Desain Exhaust yang Mampu Mengakali Masalah Banjir


Hai agan-agan sekalian, setelah beberapa hari tidak menemukan bahan postingan, kemarin sore saya menemui sebuah Piaggio Liberty yang memiliki desain exhaust yang unik dan mampu mengakali masalah banjir yang akhir-akhir ini menjadi bahan perbincangan di Indonesia.

Piaggio Liberty ternyata memiliki model pembuangan dengan bagian ujung menghadap ke bawah. Ini sangat bermanfaat untuk mencegah air masuk ke dalam pipa pembuangan. Bagaimana bisa..? Yup, dengan pipa yang menghadap ke bawah, air akan sulit untuk masuk karena arah gravitasi ke bawah yang membuat air akan tertahan di mulut knalpot. Jika masuk pun, tidak akan banyak, belum lagi hasil pembuangan yang akan menyembur yang membuat air semakin sulit untuk masuk.

Jika pada beberapa tipe kendaraan knalpot ditinggikan tetap tidak mampu menahan dalamnya air, maka satu-satunya solusi yang sekarang dapat dilakukan perusahaan adalah membuat ujung knalpot yang cukup kecil dan menghadap ke bawah. Mungkin ini bisa diterapkan pabrikan-pabrikan lain terhadap produk-produknya sebagai salah satu cara mengantisipasi banjir.

Last, knalpot seperti di atas setidaknya mampu mengurangi masalah mogok akibat muffler terendam air, tetapi tetap masih ada beberapa titik lainnya yang mungkin dapat menyebabkan hal serupa, tetapi setidaknya hal di atas merupakan suatu bentuk inovasi yang sedikit demi sedikit mampu mengatasi masalah-masalah pada kendaraan roda dua. Good work..! Sekian dari saya, semoga bermanfaat!

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram