek samping dari pengoplosan ini. Begitukah?






Disini saya hanya ingin berpendapat saja :D hehe.. Sebenarnya yang menentukan bahwa kendaraan itu harus diisi dengan BBM jenis apa itu tergantung dari kompresi mesinnya. Contohnya motor dengan kompresi 7:1-9:1 cocoknya dengan Premium, sedangkan untuk Pertamax kompresinya 9:1-10:1 dan untuk Plus 10:1-11:1. Sehingga motor dengan kompresi misalnya 10,5:1 maka sudah dianjurkan menggunakan Plus, tetapi dengan Pertamax masih mampu ditoleransi.

Nah, artinya hanya kedua jenis bahan bakar ini yang sanggup menerima nominal kompresi yang diinginkan dengan mesin. Jika Pertamax ingin dicampur dengan Premium masalahnya disini berarti setiap kali kita mengoplos maka mesin bekerja secara tidak konsisten karena nilai oktannya akan berubah terus setiap kali kita mengoplos kecuali kita menggunakan perbandingan yang tepat setiap kali kita mengoplos agar nilai oktan stabil. Sekarang inti dari yang saya bahas, apakah ketidaksamaan oktan setiap kali kita mengisi berpengaruh pada kinerja mesin? Itu saja yang ingin saya sampaikan. Semoga bermanfaat!

Wednesday, December 25, 2013

Beberapa Artis Hollywood yang Menggemari Moge

Usher dengan Ducati 848

Tidak hanya kita saja yang menggemari moge-moge, artis Hollywood pun banyak sekali yang menggemari motor-motor seperti ini. Berikut beberapa artis Hollywood dengan tunggangannya

Tom Cruise dengan Ducati Panigale-nya

Tim Allen dengan Ducati Diavel


Adam Levine, singer dari Maroon5 yang menunggangi H-D Dark Custom Fat Bob seharga $15,000 atau setara Rp180.000.000,00 dengan mesin twin cam fuel injected






David Beckham yang ternyata juga menggemari motor membeli sebuah Confederate F131 Hellcat dengan harga yang cukup fantastis yakni $88,000 jelas menjadi salah satu artis yang memiliki motor termahal di dunia

Kelebihan dan Kekurangan Motor Cruiser

Ducati Diavel

Kali ini saya akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan motor cruiser. Motor cruiser adalah salah satu jenis motor yang diperuntukkan untuk perjalanan jarak jauh dan medan yang cukup beragam. Cruiser sendiri sebenarnya paling cocok untuk jalan freeway atau jalan bebas hambatan karena karakter mesinnya yang berat dan besar. Contoh lain dari cruiser adalah Harley Davidson

Harley Davidson CVO

Kelebihan dari motor cruiser ini adalah body yang besar sehingga stabil pada kecepatan tinggi, hujan ataupun jalan licin karena bobotnya yang mendukung. Kelebihan lain dari motor ini adalah fender yang besar yang mampu melindungi driver-nya dari kecelakaan, terutama H-D karena fender juga box di sisi kiri kanan sehingga bodydari motor akan terkena benturan pertama kali saat jatuh atau crash. Kelebihan lainnya adalah mampu membawa boks di beberapa sisi untuk perlengkapan dan peralatan penting yang akan dibawa. Boks yang besar tidak akan mempengaruhi performa karena mesin memang diciptakan untuk membawa beban berat dan besar.

Kelemahannya adalah performa yang tidak seganas motor sport yang memang diperuntukkan untuk kecepatan tinggi. Selain itu, body yang besar tidaklah cocok untuk jalanan perkotaan dan juga pengendalian yang membutuhkan keahlian serta radius putar atau berbelok yang lebih lebar dan jauh. Sekian semoga bermanfaat!

2014 Kawasaki Z1000






Agan-agan sekalian pasti udah pada tau donk beberapa hari yang lalu secara resmi Kawasaki memperkenalkan produk baru update-an naked bike 1000cc-nya yakni Kawasaki Z1000. Resmi diliris di India, Kawasaki Z1000 tetap mempertahankan ciri khasnya sebagai streetfighter sejati dengan batok lampu yang menunduk, tangki yang besar dan buntut yang agak pendek namun lancip. Batok lampu terkesan lebih angker dan sipit dengan kombinasi warna yang ciamik yaitu dark silver dan green khas Kawasaki.

  desain batok lampu yang identik dengan new Z250




Blok mesin yang besar dengan shroud yang lancip disertai suspensi USD memperkokoh penampilan, tidak lupa knalpot di kiri kanan dengan dua lubang di setiap sisi.



Mau Tahu Konsep Awal VFR1200?


Kakak dari CBR250 ini lumayan nikmat untuk dipandang dengan ban besar dan body gambot, maka motor ini cocok sekali bagi yang menggemari moge di atas 1000cc. Desainnya yang agresif membuat Honda berani menurukan desainnya kepada adik-adiknya (CBR 250 dan CBR 150). Berikut gambar prototipe dari motor ini.







O_o wow! Salut deh buat para desainer Honda yang sudah berani bereksperimen dengan desain-desainnya.
Gmana menurut agan-agan sekalian? Cakep bener!

Ban Produksi Pirelli yang Satu Ini Unik Lho!


Dengan nama yang cukup unik yaitu Angel ST (Sport Touring) Tyre perusahaan Pirelli berusaha memasukkan desain yang tidak biasa ke dalam produknya. Ban ini resmi diperkenalkan oleh Pirelli pada tahun 2009. Berikut gambar-gambarnya

contoh prototype-nya

hasil produksi asli Pirelli Angel ST

Dalam blognya 300kmj.blogspot.com dipaparkan gambar aslinya. Gambar malaikat hanya berupa tanda saja tidak berbentuk tekstur seperti gambar di atas. Setelah pemakaian yang cukup lama, maka gambar malaikat, lama kelamaan akan menghilang dan akan mulai nampak gambar demon atau yang biasa kita sebut setan. Wow! Suatu terobosan yang baru dan keren O_o. Salut bagi mereka! Peace..

gambar ban ketika masih baru

setelah pemakaian 1000km, maka gambar demon mulai kelihatan



Apa sih Perbedaan Antara Suspensi USD dengan Teleskopik

Suspensi upside down Ohlins

Bro sis sekalian pasti udah pada tau dong apa itu suspensi upside down. Saya sendiri masih awam dengan suspensi yang satu ini, tapi seiring dengan berjalannya waktu sudah mulai banyak motor-motor, terutama moge yang mengaplikasikan suspensi yang satu ini. Perbedaan mencolok yang ada pada suspensi ini adalah posisi inner tube yang lebih kecil berada di bawah, sedangkan posisi outer tube atau tabung yang lebih besar ada pada bagian atas. Contoh motor dengan suspensi USD

Ducati Evo 848

Wah, berarti sepertinya suspensi ini bakalan jarang diaplikasikan buat motor-motor di Indonesia ya.. :D Nah, di sini saya ingin membahas bagaimana sih cara kerja suspensi ini dan kenapa USD suspension lebih baik dibanding suspensi teleskopik.
  • Bahan
Bahan yang digunakan untuk suspensi USD ini magnesium dan alumunium cmiiw.. Merupakan bahan-bahan berkualitas tinggi dan harganya tidak murah. Itulah kenapa suspensi ini masih banyak digunakan hanya untuk moge-moge.
  • Cara Kerja yang Lebih Baik
Menurut dari sumber yang saya baca, suspensi USD memang memiliki peredaman dan kekakuan yang lebih baik. Kekakuan di sini bukan berarti keras, tetapi karena bagian atas yang lebih tebal dan kuat, maka bagian atas akan meredam lebih banyak getaran dibanding suspensi biasa. Jika suspensi teleskopik pada bagian tangan akan terasa banyak sekali getaran, karena bagian yang lebih besar berada di bawah. Getaran pada bagian bawah akan mendorong ke atas dengan frekuensi lebih besar. Nah, dari sini lah muncul juga alasan kenapa baru moge-moge tertentu saja yang menggunakan suspensi ini.

Pertama, kestabilan, karena redaman yang lebih 'antep'. Saat menikung atau berakselarasi akan lebih stabil. Karena itu banyak yang menggunakan suspensi ini untuk balap dan biasanya motor






Kedua, tidak semua motor cocok dengan suspensi USD. Dari sumber yang saya baca, motor turing atau harian tidaklah cocok untuk suspensi ini karena bagian bawah yang lebih kecil akan mudah patah. Sedangkan motor turing dan harian ditujukan untuk pemakaian jarak jauh dan medan yang bervariasi, serta bobot juga cenderung lebih berat.





Pengecualian untuk motocross seperti gambar di bawah YZ450F. Meskipun medan yang ditempuh cukup berat, tetapi dengan diimbangi bobot ringan dan jarak yang ditempuh menengah, maka tidak terlalu masalah. Sekian dari saya. Semoga bermanfaat.. Peace!

YZ450F dengan suspensi upside down

Motor-motor Asli dari GTA IV


Anda pasti sudah tidak asing lagi mendengar game yang satu ini, GTA IV. Merupakan sebuah game yang diciptakan oleh platform Rockstar. Game petualangan yang menceritakan kehidupan seorang imigran, yaitu Niko Bellic yang berusaha menyambung hidupnya dengan bekerjasama dengan mafia dan geng-geng, membantu mereka dalam menjalankan misi-misinya. Berikut beberapa motor yang diadaptasi dari motor asli pabrikan-pabrikan besar di dunia.

Faggio

headlamp diambil dari CPI Oliver City

body diambil dari Piaggio Zip

Motor pertama yakni Faggio, pasti pikiran yang langsung muncul di benak kita adalah motor Vespa. Yup, untuk versi GTA lainnya memang identik dengan vespa, tetapi untuk yang kali ini justru yang melintas di benak saya adalah Kymco, tetapi setelah saya cek di website ternyata body diambil dari Piaggio Zip 50cc dan lampu dari motor yang namanya cukup asing, yakni CPI Oliver City. Ya lumayan mirip lah.. xD

Freeway

2007 Harley Davidson Fatboy

Kalau untuk H-D ini sendiri, saya mengambil langsung dari website. Di sana tertulis memang Freeway diadaptasi langsung dari Fatboy tahun 2007 ini

NRG 900 RR

GSX-R 600

Untuk NRG 900 RR, entah kenapa saya membayangkan GSX-R 600. Bedanya lampu di tengah di ubah menjadi 2 lingkaran dan kedua lampu di samping kiri kanan adalah air scoop nya cmiiw..

PCJ 600

Disandingkan dengan Honda CB400SF (Super Four)

Ban cukup besar dengan 3 leher knalpot sangat mirip dengan Honda CB400SF. Hanya saja aslinya terlihat lebih gemuk, dibanding dengan PCJ 600 dan leher knalpot ada 4 menandakan motor ini memiliki 4 silinder, maka disebut super four imho.. :D

 Sanchez

YZ450F

Menurut sumber yang saya dapat, pada bagian belakang sanchez terdapat tulisan 'GP450' yang menandakan motor ini ber-cc 450 dan berwarna biru. Jadi sangat cocok bila disandingkan dengan YZ450F. Semoga berguna. :D Peace..

Sumber : gta.wikia.com

Tuesday, December 24, 2013

Hal-hal yang Perlu Dihindari dalam Mendidik Anak

Bahasan kali ini agak menyimpang dari bahasan-bahasan sebelumnya mengenai motor. Yang ingin saya sampaikan kali ini adalah peran orang tua dalam mendidik anak. Hal apa saja yang perlu dihindari saat mendidik anak

  • Pukulan dan Hinaan
Ada memang orang tua yang mengajarkan kedisiplinan tetapi bukan dengan menghajarnya dan merendahkannya. Itu hanya akan menciptakan jiwa yang lemah bukannya kuat. Dan jiwa yang lemah akan condong kepada perbuatan-perbuatan negatif seperti cara bicara yang kasar, arogansi dan pemberontak.
  • Membeda-bedakan
Ada juga orang tua yang membeda-bedakan anaknya. Antara anak pertama, kedua dan ketiga. Orang tua yang salah akan membebani anak pertama dengan begitu besarnya tanggung jawab yang mereka sendiri pun tidak mampu melakukannya. Anak kedua juga akan diberikan beban, hanya saja tidak sebesar anak pertama. Sedangkan anak ketiga malah dimanja. Padahal setiap anak harus bertanggungjawab atas dirinya sendiri. Sehingga anak pertama biasanya  menderita, anak kedua kurang mandiri dan anak ketiga justru berkembang dengan baik karena sejak kecil sudah dibebaskan dari tanggungan-tanggungan
  • Mendorong Anak Melakukan Sesuatu dengan Berbohong
Tidak jarang ada orang tua yang berbohong kepada anaknya. Ada yang berbicara 'Dulu ayah begini-begini, masak kamu tidak bisa seperti ayah'. Hal pertama yang timbul pada sang anak adalah tekanan karena sebenarnya ayahnya dulu juga tidak begitu. Kedua, anak pun akan melakukan hal yang sama, yaitu berbohong karena dengan cara itupun mereka belajar.
  • Sering Bertengkar
Orang tua yang sering bertengkar juga akan berdampak buruk pada anak karena anak pun akan merasa gelisah dan tidak tenang karena seharusnya rumah adalah tempat keluarga bisa berisitirahat dan membahas hal-hal dengan baik, bukan bertengkar
  • Merasa Benar
Sebagai orang tua sudah sewajarnya memiliki pengalaman yang lebih dibanding anaknya, tapi bukan berarti anak tidak boleh mengutarakan isi hatinya. Orang tua yang baik akan mendengarkan apa yang anaknya rasakan dan membantunya berkembang dari dalam.

Selamat Natal Bagi yang Merayakan


Bagi umat Kristiani yang merayakan Natal, selamat hari raya Natal! Semoga kelahiran Sang Isa Almasih membawa kelahiran baru kepada kita semua yang merayakannya. Marilah kita berharap akan perubahan yang baru dalam kehidupan rohani dan jasmani kita dan belajar bahwa Isa Almasih dulunya juga lahir di palungan karena itu marilah kita belajar berbuat baik dan tetap rendah hati..

Hati-hati Saat Memarkirkan Motor


Saat memarkirkan motor terutama motor dengan kopling berhati-hatilah saat Anda meninggalkan motor. Pastikan kopling dalam keadaan netral. Semisal Anda hanya turun untuk menggembok pagar rumah. Di saat tergesa-gesa bisa saja kondisi kopling belum pada posisi netral. Motor bisa loncat dan ambruk. Karena itu periksalah gigi saat sebelum turun dari motor untuk mencegah motor jatuh, terutama motor sport yang lebih beresiko (karena motor sport semuanya kopling bro) :D cmiiw..






Bagian terpenting lainnya saat kita mau memarkinkan motor adalah standar (tengah maupun samping). Pastikan setidaknya 15 derajat dari sudut vertikal, sekali lagi supaya motor tidak ambruk. Dan sesekali berilah pelumas pada titik rotasi agar mencegah hal serupa terjadi. Posting ini saya tulis karena kedua kejadian di atas pernah saya alami -_-a

Mampukah Yamaha R25 Menyaingi Penjualan Kawasaki Ninja




Salah satu bakal anak dari pabrikan Yamaha akan bersaing dengan dengan raksasa otomotif lainnya

Branding
Bagi saya inilah satu-satunya yang bisa diandalkan oleh Yamaha imho karena darah performance yang sudah ditanamkan sejak awal oleh Yamaha kepada produk-produknya. Tidak hanya matik dan bebek, setiap produk Yamaha pasti dijejali komponen-komponen yang membuat penggunanya nyaman untuk berakselerasi, menikung dan top speed. Ini sangat cocok bila harus dijajarkan dengan pabrikan yang juga ngeh (sadar red) akan kebutuhan konsumen mengenai performa yaitu Kawasaki.

Teknologi dan Komponen
Sebagai salah satu motor yang bersaing ketat dengan Honda di ajang balap bergengsi MotoGP sudah pastinya Yamaha cukup up to date dengan teknologi yang akan dijejalkan. Tidak hanya untuk keperluan adu kencang tetapi juga kelayakan di jalanan perkotaan harus dipersiapkan matang-matang agar tidak salah sasaran.

Body
Body pada bahasan kali ini lebih merujuk kepada size dari motor ini sendiri. Apakah memang ciri khas Yamaha membuat motor dengan ukuran-ukuran yang compact atau memang ada tujuan tertentu karena size yang lebih kecil akan lebih merujuk pada agility yang baik.

punuk tinggi layaknya R125

Monday, December 23, 2013

Referensi Harga Modifikasi NVL

Post berikut adalah lanjutan dari postingan sebelumnya. Di sini saya mencoba memberikan detail harga serta kelebihan dan kelemahan produk yang saya pakai.

dudukan plat nomor

Dudukan plat nomor saya beli dari dealer suzuki dengan harga Rp40.000,00 berupa plat besi tebal berwarna hitam. Sayangnya bentuk awalnya tidak sesuai sehingga harus dipipihkan terlebih dahulu supaya tidak mengenai lampu dan spakbor.

Cara pemasangan : http://bijibatang.wordpress.com/2013/02/13/modifikasi-plat-nomor-new-v-ixon-yang-ogah-pake-koyo-di-jidat-bisa-mencoba/

tankpad daytona

Dengan harga sedikit mahal, maka Anda bisa mendapatkan tankpad dengan bahan cukup tebal. Cocok untuk motor sport kecil ataupun besar. Harga mulai dari Rp 95.000 untuk ukuran M dan Rp 120.000 untuk ukuran L.


Untuk engine cover saya sarankan untuk menggunakan dari pabrikan karena selain kualitas yang baik, biasanya juga sudah termasuk dengan dudukan yang lebih presisi. Untuk harga di toko berkisar antara Rp60.000,00 hingga Rp100.000an sedangkan untuk ori mencapai Rp 250.000,00

bracket ori


Harga untuk cover tandem bracket ini seharga Rp 100.000,00 dengan dua pilihan warna. Cocok untuk menambah penampilan.

Modifikasi Sederhana Tunggangan

Bagi para pencinta otomotif pasti sudah tidak asing lagi mendengar yang namanya modifikasi. Mulai dari ubahan sederhana seperti memasang engine cover, mengganti stang atau knalpot hingga ubahan ekstrim seperti merubah konsep motor dari naked ke fairing atau sport menjadi street fighter, dll. Berikut beberapa ubahan motor vixion dari yang sederhana hingga ekstrim

sumber : http://seribumotor.blogspot.com/2013/01/foto-modifikasi-yamaha-vixion.html

Berikut adalah vixion generasi pertama dengan engine cover dan knalpot racing disertai pelek palang tiga dengan ban yang lebih gambot dan suspensi USD (upside down) imho :D
Ubahan sederhana yang membuat vixion generasi pertama menjadi kekar layaknya Tiger.


Versi lainnya dari modifikasi vixion tetapi dengan konsep yang lebih langsing dengan lebar tapak ban yang diperkecil dengan pelek putih untuk mengimbangi ban yang juga diperkecil


Salah satu modifikasi ekstrim vixion versi M1 yang sukses mengelabuhi mata dengan rombakan total body mulai dari pelek dan ban yang disesuaikan dengan body motor, rem dengan kaliper yang diperbesar, suspensi USD
Contoh gambar di atas dapat membuktikan bahwa animo masyarakat Indonesia akan modifikasi cukup tinggi. Berikut saya beberkan beberapa modifikasi tunggangan saya.




pemindahan plat nomor dari 'jidat' ke 'dagu'

Pemindahan dilakukan untuk mempercantik rupa tunggangan. Motor akan terlihat lebih manis dari beberapa sudut terutama jika dilihat dari belakang dan samping imho..


Tankpad Daytona

Dengan harga yang cukup ekonomis maka Anda sudah mendapatkan tankpad dengan kontur carbon dan lapisan setebal 3mm yang mampu melindungi tangki dari gesekan barang atau benda yang berdekatan dengan tangki

engine cover

Saat ini penggunaan engine cover sangatlah perlu karena selain memperindah penampilan juga melindungi area mesin dari cipratan air dan kotoran serta benda asing yang dapat merusak komponen mesin. Sebagai contoh saya pernah melindas lempengan besi setebal 0,5cm. Besi yang terlindas sempat terangkat dan langsung mengarah ke blok mesin. Engine cover robek ke dalam sekitar 8cm. Footstep sempat tergeser ke atas tetapi untungnya bisa dikembalikan seperti semula.

cover tandem bracket

Begitulah sebutan dari Yamaha terhadap pelindung footstep boncenger ini. Kegunaannya untuk melindungi lapisan cat kaki footstep dan memperkokoh tampilan buritan. Untuk detail harga akan dibeberkan pada posting berikutnya :D


rear short fender

Pada awalnya Yamaha sudah mengeluarkan gambar brosur rear fender ini, tetapi sepertinya harus ditunda sehingga barang belum stock ready. Cara yang bisa dilakukan adalah memotong rear fender belakang. Dengan memotong rear fender, ban gambot yang dimiliki New Vixion akan lebih terlihat dan mengurangi resiko fender belakang tergerus knalpot atau bagian lain dari motor akibat panjangnya yang berlebihan.
Tetapi titik lemahnya bagian buritan akan lebih kotor karena cipratan air yang lebih tinggi.
Pemotongan ditujukan untuk middle optional atau pilihan tengah-tengah dari rear fender eliminator cmiiw..

sumber : http://www.kaskus.co.id/post/51bc5b5638cb17ac1300000c